Asisten Terapi Okupasi
Di bawah pengawasan langsung dari terapis okupasi atau asisten terapi okupasi, menjalankan tugas yang didelegasikan, dipilih, atau rutin hanya dalam situasi tertentu. Tugas-tugas ini termasuk mempersiapkan pasien dan ruang perawatan.
Contoh jabatan pekerjaan yang dilaporkan:
Asisten Rehabilitasi Okupasi Bersertifikat (Certified Occupational Rehabilitation Aide - CORA), Profesional Layanan Langsung (Direct Service Professional - DSP), Profesional Dukungan Langsung (Direct Support Professional - DSP), Asisten Rehabilitasi Okupasi, Asisten Terapis Okupasi (OT Aide), Asisten Terapi Okupasi (OT Aide), Asisten Rehabilitasi (Rehab Aide), Asisten Layanan Rehabilitasi, Asisten Restoratif (Restorative Aide).
-
Memberikan dorongan kepada pasien dan memenuhi kebutuhan fisik mereka untuk mendukung tercapainya tujuan terapeutik.
core 87.0%
-
Melaporkan kepada supervisor atau terapis, secara lisan maupun tertulis, mengenai kemajuan, sikap, kehadiran, dan pencapaian pasien.
core 86.0%
-
Mengevaluasi keterampilan hidup dan kemampuan klien dengan disabilitas fisik, perkembangan, atau kesehatan mental.
supplemental 85.0%
-
Mengamati kehadiran, kemajuan, sikap, dan pencapaian pasien serta mencatat dan memelihara informasi tersebut dalam catatan klien.
core 84.0%
-
Mempersiapkan dan memelihara area kerja, bahan, dan peralatan, serta menjaga persediaan perlengkapan perawatan dan edukasi.
core 83.0%
-
Mengantar pasien ke dan dari area kerja terapi okupasi.
core 78.0%
-
Memberikan instruksi kepada pasien dan keluarga mengenai keterampilan kerja, sosial, dan kehidupan sehari-hari, cara merawat dan menggunakan alat bantu, serta keterampilan lain untuk memfasilitasi penyesuaian di rumah dan tempat kerja terhadap disabilitas.
core 78.0%
-
Membantu terapis okupasi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengelola program terapi untuk memulihkan, memperkuat, dan meningkatkan kemampuan pasien, dengan menggunakan aktivitas tertentu dan peralatan khusus.
core 78.0%
-
Mendemonstrasikan teknik terapi, seperti seni manual, seni kreatif, dan permainan.
core 75.0%
-
Mengelola pengendalian infeksi dan keamanan peralatan di dalam departemen.
core 75.0%
-
Melaksanakan tugas klerikal, administratif, dan kesekretariatan, seperti menjawab telepon, mengisi ulang dan memesan perlengkapan, mengisi dokumen, serta menjadwalkan janji temu.
core 74.0%
-
Membimbing pasien dalam memilih dan menyelesaikan tugas kerja atau proyek seni dan kerajinan tangan.
core 70.0%
-
Menyesuaikan dan memperbaiki alat bantu serta melakukan penyesuaian pada peralatan lain dan lingkungan sekitar.
core 64.0%
-
Mendampingi pasien dalam kegiatan di luar ruangan, serta menyediakan transportasi jika diperlukan.
supplemental 59.0%
-
Membantu spesialis pendidikan atau psikolog klinis dalam melaksanakan tes situasional atau diagnostik untuk mengukur kemampuan atau kemajuan klien.
supplemental 52.0%
-
Mendisinfeksi peralatan.
-
Membantu dan Merawat Orang Lain - Memberikan bantuan pribadi, perhatian medis, dukungan emosional, atau perawatan personal lainnya kepada orang lain seperti rekan kerja, pelanggan, atau pasien.
96.0%
-
Tampil di Hadapan atau Bekerja Langsung dengan Publik - Melakukan pertunjukan bagi masyarakat atau berinteraksi langsung dengan publik, termasuk melayani pelanggan di restoran dan toko, serta menerima klien atau tamu.
88.0%
-
Berkomunikasi dengan Atasan, Rekan, atau Bawahan - Menyampaikan informasi kepada atasan, rekan kerja, dan bawahan melalui telepon, tulisan, e-mail, atau secara langsung.
85.0%
-
Melakukan Aktivitas Fisik Umum - Melaksanakan berbagai aktivitas fisik yang memerlukan penggunaan intensif tangan dan kaki serta pergerakan seluruh tubuh, seperti memanjat, mengangkat, menjaga keseimbangan, berjalan, membungkuk, dan menangani material.
83.0%
-
Mengumpulkan Informasi - Mengamati, menerima, dan memperoleh informasi dari semua sumber yang relevan.
81.0%
-
Membangun dan Memelihara Hubungan Interpersonal - Mengembangkan hubungan kerja yang konstruktif dan kooperatif dengan orang lain, serta menjaganya secara berkelanjutan.
78.0%
-
Mengidentifikasi Objek, Tindakan, dan Peristiwa - Menentukan informasi dengan cara mengategorikan, memperkirakan, mengenali perbedaan atau kesamaan, serta mendeteksi perubahan dalam situasi atau peristiwa.
75.0%
-
Mengevaluasi Informasi untuk Menentukan Kepatuhan terhadap Standar - Menggunakan informasi yang relevan serta pertimbangan pribadi untuk menilai apakah suatu peristiwa atau proses telah sesuai dengan hukum, peraturan, atau standar yang berlaku.
74.0%
-
Membuat Keputusan dan Memecahkan Masalah - Menganalisis informasi serta mengevaluasi hasil untuk memilih solusi terbaik dan menyelesaikan permasalahan.
73.0%
-
Menyelesaikan Konflik dan Bernegosiasi dengan Orang Lain - Menangani keluhan, menyelesaikan perselisihan, dan meredakan perbedaan atau konflik, serta melakukan negosiasi dengan pihak lain.
73.0%
-
Melatih dan Mengajar Orang Lain - Mengidentifikasi kebutuhan pendidikan orang lain, menyusun program atau kelas pelatihan formal, serta memberikan pengajaran atau instruksi.
73.0%
-
Bekerja dengan Komputer - Menggunakan komputer dan sistem komputer (termasuk perangkat keras dan perangkat lunak) untuk melakukan pemrograman, menulis perangkat lunak, mengatur fungsi, memasukkan data, atau mengolah informasi.
73.0%
-
Mendokumentasikan/Mencatat Informasi - Memasukkan, menyalin, merekam, menyimpan, atau memelihara informasi dalam bentuk tertulis maupun elektronik/magnetik.
73.0%
-
Menafsirkan Makna Informasi bagi Orang Lain - Menerjemahkan atau menjelaskan arti suatu informasi serta bagaimana informasi tersebut dapat digunakan.
72.0%
-
Mengorganisasi, Merencanakan, dan Memprioritaskan Pekerjaan - Menyusun tujuan dan rencana yang spesifik untuk memprioritaskan, mengatur, serta menyelesaikan pekerjaan.
72.0%
-
Mengembangkan dan Membangun Tim - Mendorong serta menumbuhkan rasa saling percaya, menghargai, dan bekerja sama di antara anggota tim.
70.0%
-
Memantau Proses, Material, atau Lingkungan - Mengawasi dan meninjau informasi dari material, peristiwa, atau lingkungan untuk mendeteksi atau menilai adanya masalah.
69.0%
-
Menjadwalkan Pekerjaan dan Aktivitas - Menyusun jadwal acara, program, dan kegiatan, serta mengatur jadwal pekerjaan orang lain.
69.0%
-
Mengkoordinasikan Pekerjaan dan Aktivitas Orang Lain - Mengarahkan anggota kelompok untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
68.0%
-
Melatih dan Mengembangkan Orang Lain - Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan orang lain serta memberikan pelatihan, pendampingan, atau bantuan untuk meningkatkan pengetahuan maupun keterampilannya.
67.0%
-
Melaksanakan Kegiatan Administratif - Menjalankan tugas administratif sehari-hari seperti mengelola arsip informasi dan memproses dokumen.
67.0%
-
Berkomunikasi dengan Pihak di Luar Organisasi - Melakukan komunikasi dengan pihak luar organisasi serta mewakili organisasi kepada pelanggan, masyarakat, pemerintah, dan sumber eksternal lainnya. Informasi ini dapat disampaikan secara langsung, tertulis, melalui telepon, atau e-mail.
65.0%
-
Memeriksa Peralatan, Struktur, atau Material - Melakukan inspeksi terhadap peralatan, struktur, atau material untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan, masalah, atau cacat.
65.0%
-
Menangani dan Memindahkan Objek - Menggunakan tangan dan lengan untuk menangani, memasang, menempatkan, serta memindahkan material, dan memanipulasi benda.
64.0%
-
Berpikir Kreatif - Mengembangkan, merancang, atau menciptakan aplikasi, ide, hubungan, sistem, atau produk baru, termasuk kontribusi dalam bidang seni.
63.0%
-
Memperbarui dan Menggunakan Pengetahuan yang Relevan - Selalu mengikuti perkembangan terbaru secara teknis dan menerapkan pengetahuan baru dalam pekerjaan.
63.0%
-
Membimbing, Mengarahkan, dan Memotivasi Bawahan - Memberikan arahan dan tuntunan kepada bawahan, termasuk menetapkan standar kinerja serta memantau pencapaiannya.
60.0%
-
Mengolah Informasi - Mengompilasi, mengodekan, mengategorikan, menghitung, menabulasikan, mengaudit, atau memverifikasi informasi maupun data.
59.0%
-
Menilai Kualitas Objek, Layanan, atau Orang - Mengevaluasi nilai, pentingnya, atau mutu dari suatu hal maupun individu.
58.0%
-
Menganalisis Data atau Informasi - Mengidentifikasi prinsip, alasan, atau fakta yang mendasarinya dengan memecah informasi atau data ke dalam bagian-bagian terpisah.
54.0%
-
Mengendalikan Mesin dan Proses - Menggunakan mekanisme kontrol atau aktivitas fisik langsung untuk mengoperasikan mesin atau proses (tidak termasuk komputer atau kendaraan).
53.0%
-
Mengembangkan Tujuan dan Strategi - Menetapkan tujuan jangka panjang serta merumuskan strategi dan langkah-langkah untuk mencapainya.
53.0%
-
Memberikan Konsultasi dan Nasihat kepada Orang Lain - Menyampaikan arahan dan saran ahli kepada manajemen atau kelompok lain mengenai topik yang berkaitan dengan teknis, sistem, atau proses.
53.0%
-
Memantau dan Mengendalikan Sumber Daya - Mengawasi serta mengendalikan penggunaan sumber daya dan pengeluaran dana.
46.0%
-
Mengestimasi Karakteristik Kuantitatif Produk, Peristiwa, atau Informasi - Memperkirakan ukuran, jarak, dan jumlah; atau menentukan waktu, biaya, sumber daya, maupun material yang diperlukan untuk melaksanakan suatu kegiatan kerja.
43.0%
-
Mengoperasikan Kendaraan, Perangkat Mekanis, atau Peralatan - Menjalankan, mengendalikan, menavigasi, atau mengemudikan kendaraan maupun peralatan mekanis, seperti forklift, kendaraan penumpang, pesawat terbang, atau kapal.
43.0%
-
Memperbaiki dan Memelihara Peralatan Mekanis - Melakukan servis, perbaikan, penyesuaian, dan pengujian terhadap mesin, perangkat, bagian yang bergerak, serta peralatan yang terutama beroperasi berdasarkan prinsip mekanis (bukan elektronik).
42.0%
-
Mengelola Personalia dalam Unit Organisasi - Merekrut, mewawancarai, menyeleksi, mempekerjakan, serta mempromosikan karyawan dalam suatu organisasi.
42.0%
-
Memperbaiki dan Memelihara Peralatan Elektronik - Melakukan servis, perbaikan, kalibrasi, pengaturan, penyetelan, atau pengujian terhadap mesin, perangkat, dan peralatan yang terutama beroperasi berdasarkan prinsip listrik atau elektronik (bukan mekanis).
41.0%
-
Menyusun, Merancang, dan Menentukan Perangkat, Bagian, serta Peralatan Teknis - Menyediakan dokumentasi, instruksi terperinci, gambar, atau spesifikasi untuk menjelaskan kepada orang lain bagaimana perangkat, bagian, peralatan, atau struktur harus dibuat, dibangun, dirakit, dimodifikasi, dipelihara, atau digunakan.
35.0%
-
Menjual atau Mempengaruhi Orang Lain - Meyakinkan orang lain untuk membeli barang atau produk, atau mengubah pandangan maupun tindakannya.
33.0%
- Mendorong dan memotivasi pasien selama kegiatan terapeutik.
- Mengomunikasikan kondisi pasien kepada tenaga kesehatan lainnya.
- Menyusun laporan atau dokumen medis.
- Melaksanakan tes skrining untuk menentukan kemampuan atau kebutuhan perawatan.
- Memelihara catatan fasilitas medis.
- Memantau perkembangan pasien atau respons terhadap pengobatan.
- Mencatat statistik vital atau informasi kesehatan lainnya.
- Merawat peralatan atau instrumen medis.
- Memelihara inventaris persediaan atau peralatan medis.
- Mempersiapkan area perawatan pasien untuk digunakan.
- Melaksanakan program terapeutik untuk meningkatkan fungsi pasien.
- Memindahkan pasien ke area perawatan
- Mengajarkan keterampilan hidup dasar atau keterampilan adaptif lainnya kepada pasien atau pengasuh.
- Mengajarkan prosedur medis atau penggunaan peralatan medis kepada pasien.
- Mengelola kegiatan sistem pengendalian di organisasi.
- Memantau area kerja atau prosedur untuk memastikan kepatuhan terhadap prosedur keselamatan.
- Mengajarkan prosedur medis kepada tenaga kesehatan.
- Melaksanakan pekerjaan administratif di lingkungan pelayanan medis.
- Menjadwalkan prosedur atau janji pasien.
- Mengisi persediaan perlengkapan medis atau perawatan pasien.
- Melibatkan pasien dalam latihan atau aktivitas.
- Mendampingi pasien atau klien saat keluar untuk memberikan bantuan.
-
Orientasi Pelayanan - Secara aktif mencari cara untuk membantu orang lain.
69.0%
-
Kepekaan Sosial - Menyadari reaksi orang lain dan memahami alasan di balik reaksi tersebut.
66.0%
-
Berbicara - Berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif.
66.0%
-
Mendengarkan Aktif - Memberikan perhatian penuh pada apa yang dikatakan orang lain, meluangkan waktu untuk memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan yang relevan, serta tidak menyela pada waktu yang tidak tepat.
63.0%
-
Koordinasi - Menyesuaikan tindakan dengan tindakan orang lain.
60.0%
-
Pemilihan Peralatan - Menentukan jenis alat dan peralatan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
6.0%
-
Berpikir Kritis - Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari berbagai alternatif solusi, kesimpulan, atau pendekatan terhadap permasalahan.
56.0%
-
Pemantauan - Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, atau organisasi untuk melakukan perbaikan atau mengambil tindakan korektif.
56.0%
-
Pemecahan Masalah yang Kompleks - Mengidentifikasi permasalahan yang rumit serta meninjau informasi terkait untuk mengembangkan dan mengevaluasi berbagai opsi, kemudian melaksanakan solusi yang tepat.
53.0%
-
Pemahaman Bacaan - Memahami kalimat dan paragraf tertulis dalam dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan.
53.0%
-
Menulis - Berkomunikasi secara efektif melalui tulisan sesuai dengan kebutuhan audiens.
53.0%
-
Pembelajaran Aktif - Memahami implikasi dari informasi baru baik untuk pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan saat ini dan di masa depan.
50.0%
-
Memberi Instruksi - Mengajarkan kepada orang lain bagaimana melakukan sesuatu.
50.0%
-
Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan - Mempertimbangkan biaya dan manfaat relatif dari berbagai tindakan yang mungkin dilakukan untuk memilih yang paling tepat.
50.0%
-
Strategi Pembelajaran - Memilih dan menggunakan metode serta prosedur pelatihan atau pengajaran yang sesuai dengan situasi ketika mempelajari atau mengajarkan hal baru.
50.0%
-
Manajemen Waktu - Mengelola waktu diri sendiri dan waktu orang lain.
50.0%
-
Persuasi - Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran atau perilakunya.
47.0%
-
Negosiasi - Mempertemukan pihak-pihak yang berbeda dan berupaya menyelaraskan perbedaan.
38.0%
-
Pemantauan Operasi - Mengawasi pengukur, dial, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik.
35.0%
-
Pemrograman - Menulis program komputer untuk berbagai keperluan.
3.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Manusia - Memotivasi, mengembangkan, dan mengarahkan orang dalam bekerja, serta mengidentifikasi individu terbaik untuk suatu pekerjaan.
28.0%
-
Analisis Pengendalian Kualitas - Melakukan pengujian dan inspeksi terhadap produk, layanan, atau proses untuk menilai mutu atau kinerjanya.
28.0%
-
Analisis Sistem - Menentukan bagaimana suatu sistem seharusnya berfungsi serta bagaimana perubahan dalam kondisi, operasional, dan lingkungan akan memengaruhi hasilnya.
28.0%
-
Evaluasi Sistem - Mengidentifikasi ukuran atau indikator kinerja sistem serta tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerja sesuai dengan tujuan sistem.
28.0%
-
Matematika - Menggunakan matematika untuk memecahkan masalah.
25.0%
-
Pengoperasian dan Pengendalian - Mengendalikan operasional peralatan atau sistem.
22.0%
-
Analisis Operasional - Menganalisis kebutuhan dan persyaratan produk untuk membuat sebuah desain.
22.0%
-
Pemecahan Masalah Teknis - Menentukan penyebab kesalahan operasional dan memutuskan tindakan yang harus dilakukan.
22.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Material - Memperoleh serta memastikan penggunaan yang tepat atas peralatan, fasilitas, dan material yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu.
19.0%
-
Sains - Menggunakan kaidah dan metode ilmiah untuk memecahkan masalah.
16.0%
-
Pemeliharaan Peralatan - Melakukan perawatan rutin pada peralatan serta menentukan kapan dan jenis perawatan yang diperlukan.
13.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Keuangan - Menentukan bagaimana uang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan serta mempertanggungjawabkan pengeluarannya.
13.0%
-
Perbaikan - Memperbaiki mesin atau sistem dengan menggunakan peralatan yang diperlukan.
13.0%
-
Perancangan Teknologi - Membuat atau menyesuaikan peralatan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
13.0%
-
Konstruksi dan Bangunan - Pengetahuan tentang material, metode, serta alat yang digunakan dalam pembangunan atau perbaikan rumah, gedung, atau struktur lain seperti jalan raya dan jalan.
9.0%
-
Transportasi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode pemindahan orang atau barang melalui udara, rel, laut, atau darat, termasuk pertimbangan biaya dan manfaatnya.
9.0%
-
Terapi dan Konseling - Pengetahuan tentang prinsip, metode, dan prosedur untuk diagnosis, pengobatan, serta rehabilitasi gangguan fisik dan mental, serta untuk konseling dan bimbingan karier.
84.0%
-
Bahasa Inggris - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa Inggris termasuk arti dan ejaan kata-kata, serta aturan penulisan dan tata bahasa.
80.0%
-
Layanan Pelanggan dan Pribadi - Pengetahuan tentang prinsip dan proses dalam memberikan layanan pelanggan dan layanan pribadi. Ini mencakup penilaian kebutuhan pelanggan, pemenuhan standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
78.0%
-
Psikologi - Pengetahuan tentang perilaku dan kinerja manusia; perbedaan individu dalam kemampuan, kepribadian, dan minat; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan gangguan perilaku dan emosional.
71.0%
-
Seni Rupa - Pengetahuan tentang teori dan teknik yang diperlukan untuk menggubah, memproduksi, dan menampilkan karya musik, tari, seni visual, drama, serta patung.
7.0%
-
Komputer dan Elektronika - Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, serta perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.
67.0%
-
Pendidikan dan Pelatihan - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk desain kurikulum dan pelatihan, pengajaran dan instruksi untuk individu maupun kelompok, serta pengukuran hasil pelatihan.
65.0%
-
Geografi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menggambarkan karakteristik daratan, lautan, dan lapisan udara, termasuk ciri fisik, lokasi, keterkaitan, serta distribusi kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia.
6.0%
-
Pengobatan dan Kedokteran gigi - Pengetahuan mengenai informasi dan teknik yang diperlukan untuk mendiagnosis dan menangani cedera, penyakit, serta kelainan pada manusia. Cakupan pengetahuan ini meliputi gejala-gejala, alternatif pengobatan, sifat dan interaksi obat, serta upaya pencegahan dalam perawatan kesehatan.
57.0%
-
Keamanan dan Keselamatan Publik - Pengetahuan mengenai peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi keamanan tingkat lokal, negara bagian, maupun nasional demi melindungi manusia, data, properti, dan institusi.
54.0%
-
Administratif - Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administrasi perkantoran, seperti pengolahan kata, pengelolaan berkas dan catatan, stenografi dan transkripsi, perancangan formulir, serta terminologi tempat kerja.
50.0%
-
Sejarah dan Arkeologi - Pengetahuan tentang peristiwa sejarah beserta penyebab, indikator, dan dampaknya terhadap peradaban dan kebudayaan.
5.0%
-
Administrasi dan Manajemen - Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen yang terlibat dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, serta koordinasi orang dan sumber daya.
42.0%
-
Produksi Pangan - Pengetahuan tentang teknik dan peralatan untuk menanam, membudidayakan, serta memanen produk pangan (baik nabati maupun hewani) untuk konsumsi, termasuk teknik penyimpanan dan penanganannya.
4.0%
-
Sosiologi dan Antropologi - Pengetahuan tentang perilaku dan dinamika kelompok, tren serta pengaruh sosial, migrasi manusia, etnisitas, kebudayaan, serta sejarah dan asal-usulnya.
37.0%
-
Komunikasi dan Media - Pengetahuan tentang produksi media, teknik serta metode komunikasi dan penyebaran informasi. Hal ini mencakup berbagai cara alternatif untuk memberikan informasi dan hiburan melalui media tulis, lisan, maupun visual.
36.0%
-
Matematika - Pengetahuan tentang aritmetika, aljabar, geometri, kalkulus, statistika, serta penerapannya.
36.0%
-
Fisika - Pengetahuan dan prediksi mengenai prinsip-prinsip fisika, hukum-hukum, keterkaitannya, serta penerapannya untuk memahami dinamika fluida, material, dan atmosfer, serta struktur dan proses mekanis, elektris, atom, dan sub-atom.
32.0%
-
Filsafat dan Teologi - Pengetahuan tentang berbagai sistem filsafat dan agama, termasuk prinsip dasar, nilai, etika, cara berpikir, adat, praktik, serta pengaruhnya terhadap kebudayaan manusia.
31.0%
-
Biologi - Pengetahuan tentang organisme tumbuhan dan hewan, jaringan, sel, fungsi, saling ketergantungan, dan interaksi mereka satu sama lain serta dengan lingkungan.
30.0%
-
Telekomunikasi - Pengetahuan tentang transmisi, penyiaran, pengalihan, pengendalian, dan pengoperasian sistem telekomunikasi.
30.0%
-
Personalia dan Sumber Daya Manusia - Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam rekrutmen tenaga kerja, seleksi, pelatihan, kompensasi dan tunjangan, hubungan dan negosiasi ketenagakerjaan, serta sistem informasi personalia.
29.0%
-
Hukum dan Pemerintahan - Pengetahuan tentang undang-undang, kode hukum, prosedur pengadilan, preseden, peraturan pemerintah, keputusan eksekutif, aturan lembaga, serta proses politik demokratis.
28.0%
-
Desain - Pengetahuan tentang teknik, alat, dan prinsip desain yang terlibat dalam pembuatan rencana teknis presisi, cetak biru, gambar, dan model.
27.0%
-
Rekayasa dan Teknologi - Pengetahuan tentang penerapan praktis ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini mencakup penerapan prinsip, teknik, prosedur, serta peralatan dalam perancangan dan produksi berbagai barang serta layanan.
26.0%
-
Bahasa Asing - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa asing (non-Inggris), termasuk makna dan ejaan kata, kaidah penulisan dan tata bahasa, serta pelafalan.
24.0%
-
Penjualan dan Pemasaran - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menampilkan, mempromosikan, serta menjual produk atau layanan. Hal ini mencakup strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, serta sistem pengendalian penjualan.
24.0%
-
Ekonomi dan Akuntansi - Pengetahuan tentang prinsip dan praktik ekonomi serta akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisis dan pelaporan data keuangan.
18.0%
-
Mekanika - Pengetahuan tentang mesin dan alat, termasuk rancangan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaannya.
16.0%
-
Kimia - Pengetahuan tentang komposisi kimia, struktur, dan sifat-sifat suatu zat serta proses dan transformasi kimia yang dialaminya. Hal ini mencakup penggunaan bahan kimia dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi, serta metode pembuangan.
15.0%
-
Produksi dan Pemrosesan - Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, pengendalian kualitas, biaya, serta teknik lainnya untuk memaksimalkan efektivitas produksi dan distribusi barang.
13.0%
-
Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi serta gagasan yang disampaikan melalui kata-kata dan kalimat lisan.
69.0%
-
Kepekaan terhadap Masalah - Kemampuan untuk mengenali saat sesuatu tidak beres atau berpotensi menjadi masalah. Hal ini tidak mencakup pemecahan masalah, melainkan hanya kesadaran akan adanya masalah.
69.0%
-
Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara lisan agar dapat dipahami oleh orang lain.
63.0%
-
Penglihatan Malam - Kemampuan untuk melihat dalam kondisi cahaya redup atau minim pencahayaan.
6.0%
-
Lokalisasi Suara - Kemampuan untuk menentukan arah dari mana suatu suara berasal.
6.0%
-
Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan aturan umum pada permasalahan khusus guna menghasilkan jawaban yang logis.
56.0%
-
Pengenalan Ucapan - Kemampuan untuk mengenali dan memahami ucapan orang lain.
56.0%
-
Kejelasan Ucapan - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas agar dapat dipahami oleh orang lain.
56.0%
-
Pengurutan Informasi - Kemampuan untuk menyusun benda atau tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan suatu aturan atau seperangkat aturan (misalnya pola angka, huruf, kata, gambar, atau operasi matematika).
53.0%
-
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi serta gagasan yang disajikan dalam bentuk tulisan.
53.0%
-
Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara tertulis agar dapat dipahami oleh orang lain.
53.0%
-
Fleksibilitas Kategori - Kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan berbagai aturan dalam mengombinasikan atau mengelompokkan sesuatu dengan cara yang berbeda-beda.
50.0%
-
Kelincahan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan jari yang terkoordinasi dengan tepat, baik dengan satu maupun kedua tangan, untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek yang sangat kecil.
50.0%
-
Penalaran Induktif - Kemampuan untuk menggabungkan berbagai potongan informasi guna membentuk aturan atau kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara peristiwa yang tampaknya tidak terkait).
50.0%
-
Penglihatan Dekat - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak dekat (dalam beberapa kaki dari pengamat).
50.0%
-
Kekuatan Batang Tubuh - Kemampuan untuk menggunakan otot perut dan punggung bawah guna menopang bagian tubuh secara berulang atau terus-menerus tanpa melemah atau mudah lelah.
50.0%
-
Kestabilan Lengan-Tangan - Kemampuan untuk menjaga kestabilan tangan dan lengan saat menggerakkannya atau ketika menahannya dalam satu posisi.
47.0%
-
Kelincahan Manual - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan tangan, tangan bersama lengan, atau kedua tangan untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek.
47.0%
-
Kekuatan Statis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot maksimal guna mengangkat, mendorong, menarik, atau membawa objek.
47.0%
-
Fleksibilitas Rentang - Kemampuan untuk membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
44.0%
-
Kefasihan Ide - Kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan tentang suatu topik (yang dinilai adalah jumlah ide, bukan kualitas, ketepatan, atau kreativitasnya).
44.0%
-
Koordinasi Multianggota Tubuh - Kemampuan untuk mengoordinasikan dua atau lebih anggota tubuh (misalnya, kedua lengan, kedua kaki, atau satu kaki dan satu lengan) saat duduk, berdiri, atau berbaring. Kemampuan ini tidak melibatkan aktivitas ketika seluruh tubuh bergerak.
44.0%
-
Berbagi Waktu - Kemampuan untuk berganti-ganti secara cepat antara dua atau lebih aktivitas atau sumber informasi (seperti ucapan, suara, sentuhan, atau sumber lainnya).
44.0%
-
Fleksibilitas Penutupan - Kemampuan untuk mengidentifikasi atau mendeteksi suatu pola yang sudah dikenal (gambar, objek, kata, atau suara) yang tersembunyi di antara materi pengalih perhatian lainnya.
41.0%
-
Orisinalitas - Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa atau cerdas mengenai suatu topik atau situasi, atau mengembangkan cara kreatif untuk memecahkan masalah.
41.0%
-
Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada suatu tugas dalam jangka waktu tertentu tanpa mudah teralihkan.
41.0%
-
Stamina - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga fisik dalam jangka waktu lama tanpa mudah lelah atau kehabisan napas.
41.0%
-
Penglihatan Jauh - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak jauh.
38.0%
-
Koordinasi Tubuh Kasar - Kemampuan untuk mengoordinasikan gerakan lengan, kaki, dan batang tubuh secara bersamaan ketika seluruh tubuh sedang bergerak.
38.0%
-
Keseimbangan Tubuh Kasar - Kemampuan untuk menjaga atau mengembalikan keseimbangan tubuh serta tetap tegak saat berada dalam posisi yang tidak stabil.
38.0%
-
Kecepatan Persepsi - Kemampuan untuk dengan cepat dan akurat membandingkan kesamaan serta perbedaan di antara kumpulan huruf, angka, objek, gambar, atau pola. Hal yang dibandingkan dapat ditampilkan secara bersamaan atau bergantian, termasuk membandingkan objek yang terlihat dengan objek yang diingat.
31.0%
-
Fleksibilitas Dinamis - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
3.0%
-
Presisi Kendali - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali menyesuaikan kendali mesin atau kendaraan ke posisi yang tepat.
28.0%
-
Kekuatan Dinamis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot secara berulang atau terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Hal ini mencakup daya tahan otot dan ketahanan terhadap kelelahan otot.
28.0%
-
Menghafal - Kemampuan untuk mengingat informasi seperti kata, angka, gambar, dan prosedur.
28.0%
-
Kecepatan Penutupan - Kemampuan untuk dengan cepat memahami, menggabungkan, dan mengorganisasi informasi menjadi pola yang bermakna.
28.0%
-
Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan atau ketika bagian-bagiannya digeser maupun disusun ulang.
28.0%
-
Perhatian Auditori - Kemampuan untuk memusatkan fokus pada satu sumber suara meskipun terdapat suara-suara lain yang mengganggu.
25.0%
-
Penalaran Matematis - Kemampuan untuk memilih metode atau rumus matematika yang tepat guna memecahkan suatu masalah.
25.0%
-
Kemahiran Angka - Kemampuan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dengan cepat dan tepat.
25.0%
-
Persepsi Kedalaman - Kemampuan untuk menilai objek mana yang lebih dekat atau lebih jauh dari diri Anda, atau memperkirakan jarak antara diri Anda dengan suatu objek.
22.0%
-
Kekuatan Ledakan - Kemampuan untuk menggunakan tenaga otot secara singkat dan kuat untuk mendorong tubuh (seperti saat melompat atau berlari cepat), atau untuk melempar suatu objek.
22.0%
-
Kepekaan Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau membedakan perbedaan antara suara yang bervariasi dalam nada dan keras-lembutnya.
22.0%
-
Orientasi Respons - Kemampuan untuk dengan cepat memilih antara dua atau lebih gerakan sebagai tanggapan terhadap dua atau lebih sinyal berbeda (cahaya, suara, gambar). Hal ini mencakup kecepatan dalam memulai respons yang tepat menggunakan tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya.
22.0%
-
Diskriminasi Warna Visual - Kemampuan untuk mencocokkan atau mendeteksi perbedaan antara warna, termasuk corak dan tingkat kecerahannya.
22.0%
-
Waktu Reaksi - Kemampuan untuk merespons dengan cepat (menggunakan tangan, jari, atau kaki) terhadap suatu sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyal tersebut muncul.
19.0%
-
Penglihatan Perifer - Kemampuan untuk melihat objek atau pergerakan objek di sisi samping saat mata sedang melihat ke depan.
13.0%
-
Pengendalian Laju - Kemampuan untuk mengatur waktu gerakan diri sendiri atau peralatan dengan mengantisipasi perubahan kecepatan dan/atau arah dari suatu objek atau adegan yang bergerak.
13.0%
-
Kecepatan Gerak Anggota Tubuh - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan lengan dan kaki.
13.0%
-
Kepekaan terhadap Silau - Kemampuan untuk melihat objek dalam kondisi adanya cahaya silau atau pencahayaan yang sangat terang.
10.0%
-
Orientasi Spasial - Kemampuan untuk mengetahui posisi diri sendiri terhadap lingkungan atau mengetahui letak objek lain terhadap diri Anda.
10.0%
-
Kecepatan Pergelangan dan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan cepat, sederhana, dan berulang dengan jari, tangan, serta pergelangan tangan.
10.0%
-
Sosial - Pekerjaan yang melibatkan membantu, mengajar, memberi saran, mendampingi, atau memberikan layanan kepada orang lain. Pekerjaan dengan tipe Social sering dikaitkan dengan bidang sosial, pelayanan kesehatan, jasa personal, pendidikan, atau kegiatan keagamaan.
83.0%
-
Realistis - Pekerjaan yang melibatkan perancangan, pembangunan, atau perbaikan peralatan, material, atau struktur, melakukan aktivitas fisik, atau bekerja di luar ruangan. Pekerjaan tipe Realistic sering terkait dengan bidang teknik, mekanik dan elektronik, konstruksi, pertukangan, transportasi, pengoperasian mesin, pertanian, pelayanan hewan, pekerjaan fisik atau manual, atletik, atau layanan perlindungan.
49.0%
-
Conventional - Pekerjaan yang melibatkan kepatuhan terhadap prosedur dan peraturan untuk mengatur informasi atau data, umumnya dalam lingkungan bisnis. Pekerjaan dengan tipe Conventional sering dikaitkan dengan pekerjaan kantor, akuntansi, matematika/statistika, teknologi informasi, keuangan, atau sumber daya manusia.
45.0%
-
Investigatif - Pekerjaan yang melibatkan studi dan penelitian terhadap objek tak hidup, organisme hidup, penyakit atau bentuk gangguan lain, maupun perilaku manusia. Pekerjaan dengan tipe Investigative sering terkait dengan ilmu fisika, biologi, kedokteran, atau ilmu sosial, dan juga dapat ditemukan di bidang humaniora, matematika/statistika, teknologi informasi, atau layanan kesehatan.
26.0%
-
Enterprising - Pekerjaan yang melibatkan pengelolaan, negosiasi, pemasaran, atau penjualan, umumnya dalam lingkungan bisnis, atau memimpin serta memberi nasihat kepada orang lain dalam situasi politik dan hukum. Pekerjaan dengan tipe Enterprising sering dikaitkan dengan inisiatif bisnis, penjualan, pemasaran/periklanan, keuangan, manajemen/administrasi, konsultasi profesional, berbicara di depan umum, politik, atau hukum.
14.0%
-
Artistik - Pekerjaan yang melibatkan penciptaan karya visual, pertunjukan, tulisan, makanan, atau musik yang orisinal untuk berbagai media, atau penerapan prinsip artistik dalam desain berbagai objek dan material. Pekerjaan tipe Artistic sering terkait dengan seni visual, seni terapan dan desain, seni pertunjukan, musik, penulisan kreatif, media, atau seni kuliner.
12.0%
-
Hubungan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini memungkinkan karyawan memberikan pelayanan kepada orang lain dan bekerja sama dengan rekan kerja dalam lingkungan yang ramah dan tidak kompetitif. Kebutuhan yang terkait meliputi Rekan Kerja, Nilai Moral, dan Pelayanan Sosial.
67.0%
-
Dukungan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan manajemen yang mendukung dan selalu berada di belakang karyawan. Kebutuhan yang terkait meliputi Kebijakan Perusahaan, Pengawasan: Hubungan Manusia, dan Pengawasan: Teknis.
67.0%
-
Prestasi - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini berorientasi pada hasil dan memungkinkan karyawan menggunakan kemampuan terbaik mereka, memberikan rasa pencapaian. Kebutuhan yang terkait meliputi Pemanfaatan Kemampuan dan Prestasi.
61.0%
-
Independensi - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini memungkinkan karyawan untuk bekerja secara mandiri dan membuat keputusan sendiri. Kebutuhan yang terkait meliputi Kreativitas, Tanggung Jawab, dan Otonomi.
61.0%
-
Kondisi Kerja - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan keamanan kerja dan kondisi kerja yang baik. Kebutuhan yang terkait meliputi Aktivitas, Kompensasi, Kemandirian, Keamanan, Keragaman, dan Kondisi Kerja.
47.0%
-
Pengakuan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan peluang kemajuan, potensi kepemimpinan, dan sering dianggap prestisius. Kebutuhan yang terkait meliputi Kemajuan, Wewenang, Pengakuan, dan Status Sosial.
28.0%
-
Kerjasama - Pekerjaan ini menuntut bersikap ramah terhadap rekan kerja dan menunjukkan sikap kooperatif yang baik.
94.0%
-
Perhatian terhadap Orang Lain - Pekerjaan ini menuntut kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain serta sikap pengertian dan membantu di tempat kerja.
92.0%
-
Keandalan - Pekerjaan ini menuntut bersikap dapat diandalkan, bertanggung jawab, dan memenuhi kewajiban.
89.0%
-
Kemampuan Beradaptasi/Fleksibilitas - Pekerjaan ini menuntut kesiapan untuk menerima perubahan (positif maupun negatif) dan menghadapi berbagai variasi dalam lingkungan kerja.
86.0%
-
Integritas - Pekerjaan ini menuntut bersikap jujur dan etis.
86.0%
-
Pengendalian Diri - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap tenang, mengendalikan emosi, menahan amarah, dan menghindari perilaku agresif, bahkan dalam situasi yang sangat sulit.
85.0%
-
Perhatian terhadap Detail - Pekerjaan ini menuntut ketelitian dan kesungguhan dalam menyelesaikan setiap tugas kerja.
84.0%
-
Toleransi terhadap Stres - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menerima kritik serta menghadapi situasi penuh tekanan dengan tenang dan efektif.
84.0%
-
Orientasi Sosial - Pekerjaan ini menuntut preferensi untuk bekerja dengan orang lain daripada sendirian, serta membangun hubungan pribadi dengan rekan kerja.
82.0%
-
Inisiatif - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk mengambil tanggung jawab dan menghadapi tantangan.
80.0%
-
Prestasi/Usaha - Pekerjaan ini menuntut menetapkan dan mempertahankan tujuan prestasi yang menantang secara pribadi serta mengerahkan usaha untuk menguasai tugas.
76.0%
-
Ketekunan - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap gigih menghadapi berbagai hambatan.
72.0%
-
Kemandirian - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk mengembangkan cara kerja sendiri, mengarahkan diri dengan sedikit atau tanpa pengawasan, serta mengandalkan diri sendiri untuk menyelesaikan tugas.
66.0%
-
Kepemimpinan - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk memimpin, mengambil kendali, serta memberikan pendapat dan arahan.
62.0%
-
Inovasi - Pekerjaan ini menuntut kreativitas dan pemikiran alternatif untuk mengembangkan ide-ide baru serta menemukan solusi atas masalah yang terkait dengan pekerjaan.
55.0%
-
Berpikir Analitis - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menganalisis informasi dan menggunakan logika untuk menangani masalah serta isu terkait pekerjaan.
54.0%