Pendidikan Islam Anak Usia Dini</li> Ilmu Pendidikan Ilmu Kependidikan
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
No. Prodi A0434
Tingkat Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Strata S2
Gelar Magister Pendidikan
Singkatan Gelar M.Pd
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun Ilmu Kependidikan

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini pada tingkat S2 adalah program pendidikan tinggi yang berfokus pada pemahaman dan pengembangan metode pembelajaran, kurikulum, serta aspek-aspek pedagogis yang terkait dengan pendidikan anak usia dini dalam konteks Islam. Program ini dirancang untuk mempersiapkan para profesional yang dapat memberikan pendidikan Islam yang berkualitas kepada anak-anak pada usia dini. Berikut adalah gambaran umum tentang apa yang dapat dipelajari dalam program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini tingkat S2:

  1. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam: Memahami prinsip-prinsip dasar pendidikan anak usia dini dalam Islam, termasuk pandangan Islam tentang perkembangan anak dan pendidikan awal.
  2. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini: Studi tentang desain kurikulum yang sesuai dengan pendidikan Islam anak usia dini, termasuk pemilihan materi pelajaran, metode pengajaran, dan pendekatan pembelajaran yang sesuai.
  3. Metode Pembelajaran: Memahami metode pengajaran yang efektif dalam pendidikan anak usia dini, termasuk pembelajaran bermain, cerita, aktivitas seni, dan teknik lain yang sesuai dengan usia anak.
  4. Evaluasi dan Penilaian: Pelatihan dalam teknik evaluasi dan penilaian yang relevan untuk mengukur perkembangan dan pencapaian anak-anak dalam konteks pendidikan Islam anak usia dini.
  5. Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Memahami bagaimana teknologi dapat digunakan dalam pendidikan anak usia dini, termasuk perangkat lunak pendidikan dan aplikasi yang relevan.
  6. Pengembangan Karakter dan Etika: Menekankan pentingnya pengembangan karakter dan nilai-nilai Islam dalam pendidikan anak usia dini.
  7. Manajemen Kelas dan Kelompok: Studi tentang manajemen kelas dan kelompok anak usia dini, termasuk teknik penanganan disiplin, organisasi kelas, dan manajemen waktu.
  8. Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan Islam: Memahami isu-isu pendidikan Islam yang relevan, termasuk tantangan sosial dan kultural dalam pendidikan anak usia dini.
  9. Kurikulum dan Materi Ajar Islam: Studi tentang kurikulum dan materi ajar yang berfokus pada ajaran Islam, termasuk pembelajaran tentang Al-Qur'an, Hadis, sejarah Islam, dan nilai-nilai Islam.
  10. Pendidikan Inklusif: Memahami pendidikan inklusif untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus atau kebutuhan pendidikan khusus dalam konteks Islam.
  11. Kepemimpinan Pendidikan: Pelatihan dalam kemampuan kepemimpinan yang diperlukan untuk memimpin lembaga pendidikan anak usia dini atau berperan sebagai administrator atau koordinator program.
  12. Penelitian Pendidikan: Studi tentang metodologi penelitian pendidikan dan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan pendidikan anak usia dini dalam konteks Islam.
  13. Tesis atau Proyek Penelitian: Program S2 biasanya mencakup penelitian independen yang mengarah pada penulisan tesis atau proyek penelitian dalam topik yang relevan dengan pendidikan Islam anak usia dini.

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini tingkat S2 bertujuan untuk menghasilkan para profesional yang terampil dalam memberikan pendidikan Islam berkualitas kepada anak-anak pada usia dini, serta mampu melakukan penelitian yang berkontribusi pada pengembangan praktik pendidikan. Lulusan program ini sering mengejar karir sebagai pengajar atau pengelola program pendidikan Islam anak usia dini, peneliti di lembaga-lembaga pendidikan Islam, atau konsultan pendidikan. Mereka juga dapat berperan aktif dalam pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas pendidikan, dan pengembangan program pendidikan Islam anak usia dini.

Lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini pada tingkat S2 memiliki peluang karir yang luas di berbagai bidang pendidikan dan pelayanan sosial yang berkaitan dengan anak-anak usia dini dan pendidikan Islam. Berikut adalah beberapa proyeksi karir yang dapat diikuti oleh lulusan program ini:

  1. Pengajar PAUD Islami: Bekerja sebagai pengajar di lembaga pendidikan anak usia dini yang berbasis Islam, seperti taman kanak-kanak atau taman bermain Islam.
  2. Koordinator Program PAUD: Bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program PAUD Islam, serta pengelolaan staf dan sumber daya.
  3. Spesialis Kurikulum: Mengembangkan kurikulum dan bahan ajar PAUD yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan metode pengajaran yang efektif.
  4. Pengembang Materi Ajar: Membuat materi ajar berbasis teknologi dan sumber daya pendidikan, termasuk aplikasi pembelajaran berbasis teknologi, video, buku, dan permainan edukatif.
  5. Konsultan Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Memberikan konsultasi kepada lembaga pendidikan, guru, dan orang tua tentang praktik terbaik dalam pendidikan Islam anak usia dini.
  6. Peneliti Pendidikan Islam: Bekerja di lembaga penelitian atau lembaga penelitian swasta untuk melakukan penelitian tentang pendidikan Islam anak usia dini dan berkontribusi pada pemahaman dan pengembangan praktik terkini.
  7. Administrator Lembaga Pendidikan: Menjadi kepala sekolah atau administrator di lembaga pendidikan Islam yang menyediakan pendidikan anak usia dini.
  8. Pengembang Program Pendidikan: Terlibat dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengelola program pendidikan Islam untuk anak-anak usia dini, baik di lembaga pendidikan formal maupun lembaga nirlaba.
  9. Pengembang Pembelajaran Berbasis Teknologi: Merancang dan mengimplementasikan program pembelajaran berbasis teknologi untuk anak-anak usia dini yang menekankan nilai-nilai Islam.
  10. Kepala Program Pembelajaran Online: Memimpin pengembangan dan pengelolaan program pembelajaran online dengan fokus pada pendidikan Islam anak usia dini.
  11. Pendidik Inklusif: Memahami dan mendukung kebutuhan anak-anak dengan kebutuhan khusus dalam konteks pendidikan Islam anak usia dini.
  12. Penasihat Kebijakan Pendidikan: Terlibat dalam pengembangan kebijakan pendidikan Islam anak usia dini di tingkat lokal, regional, atau nasional, serta berkontribusi pada perbaikan sistem pendidikan.
  13. Pembicara Publik dan Penulis: Berbicara di konferensi, menulis buku, artikel, atau blog tentang pendidikan Islam anak usia dini dan metode pengajaran yang efektif.
  14. Pendeta atau Guru Agama Anak-Anak: Mengajar agama dan moral Islam kepada anak-anak di lembaga keagamaan atau sekolah minggu.
  15. Manajer Pusat Pengembangan Anak: Bertanggung jawab atas pengelolaan pusat pengembangan anak dan pendidikan Islam bagi anak-anak usia dini.
  16. Konsultan Keamanan dan Privasi Data Pendidikan: Memastikan keamanan data dan privasi dalam konteks teknologi pendidikan, membantu lembaga pendidikan mematuhi peraturan terkait privasi data.

 

Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu Bengkulu (Bengkulu) B Detail
Institut Agama Islam Negeri Samarinda Kalimantan Timur (Samarinda) B Detail
Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Kalimantan Timur (Samarinda) tidakterakreditasi Detail
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Yogyakarta (Sleman) Unggul Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya