Compensation & benefits adalah tenaga profesional yang bertanggung jawab dalam proses pemberian kompensasi dan benefit pada karyawan. melakukan perhitungan dengan komisi, bonus, pajak, termasuk mengelola program imbalan kerja perusahaan, database kompensasi, deskripsi pekerjaan, kompensasi benchmark serta ulasan kinerja tahunan.
Tempat bekerja:
Start-Up, Industri Rumah Sakit, Perusahaan manufaktur, Perusahaan garment, Perusahaan makanan, Perusahaan fintech
Jenjang Karier:
Compensation & benefits officer, Compensation & benefit associate, Compensation & benefit supervisor, Compensation & benefit manager
Kompetensi yang dibutuhkan:
-
- Kompetensi Profesional
- Menguasai sistematika penyusunan struktur penggajian mulai dari job analysis, job evaluation, job grading hingga penyusunan struktur penggajian.
- Mampu melakukan PKWTT dari negosiasi hingga pembuatan draft kontrak kerja.
- Memahami perbedaan antara posisi manajerial dan non manajerial, serta non-functional management.
- Merekomendasikan pendekatan, kebijakan, dan prosedur baru untuk perbaikan berkelanjutan dalam efisiensi departemen dan layanan yang dilakukan.
- Membuat dan mengawasi solusi kompensasi dan tunjangan yang komprehensif termasuk analisis data, evaluasi pekerjaan, peninjauan dan penetapan gaji eksternal dan benchmark tunjangan.
-
- Kompetensi Personal
- Kemampuan analitis dan pemecahan masalah yang kuat, mengambil keputusan, berintegritas dan mampu merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi perubahan dalam organisasi.
- Kemampuan kepemimpinan untuk mendelegasikan tugas, bekerja dalam tim dan mengkoordinasikan kegiatan tim serta bernegosiasi.
- Kreatif, inisiatif, ulet dan memiliki pemikiran lateral yang tinggi, mampu mengorganisir dan membuat perencanaan yang baik serta mengerjakan beberapa proyek dalam satu waktu
- Mampu berkomunikasi dengan sangat baik secara lisan dan tulisan serta kemampuan presentasi dan negosiasi.
- Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi dan rasa percaya diri sebagai Compensation and benefits specialist.
-
- Kompetensi Sosial
- Bertindak sesuai pedoman dan menyelesaikan tugas pekerjaan dengan cara yang mencerminkan akuntabilitas pelayanan publik
- Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama rekan kerja
- Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
- Mampu membangun relasi yang baik, mengembangkan dan memelihara jaringan kontak yang dapat memberikan informasi, bantuan, dan akses kepada orang lain
Sertifikasi yang dibutuhkan:
-