Prodi ~ Teknologi Pengolahan Sawit

  • Teknologi Pengolahan Sawit

Tingkat Pendidikan: D-III
Terbuka di 1 kampus di seluruh indonesia
  • Akreditasi (Lihat detailnya pada tabel di bawah)
  • Proyeksi karir (Lihat detailnya pada tabel di bawah)
  • Gelar: Ahli madya pertanian (A.Md.P)
  • Gambaran Prodi
  • Kampus
  • Karir
  • Review

Program Studi Teknologi Pengolahan Sawit pada tingkat Diploma III (D-III) adalah program studi yang fokus pada teknologi dan teknik pengolahan minyak kelapa sawit. Mahasiswa dalam program ini mempelajari berbagai aspek teknis, manajerial, dan keahlian praktis yang diperlukan untuk pengolahan buah sawit menjadi minyak kelapa sawit dan produk-produk turunannya. Berikut adalah gambaran umum tentang apa yang biasanya dipelajari dalam Program Studi Teknologi Pengolahan Sawit D-III:

  1. Pemahaman tentang Kelapa Sawit: Studi tentang morfologi, pertumbuhan, dan keberlanjutan kelapa sawit sebagai tanaman penghasil minyak.
  2. Teknologi Pengolahan Buah Sawit: Pembelajaran tentang teknik-teknik pemisahan, penangkapan, dan penyaringan untuk menghasilkan crude palm oil (CPO) dari buah kelapa sawit.
  3. Teknik Ekstraksi Minyak: Studi tentang teknik-teknik ekstraksi minyak dari CPO, termasuk penggunaan alat-alat ekstraksi minyak.
  4. Teknik Pemurnian Minyak: Pemahaman tentang proses-proses pemurnian minyak sawit untuk menghasilkan minyak kelapa sawit yang siap konsumsi atau digunakan dalam industri.
  5. Produk Turunan Minyak Kelapa Sawit: Studi tentang produk-produk turunan minyak kelapa sawit seperti olein, stearin, dan minyak inti sawit serta aplikasi-aplikasinya.
  6. Kontrol Kualitas: Pemahaman tentang metode pengujian dan pengendalian kualitas minyak kelapa sawit untuk memastikan kepatuhan terhadap standar industri.
  7. Manajemen Limbah: Studi tentang pengelolaan limbah yang dihasilkan selama proses pengolahan sawit dan praktik-praktik ramah lingkungan dalam industri pengolahan kelapa sawit.
  8. Teknik Pengemasan: Pemahaman tentang teknik-teknik pengemasan minyak kelapa sawit dan produk-produk turunannya.
  9. Manajemen Produksi: Pengelolaan proyek produksi, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan evaluasi proses produksi minyak kelapa sawit.
  10. Aspek Kesehatan dan Keamanan Kerja: Kesadaran tentang standar keselamatan dan kesehatan kerja dalam industri pengolahan minyak kelapa sawit.
  11. Kewirausahaan: Pengenalan konsep-konsep dasar kewirausahaan dalam konteks industri pengolahan sawit, termasuk manajemen usaha kecil dan menengah di bidang ini.

 

Lulusan Program Studi Teknologi Pengolahan Sawit D-III memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis yang diperlukan untuk bekerja di pabrik pengolahan minyak kelapa sawit, perusahaan perkebunan kelapa sawit, atau industri yang terkait dengan pengolahan minyak kelapa sawit. Mereka dapat bekerja sebagai operator mesin pengolahan sawit, teknisi laboratorium pengujian kualitas minyak, atau bahkan memulai bisnis mereka sendiri di bidang pengolahan dan pemasaran produk-produk minyak kelapa sawit.

Kampus Tempat Akreditasi
Institut Teknologi Sains Bandung

Bekasi - Jawa Barat

Baik Sekali

Review Teknologi Pengolahan Sawit

0

Based on 5 review

5 Stars

4 Stars

3 Stars

2 Stars

1 Stars

Client Care

Kirim email

Konselor.id

office@konselor.id