Pendidikan Khusus
No. Prodi A1398
Tingkat Prodi Pendidikan Khusus (S2)
Strata S2
Gelar Magister Pendidikan
Singkatan Gelar M.Pd
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun

Program studi Pendidikan Khusus S2 adalah program pascasarjana yang memfokuskan pada pendidikan dan pengembangan individu dengan kebutuhan pendidikan khusus. Para mahasiswa dalam program ini mempelajari berbagai aspek yang berkaitan dengan pelayanan pendidikan untuk anak-anak atau individu dengan kebutuhan khusus, baik mereka yang memiliki disabilitas fisik, intelektual, maupun emosional. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang metode, strategi, dan praktik terbaik dalam mendidik dan membimbing individu dengan kebutuhan khusus. Berikut adalah gambaran umum topik yang biasanya dipelajari dalam program Pendidikan Khusus S2:

  1. Psikologi Khusus: Studi tentang teori-teori dan prinsip-prinsip psikologi yang berkaitan dengan individu dengan kebutuhan khusus, termasuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosial.
  2. Penilaian Kebutuhan Khusus: Mempelajari metode penilaian kebutuhan individu dengan kebutuhan pendidikan khusus, termasuk penggunaan alat ukur dan teknik observasi.
  3. Perencanaan Kurikulum dan Pengajaran: Memahami cara merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan individu dengan kebutuhan khusus dan mengembangkan strategi pengajaran yang efektif.
  4. Intervensi Pendidikan Khusus: Studi tentang metode-metode intervensi dan pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk membantu individu dengan kebutuhan pendidikan khusus mencapai tujuan pembelajaran mereka.
  5. Teknologi Asistif: Pemahaman tentang penggunaan teknologi dan perangkat lunak khusus yang membantu individu dengan kebutuhan khusus berpartisipasi dalam pembelajaran dan kegiatan sehari-hari.
  6. Kolaborasi dan Komunikasi: Belajar bekerja sama dengan orang tua, guru reguler, dan profesional kesehatan untuk memberikan dukungan yang terintegrasi bagi individu dengan kebutuhan pendidikan khusus.
  7. Hukum dan Kebijakan Pendidikan Khusus: Memahami hukum dan regulasi yang mengatur pendidikan khusus, serta implikasinya dalam merencanakan dan memberikan pelayanan pendidikan.
  8. Penelitian dan Evaluasi dalam Pendidikan Khusus: Memahami metodologi penelitian dan teknik evaluasi untuk memantau kemajuan dan efektivitas program pendidikan khusus.
  9. Pendekatan Multikultural dan Diversitas: Memahami kebutuhan individu dengan kebutuhan khusus dalam konteks budaya dan keberagaman sosial.
  10. Etika dalam Pendidikan Khusus: Mempelajari prinsip-prinsip etika dan standar profesional yang berlaku dalam pendidikan khusus, termasuk hak-hak individu dengan kebutuhan pendidikan khusus.

Program S2 Pendidikan Khusus bertujuan untuk menghasilkan pemimpin dan peneliti di bidang pendidikan khusus yang dapat membantu meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi individu dengan kebutuhan khusus. Lulusan program ini dapat mengejar karir sebagai peneliti, konsultan pendidikan khusus, administrator pendidikan, atau dosen di perguruan tinggi.

Proyeksi karir untuk lulusan program studi Pendidikan Khusus S2 meliputi:

  1. Guru Sekolah Luar Biasa (SLB): Lulusan dapat bekerja sebagai guru di SLB, membantu siswa dengan kebutuhan khusus dalam belajar dan mengembangkan keterampilan mereka.
  2. Guru Pendidikan Inklusi: Lulusan dapat menjadi guru pendidikan inklusi, membantu siswa dengan kebutuhan khusus dalam belajar di sekolah umum.
  3. Shadow Teacher (Guru Pendamping): Lulusan dapat bekerja sebagai shadow teacher, membantu siswa dengan kebutuhan khusus di pendidikan pra sekolah dan Sekolah Dasar (SD).
  4. Terapis: Lulusan dapat bekerja sebagai terapis, membantu siswa dengan kebutuhan khusus dalam pengelolaan emosinya.
  5. Dosen: Lulusan dapat menjadi dosen di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan khusus lainnya.
  6. Konsultan: Lulusan dapat bekerja sebagai konsultan di bidang pendidikan khusus, memberikan saran dan bimbingan kepada lembaga pendidikan atau industri dalam mengembangkan program pendidikan khusus.
  7. Peneliti: Lulusan dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga pendidikan, industri, atau lembaga penelitian lainnya.
  8. Manager Perencanaan dan Pengembangan Produk: Lulusan dapat bekerja sebagai manajer perencanaan dan pengembangan produk di industri pendidikan khusus.
Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Negeri Malang Jawa Timur (Malang) Unggul Detail
Universitas Pendidikan Indonesia Jawa Barat (Bandung) A Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya