Konten Kreator adalah tenaga profesional yang bertugas membuat, memperbarui dan mengidentifikasi konten berupa tulisan, gambar, video, suara maupun gabungan dari dua atau lebih untuk dipublikasikan.
Tempat bekerja:
Perusahaan (Industri kreatif), Organisasi non profit, Start-Up, Perusahaan animasi, perfilman, produksi film independen, penyiaran, atau perusahaan video/game
Jenjang Karier:
Creative content creator, Content writer, Content manager
Kompetensi yang dibutuhkan:
- Kompetensi Profesional
- Menguasai tool advertising digital dan social media
- Memiliki kemampuan copywriting, mengeksekusi konten yang telah dibuat dan mampu mengolah data menjadi sebuah tulisan.
- Mampu menganalisa trend, melakukan riset konten dan mengevaluasi insight konten.
- Mampu berpikir kreatif dan analitis, menciptakan pesan persuasif, menarik, bermakna dan orisinil.
- Menguasai software editing (Adobe Photoshop, Lightroom, Canva, Clip studio dll.)
- Kegiatan kerja
- Membantu menciptakan konten menarik dan materi dalam bentuk tulisan, lisan dan visual, yang mendukung untuk kebutuhan pemasaran produk, jasa dan brand awareness.
- Membantu menciptakan konsep dan tulisan dalam mengembangkan brand identity yang sesuai dengan perusahaan.
- Membuat konten video pada platform media sosial berbasis web video sharing/live streaming.
- Menggunakan alat analisis seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights untuk memantau dan mengevaluasi kehadiran dan kinerja media sosial perusahaan.
- Menyusun dan mengevaluasi laporan efektivitas dari strategi pemasaran, kampanye, brand awareness, brand engagement dan customer engagement.
- Kompetensi Personal
- Mampu bekerja dibawah tekanan dan deadline serta memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi.
- Memberi perhatian pada hal-hal detail
- Keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang baik.
- Mampu mendelegasikan tugas, bekerja dalam tim dan mengkoordinasikan kegiatan tim serta bernegosiasi.
- Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi dan rasa percaya diri sebagai Konten kreator.
- Kompetensi Sosial
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama rekan kerja, followers social media dan customers.
- Mampu membangun relasi yang baik, mengembangkan dan memelihara jaringan kontak yang dapat memberikan informasi, bantuan, dan akses kepada orang lain
- Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
- Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
Sertifikasi yang dibutuhkan:
-