Recruitment
Recruitment adalah tenaga profesional yang bekerja dengan manajer departemen untuk menemukan kandidat terbaik. Memposting lowongan pekerjaan dan mengidentifikasi pelamar yang cocok, menilai resume, kredensial kandidat, melakukan wawancara, mengevaluasi kandidat dan membangun jaringan karyawan yang potensial.
Tempat bekerja:
Organisasi non profit, Perusahaan, Start-Up, Industri Rumah Sakit, Perusahaan manufaktur, Perusahaan garment, Perusahaan makanan, Perusahaan fintech, Start-Up, konsultan
Jenjang Karier:
Recruitment Staff, Recruitment associate/Recruitment lead/Senior Recruitment, Recruitment executive, Recruitment supervisor, Recruitment manager.
Kompetensi yang dibutuhkan:
-
- Kompetensi Profesional
- Menguasai strategi rekrutmen, teknik wawancara dan observasi.
- Memahami undang-undang ketenagakerjaan dan hubungan industrial
- Menguasai penggunaan perangkat lunak perekrutan, mengevaluasi dan merekomendasikan yang paling cocok untuk perusahaan.
- Keterampilan verbal yang jelas untuk berkomunikasi dengan baik dan keterampilan menulis untuk menyusun laporan hasil analisis perekrutan.
- Berorientasi pada detail dan target
-
- Kompetensi Personal
- Kemampuan analitis yang sangat baik untuk memeriksa resume dan menentukan kandidat yang paling cocok
- Kemampuan kepemimpinan untuk mendelegasikan tugas, bekerja dalam tim dan mengkoordinasikan kegiatan tim serta bernegosiasi.
- Kreatif, inisiatif, ulet dan memiliki pemikiran lateral yang tinggi
- Mampu mengorganisir dan membuat perencanaan yang baik serta mengerjakan beberapa proyek dalam satu waktu, di bawah tekanan dan tenggat waktu
- Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi dan rasa percaya diri sebagai recruiter.
-
- Kompetensi Sosial
- Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama rekan kerja
- Beradaptasi di tempat kerja yang memiliki keragaman sosial budaya.
- Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
- Mampu membangun relasi yang baik, mengembangkan dan memelihara jaringan kontak yang dapat memberikan informasi, bantuan, dan akses kepada orang lain
Sertifikasi yang dibutuhkan:
-Certified Behavioral Event Interview (BEI)