Pendidikan Kristen Anak Usia Dini</li> Ilmu Pendidikan Ilmu Kependidikan
Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
No. Prodi A0417
Tingkat Prodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (S1)
Strata S1
Gelar Sarjana Pendidikan
Singkatan Gelar S.Pd
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun Ilmu Kependidikan

Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (S1) adalah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan individu untuk mengajar dan mendidik anak-anak dalam konteks Kristen. Berikut adalah gambaran umum tentang apa yang dapat dipelajari dalam Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (S1):

  1. Pendidikan Anak Usia Dini: Mempelajari teori dan praktik terkait dengan pendidikan anak usia dini, termasuk perkembangan anak, strategi pengajaran, dan pengelolaan kelas.
  2. Teologi Kristen: Memahami ajaran-ajaran Kristen, doktrin-doktrin utama dalam iman Kristen, dan bagaimana mengintegrasikan iman Kristen ke dalam pendidikan anak-anak.
  3. Pemahaman Alkitab: Studi tentang teks-teks Alkitab yang sesuai untuk anak-anak dan cara mengajarkan cerita-cerita Alkitab dalam konteks pendidikan.
  4. Kurikulum Pendidikan Kristen: Mempelajari pembuatan kurikulum pendidikan Kristen, termasuk pemilihan materi pelajaran dan metode pengajaran.
  5. Pendidikan Moral dan Etika Kristen: Mempelajari bagaimana mengajar nilai-nilai moral dan etika Kristen kepada anak-anak, serta mengembangkan karakter Kristen.
  6. Pengajaran Musik dan Seni Kristen: Memahami peran musik dan seni dalam pendidikan Kristen anak usia dini dan cara mengintegrasikannya dalam pengajaran.
  7. Pendidikan Kecerdasan Emosional dan Sosial: Mempelajari perkembangan sosial dan emosional anak-anak, serta strategi untuk mendukung perkembangan ini.
  8. Pendidikan Agama Kristen: Mengajar dasar-dasar iman Kristen, doa, ibadah, dan praktek-praktek agama Kristen kepada anak-anak.
  9. Psikologi Anak: Mempelajari psikologi perkembangan anak dan cara mengajar sesuai dengan tahap perkembangan mereka.
  10. Bahasa dan Komunikasi: Mempelajari cara mengembangkan keterampilan berbicara dan menulis dalam konteks pendidikan Kristen anak-anak.
  11. Kepemimpinan dalam Pendidikan Kristen: Mempelajari prinsip-prinsip kepemimpinan dalam pendidikan Kristen anak usia dini, termasuk pengelolaan kelas dan hubungan dengan orangtua.
  12. Keragaman Agama dan Kebudayaan: Memahami keragaman agama dan budaya dalam kelas dan bagaimana menghormati perbedaan ini.
  13. Evaluasi dan Penilaian Pendidikan: Mempelajari cara mengevaluasi kemajuan belajar anak-anak dan mengukur pencapaian hasil pembelajaran.
  14. Praktik Pendidikan: Melakukan magang atau praktik lapangan di lembaga pendidikan Kristen atau sekolah-sekolah anak usia dini untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam mengajar.
  15. Pengembangan Rencana Pelajaran: Mengembangkan rencana pelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan Kristen anak usia dini.

Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (S1) mempersiapkan lulusan untuk menjadi pendidik Kristen yang kompeten dan dapat memberikan dasar pendidikan yang kuat dalam iman Kristen kepada anak-anak. Mereka dapat mengejar karir sebagai guru sekolah minggu, guru pendidikan Kristen, staf gereja, atau pemimpin pendidikan Kristen dalam berbagai konteks gereja dan sekolah Kristen.

Lulusan Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (S1) memiliki berbagai peluang karir yang berkaitan dengan pengajaran dan pendidikan anak-anak dalam konteks Kristen. Berikut adalah beberapa proyeksi karir yang dapat diikuti oleh lulusan program ini:

  1. Guru Sekolah Minggu: Mengajar dan memimpin program pendidikan agama Kristen untuk anak-anak dalam gereja, menyampaikan pelajaran Alkitab, lagu rohani, dan aktivitas rohani.
  2. Guru Sekolah Kristen: Mengajar di sekolah-sekolah Kristen sebagai guru pendidikan Kristen, mengintegrasikan nilai-nilai Kristen ke dalam kurikulum.
  3. Pengajar Agama Kristen: Mengajar mata pelajaran agama Kristen di sekolah-sekolah yang mengikutsertakan agama Kristen dalam kurikulum mereka.
  4. Kepala Sekolah Sekolah Minggu: Memimpin departemen pendidikan anak-anak di gereja sebagai kepala sekolah minggu, mengawasi program pendidikan dan pengembangan rohani anak-anak.
  5. Pendeta Muda: Terlibat dalam pelayanan anak-anak, remaja, atau generasi muda dalam gereja, memimpin ibadah, kebaktian, dan pelayanan pemuda.
  6. Penulis Materi Pendidikan Kristen: Menulis materi pendidikan Kristen untuk anak-anak, termasuk buku, materi pembelajaran, atau sumber daya pendidikan Kristen.
  7. Koordinator Pendidikan Kristen: Bertanggung jawab atas koordinasi program pendidikan Kristen dalam gereja atau organisasi keagamaan.
  8. Pemimpin Program Pendidikan: Memimpin program pendidikan anak-anak dalam organisasi keagamaan atau lembaga pendidikan Kristen.
  9. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Kristen: Terlibat dalam penelitian dan pengembangan metode-metode baru dalam pendidikan Kristen anak-anak.
  10. Pengembangan Kurikulum Kristen: Mengembangkan kurikulum pendidikan Kristen yang relevan untuk anak-anak, mengintegrasikan prinsip-prinsip agama Kristen ke dalam materi pelajaran.
  11. Kepala Departemen Gereja: Memegang peran kepemimpinan dalam departemen gereja yang berkaitan dengan pendidikan anak-anak dan pemuda.
  12. Pemimpin Program Sekolah Kristen: Memimpin program sekolah Kristen, baik dalam gereja atau sekolah Kristen, mengkoordinasikan kegiatan dan pengajaran.
  13. Pengajar Pendidikan Kecil: Mengajar di pendidikan prasekolah atau sekolah dasar dengan fokus pada pendidikan Kristen anak-anak.
  14. Kepala Sekolah Sekolah Kristen: Memegang peran kepemimpinan sebagai kepala sekolah di sekolah-sekolah Kristen, mengawasi operasi sekolah dan staf pengajar.

 

Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta Jakarta (Jakarta Utara) Baik Detail
Institut Agama Kristen Negeri Ambon Maluku (Ambon) B Detail
Institut Agama Kristen Negeri Manado Sulawesi Utara (Minahasa) C Detail
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Sumatera Utara (Tapanuli Utara) C Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya