Inspektur & Spesialis Pencegahan Kebakaran Hutan
Menegakkan peraturan kebakaran, memeriksa hutan untuk mengetahui potensi bahaya kebakaran, dan merekomendasikan langkah-langkah pencegahan atau pengendalian kebakaran hutan. Dapat juga melaporkan kejadian kebakaran hutan dan kondisi cuaca.
Contoh jabatan yang dilaporkan: Petugas Manajemen Kebakaran, Ahli Operasi Kebakaran Hutan, Petugas Pencegahan Kebakaran, Teknisi Pencegahan Kebakaran, Teknisi Kebakaran, Petugas Kehutanan, Petugas Patroli Hutan, Patroli Kehutanan, Spesialis Mitigasi Kebakaran Liar, Spesialis Pencegahan Kebakaran Liar.
-
Menyampaikan pesan mengenai keadaan darurat, kecelakaan, lokasi kru dan personel, serta kondisi bahaya kebakaran.
core 89.0%
-
Melaksanakan pelatihan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.
core 84.0%
-
Memperkirakan ukuran dan karakteristik kebakaran, serta melaporkan temuan tersebut ke pos komando melalui radio atau telepon.
core 84.0%
-
Mengarahkan kru yang bekerja di garis api selama kebakaran hutan.
core 83.0%
-
Menentukan lokasi kebakaran hutan pada peta wilayah dengan menggunakan alat penunjuk azimut dan tanda-tanda medan yang dikenal.
core 83.0%
-
Memadamkan kebakaran kecil dengan alat pemadam portabel, sekop, dan kapak.
core 80.0%
-
Melakukan patroli di area yang ditugaskan untuk mencari kebakaran hutan, kondisi berbahaya, dan fenomena cuaca.
core 78.0%
-
Mengumpulkan dan melaporkan data meteorologi, seperti suhu, kelembapan relatif, arah dan kecepatan angin, serta jenis-jenis formasi awan.
core 77.0%
-
Memeriksa dan menginventarisasi peralatan pemadam kebakaran, seperti kapak, selang pemadam, sekop, pompa, ember, dan alat pemadam api, untuk menentukan jumlah dan kondisinya.
core 75.0%
-
Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang keselamatan dan pencegahan kebakaran.
core 74.0%
-
Mengawasi pemeliharaan dan perbaikan peralatan pemadam kebakaran, atau mengajukan permintaan peralatan baru.
core 73.0%
-
Memelihara catatan dan buku log.
core 70.0%
-
Menegakkan peraturan terkait sanitasi, pencegahan kebakaran, koreksi pelanggaran, dan peraturan hutan yang terkait.
core 65.0%
-
Membatasi akses publik dan penggunaan rekreasi di kawasan hutan selama musim kebakaran yang kritis.
core 64.0%
-
Memeriksa lokasi perkemahan untuk memastikan para pem campers mematuhi peraturan penggunaan hutan.
core 60.0%
-
Memeriksa kawasan hutan dan area penebangan kayu untuk potensi bahaya kebakaran seperti penumpukan sampah atau penanganan bahan mudah terbakar yang tidak tepat, serta merekomendasikan langkah-langkah pencegahan kebakaran yang sesuai.
core 55.0%
-
Berkomunikasi dengan Atasan, Rekan, atau Bawahan - Menyampaikan informasi kepada atasan, rekan kerja, dan bawahan melalui telepon, tulisan, e-mail, atau secara langsung.
87.0%
-
Memantau Proses, Material, atau Lingkungan - Mengawasi dan meninjau informasi dari material, peristiwa, atau lingkungan untuk mendeteksi atau menilai adanya masalah.
86.0%
-
Melakukan Aktivitas Fisik Umum - Melaksanakan berbagai aktivitas fisik yang memerlukan penggunaan intensif tangan dan kaki serta pergerakan seluruh tubuh, seperti memanjat, mengangkat, menjaga keseimbangan, berjalan, membungkuk, dan menangani material.
86.0%
-
Mengoperasikan Kendaraan, Perangkat Mekanis, atau Peralatan - Menjalankan, mengendalikan, menavigasi, atau mengemudikan kendaraan maupun peralatan mekanis, seperti forklift, kendaraan penumpang, pesawat terbang, atau kapal.
84.0%
-
Mengidentifikasi Objek, Tindakan, dan Peristiwa - Menentukan informasi dengan cara mengategorikan, memperkirakan, mengenali perbedaan atau kesamaan, serta mendeteksi perubahan dalam situasi atau peristiwa.
80.0%
-
Tampil di Hadapan atau Bekerja Langsung dengan Publik - Melakukan pertunjukan bagi masyarakat atau berinteraksi langsung dengan publik, termasuk melayani pelanggan di restoran dan toko, serta menerima klien atau tamu.
80.0%
-
Mengumpulkan Informasi - Mengamati, menerima, dan memperoleh informasi dari semua sumber yang relevan.
79.0%
-
Membuat Keputusan dan Memecahkan Masalah - Menganalisis informasi serta mengevaluasi hasil untuk memilih solusi terbaik dan menyelesaikan permasalahan.
79.0%
-
Mendokumentasikan/Mencatat Informasi - Memasukkan, menyalin, merekam, menyimpan, atau memelihara informasi dalam bentuk tertulis maupun elektronik/magnetik.
78.0%
-
Membangun dan Memelihara Hubungan Interpersonal - Mengembangkan hubungan kerja yang konstruktif dan kooperatif dengan orang lain, serta menjaganya secara berkelanjutan.
76.0%
-
Mengembangkan Tujuan dan Strategi - Menetapkan tujuan jangka panjang serta merumuskan strategi dan langkah-langkah untuk mencapainya.
75.0%
-
Memeriksa Peralatan, Struktur, atau Material - Melakukan inspeksi terhadap peralatan, struktur, atau material untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan, masalah, atau cacat.
75.0%
-
Mengembangkan dan Membangun Tim - Mendorong serta menumbuhkan rasa saling percaya, menghargai, dan bekerja sama di antara anggota tim.
74.0%
-
Berkomunikasi dengan Pihak di Luar Organisasi - Melakukan komunikasi dengan pihak luar organisasi serta mewakili organisasi kepada pelanggan, masyarakat, pemerintah, dan sumber eksternal lainnya. Informasi ini dapat disampaikan secara langsung, tertulis, melalui telepon, atau e-mail.
73.0%
-
Mengorganisasi, Merencanakan, dan Memprioritaskan Pekerjaan - Menyusun tujuan dan rencana yang spesifik untuk memprioritaskan, mengatur, serta menyelesaikan pekerjaan.
72.0%
-
Menangani dan Memindahkan Objek - Menggunakan tangan dan lengan untuk menangani, memasang, menempatkan, serta memindahkan material, dan memanipulasi benda.
71.0%
-
Melatih dan Mengajar Orang Lain - Mengidentifikasi kebutuhan pendidikan orang lain, menyusun program atau kelas pelatihan formal, serta memberikan pengajaran atau instruksi.
71.0%
-
Memperbarui dan Menggunakan Pengetahuan yang Relevan - Selalu mengikuti perkembangan terbaru secara teknis dan menerapkan pengetahuan baru dalam pekerjaan.
70.0%
-
Mengkoordinasikan Pekerjaan dan Aktivitas Orang Lain - Mengarahkan anggota kelompok untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
68.0%
-
Mengevaluasi Informasi untuk Menentukan Kepatuhan terhadap Standar - Menggunakan informasi yang relevan serta pertimbangan pribadi untuk menilai apakah suatu peristiwa atau proses telah sesuai dengan hukum, peraturan, atau standar yang berlaku.
68.0%
-
Melatih dan Mengembangkan Orang Lain - Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan orang lain serta memberikan pelatihan, pendampingan, atau bantuan untuk meningkatkan pengetahuan maupun keterampilannya.
67.0%
-
Membimbing, Mengarahkan, dan Memotivasi Bawahan - Memberikan arahan dan tuntunan kepada bawahan, termasuk menetapkan standar kinerja serta memantau pencapaiannya.
65.0%
-
Menyelesaikan Konflik dan Bernegosiasi dengan Orang Lain - Menangani keluhan, menyelesaikan perselisihan, dan meredakan perbedaan atau konflik, serta melakukan negosiasi dengan pihak lain.
64.0%
-
Membantu dan Merawat Orang Lain - Memberikan bantuan pribadi, perhatian medis, dukungan emosional, atau perawatan personal lainnya kepada orang lain seperti rekan kerja, pelanggan, atau pasien.
62.0%
-
Menilai Kualitas Objek, Layanan, atau Orang - Mengevaluasi nilai, pentingnya, atau mutu dari suatu hal maupun individu.
62.0%
-
Mengolah Informasi - Mengompilasi, mengodekan, mengategorikan, menghitung, menabulasikan, mengaudit, atau memverifikasi informasi maupun data.
61.0%
-
Bekerja dengan Komputer - Menggunakan komputer dan sistem komputer (termasuk perangkat keras dan perangkat lunak) untuk melakukan pemrograman, menulis perangkat lunak, mengatur fungsi, memasukkan data, atau mengolah informasi.
61.0%
-
Menafsirkan Makna Informasi bagi Orang Lain - Menerjemahkan atau menjelaskan arti suatu informasi serta bagaimana informasi tersebut dapat digunakan.
60.0%
-
Memperbaiki dan Memelihara Peralatan Mekanis - Melakukan servis, perbaikan, penyesuaian, dan pengujian terhadap mesin, perangkat, bagian yang bergerak, serta peralatan yang terutama beroperasi berdasarkan prinsip mekanis (bukan elektronik).
60.0%
-
Menjadwalkan Pekerjaan dan Aktivitas - Menyusun jadwal acara, program, dan kegiatan, serta mengatur jadwal pekerjaan orang lain.
56.0%
-
Mengestimasi Karakteristik Kuantitatif Produk, Peristiwa, atau Informasi - Memperkirakan ukuran, jarak, dan jumlah; atau menentukan waktu, biaya, sumber daya, maupun material yang diperlukan untuk melaksanakan suatu kegiatan kerja.
55.0%
-
Berpikir Kreatif - Mengembangkan, merancang, atau menciptakan aplikasi, ide, hubungan, sistem, atau produk baru, termasuk kontribusi dalam bidang seni.
54.0%
-
Menganalisis Data atau Informasi - Mengidentifikasi prinsip, alasan, atau fakta yang mendasarinya dengan memecah informasi atau data ke dalam bagian-bagian terpisah.
53.0%
-
Mengendalikan Mesin dan Proses - Menggunakan mekanisme kontrol atau aktivitas fisik langsung untuk mengoperasikan mesin atau proses (tidak termasuk komputer atau kendaraan).
53.0%
-
Memantau dan Mengendalikan Sumber Daya - Mengawasi serta mengendalikan penggunaan sumber daya dan pengeluaran dana.
52.0%
-
Melaksanakan Kegiatan Administratif - Menjalankan tugas administratif sehari-hari seperti mengelola arsip informasi dan memproses dokumen.
52.0%
-
Memberikan Konsultasi dan Nasihat kepada Orang Lain - Menyampaikan arahan dan saran ahli kepada manajemen atau kelompok lain mengenai topik yang berkaitan dengan teknis, sistem, atau proses.
51.0%
-
Menjual atau Mempengaruhi Orang Lain - Meyakinkan orang lain untuk membeli barang atau produk, atau mengubah pandangan maupun tindakannya.
42.0%
-
Mengelola Personalia dalam Unit Organisasi - Merekrut, mewawancarai, menyeleksi, mempekerjakan, serta mempromosikan karyawan dalam suatu organisasi.
40.0%
-
Menyusun, Merancang, dan Menentukan Perangkat, Bagian, serta Peralatan Teknis - Menyediakan dokumentasi, instruksi terperinci, gambar, atau spesifikasi untuk menjelaskan kepada orang lain bagaimana perangkat, bagian, peralatan, atau struktur harus dibuat, dibangun, dirakit, dimodifikasi, dipelihara, atau digunakan.
34.0%
-
Memperbaiki dan Memelihara Peralatan Elektronik - Melakukan servis, perbaikan, kalibrasi, pengaturan, penyetelan, atau pengujian terhadap mesin, perangkat, dan peralatan yang terutama beroperasi berdasarkan prinsip listrik atau elektronik (bukan mekanis).
33.0%
- Menyampaikan informasi tentang insiden atau keadaan darurat kepada personel menggunakan telepon atau radio dua arah.
- Mengevaluasi karakteristik kebakaran.
- Melatih karyawan dalam prosedur kerja yang benar.
- Melatih personel mengenai prosedur operasional yang benar.
- Melatih personnel untuk meningkatkan keterampilan kerja.
- Mengarahkan kegiatan pemadaman kebakaran atau pencegahannya.
- Menentukan lokasi kebakaran atau area berbahaya kebakaran.
- Mengoperasikan peralatan pemadam kebakaran.
- Memantau kondisi lingkungan untuk mendeteksi bahaya.
- Melakukan patroli di area alami untuk memastikan keamanan atau menegakkan peraturan.
- Mencatat informasi tentang kondisi lingkungan.
- Memelihara inventaris bahan, peralatan, atau produk.
- Memeriksa peralatan untuk memastikan keselamatan atau berfungsinya dengan baik.
- Mendidik masyarakat tentang keselamatan atau pencegahan kebakaran.
- Menyediakan informasi edukatif kepada masyarakat.
- Memberikan pelatihan keselamatan.
- Memelihara catatan operasional.
- Menghalangi akses fisik ke area terbatas.
- Memeriksa fasilitas untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan keamanan atau keselamatan.
- Memeriksa fasilitas untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan kebakaran.
- Merekomendasikan perbaikan untuk meningkatkan keselamatan atau mengurangi risiko.
-
Berpikir Kritis - Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari berbagai alternatif solusi, kesimpulan, atau pendekatan terhadap permasalahan.
75.0%
-
Koordinasi - Menyesuaikan tindakan dengan tindakan orang lain.
69.0%
-
Berbicara - Berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif.
69.0%
-
Mendengarkan Aktif - Memberikan perhatian penuh pada apa yang dikatakan orang lain, meluangkan waktu untuk memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan yang relevan, serta tidak menyela pada waktu yang tidak tepat.
66.0%
-
Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan - Mempertimbangkan biaya dan manfaat relatif dari berbagai tindakan yang mungkin dilakukan untuk memilih yang paling tepat.
66.0%
-
Pemecahan Masalah yang Kompleks - Mengidentifikasi permasalahan yang rumit serta meninjau informasi terkait untuk mengembangkan dan mengevaluasi berbagai opsi, kemudian melaksanakan solusi yang tepat.
63.0%
-
Pemantauan - Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, atau organisasi untuk melakukan perbaikan atau mengambil tindakan korektif.
60.0%
-
Memberi Instruksi - Mengajarkan kepada orang lain bagaimana melakukan sesuatu.
56.0%
-
Strategi Pembelajaran - Memilih dan menggunakan metode serta prosedur pelatihan atau pengajaran yang sesuai dengan situasi ketika mempelajari atau mengajarkan hal baru.
53.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Manusia - Memotivasi, mengembangkan, dan mengarahkan orang dalam bekerja, serta mengidentifikasi individu terbaik untuk suatu pekerjaan.
53.0%
-
Pemahaman Bacaan - Memahami kalimat dan paragraf tertulis dalam dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan.
53.0%
-
Manajemen Waktu - Mengelola waktu diri sendiri dan waktu orang lain.
53.0%
-
Menulis - Berkomunikasi secara efektif melalui tulisan sesuai dengan kebutuhan audiens.
53.0%
-
Pembelajaran Aktif - Memahami implikasi dari informasi baru baik untuk pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan saat ini dan di masa depan.
50.0%
-
Persuasi - Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran atau perilakunya.
50.0%
-
Kepekaan Sosial - Menyadari reaksi orang lain dan memahami alasan di balik reaksi tersebut.
50.0%
-
Negosiasi - Mempertemukan pihak-pihak yang berbeda dan berupaya menyelaraskan perbedaan.
47.0%
-
Orientasi Pelayanan - Secara aktif mencari cara untuk membantu orang lain.
47.0%
-
Evaluasi Sistem - Mengidentifikasi ukuran atau indikator kinerja sistem serta tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerja sesuai dengan tujuan sistem.
47.0%
-
Analisis Sistem - Menentukan bagaimana suatu sistem seharusnya berfungsi serta bagaimana perubahan dalam kondisi, operasional, dan lingkungan akan memengaruhi hasilnya.
44.0%
-
Pemantauan Operasi - Mengawasi pengukur, dial, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik.
41.0%
-
Pengoperasian dan Pengendalian - Mengendalikan operasional peralatan atau sistem.
35.0%
-
Pemeliharaan Peralatan - Melakukan perawatan rutin pada peralatan serta menentukan kapan dan jenis perawatan yang diperlukan.
31.0%
-
Pemilihan Peralatan - Menentukan jenis alat dan peralatan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
31.0%
-
Analisis Pengendalian Kualitas - Melakukan pengujian dan inspeksi terhadap produk, layanan, atau proses untuk menilai mutu atau kinerjanya.
31.0%
-
Pemecahan Masalah Teknis - Menentukan penyebab kesalahan operasional dan memutuskan tindakan yang harus dilakukan.
31.0%
-
Matematika - Menggunakan matematika untuk memecahkan masalah.
28.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Material - Memperoleh serta memastikan penggunaan yang tepat atas peralatan, fasilitas, dan material yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu.
25.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Keuangan - Menentukan bagaimana uang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan serta mempertanggungjawabkan pengeluarannya.
22.0%
-
Perbaikan - Memperbaiki mesin atau sistem dengan menggunakan peralatan yang diperlukan.
22.0%
-
Sains - Menggunakan kaidah dan metode ilmiah untuk memecahkan masalah.
22.0%
-
Perancangan Teknologi - Membuat atau menyesuaikan peralatan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
19.0%
-
Analisis Operasional - Menganalisis kebutuhan dan persyaratan produk untuk membuat sebuah desain.
16.0%
-
Pemrograman - Menulis program komputer untuk berbagai keperluan.
16.0%
-
Administrasi dan Manajemen - Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen yang terlibat dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, serta koordinasi orang dan sumber daya.
76.0%
-
Layanan Pelanggan dan Pribadi - Pengetahuan tentang prinsip dan proses dalam memberikan layanan pelanggan dan layanan pribadi. Ini mencakup penilaian kebutuhan pelanggan, pemenuhan standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
71.0%
-
Pendidikan dan Pelatihan - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk desain kurikulum dan pelatihan, pengajaran dan instruksi untuk individu maupun kelompok, serta pengukuran hasil pelatihan.
69.0%
-
Personalia dan Sumber Daya Manusia - Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam rekrutmen tenaga kerja, seleksi, pelatihan, kompensasi dan tunjangan, hubungan dan negosiasi ketenagakerjaan, serta sistem informasi personalia.
68.0%
-
Keamanan dan Keselamatan Publik - Pengetahuan mengenai peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi keamanan tingkat lokal, negara bagian, maupun nasional demi melindungi manusia, data, properti, dan institusi.
67.0%
-
Komputer dan Elektronika - Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, serta perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.
64.0%
-
Hukum dan Pemerintahan - Pengetahuan tentang undang-undang, kode hukum, prosedur pengadilan, preseden, peraturan pemerintah, keputusan eksekutif, aturan lembaga, serta proses politik demokratis.
64.0%
-
Bahasa Inggris - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa Inggris termasuk arti dan ejaan kata-kata, serta aturan penulisan dan tata bahasa.
62.0%
-
Transportasi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode pemindahan orang atau barang melalui udara, rel, laut, atau darat, termasuk pertimbangan biaya dan manfaatnya.
60.0%
-
Administratif - Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administrasi perkantoran, seperti pengolahan kata, pengelolaan berkas dan catatan, stenografi dan transkripsi, perancangan formulir, serta terminologi tempat kerja.
56.0%
-
Mekanika - Pengetahuan tentang mesin dan alat, termasuk rancangan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaannya.
56.0%
-
Komunikasi dan Media - Pengetahuan tentang produksi media, teknik serta metode komunikasi dan penyebaran informasi. Hal ini mencakup berbagai cara alternatif untuk memberikan informasi dan hiburan melalui media tulis, lisan, maupun visual.
56.0%
-
Geografi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menggambarkan karakteristik daratan, lautan, dan lapisan udara, termasuk ciri fisik, lokasi, keterkaitan, serta distribusi kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia.
54.0%
-
Matematika - Pengetahuan tentang aritmetika, aljabar, geometri, kalkulus, statistika, serta penerapannya.
49.0%
-
Biologi - Pengetahuan tentang organisme tumbuhan dan hewan, jaringan, sel, fungsi, saling ketergantungan, dan interaksi mereka satu sama lain serta dengan lingkungan.
46.0%
-
Fisika - Pengetahuan dan prediksi mengenai prinsip-prinsip fisika, hukum-hukum, keterkaitannya, serta penerapannya untuk memahami dinamika fluida, material, dan atmosfer, serta struktur dan proses mekanis, elektris, atom, dan sub-atom.
43.0%
-
Telekomunikasi - Pengetahuan tentang transmisi, penyiaran, pengalihan, pengendalian, dan pengoperasian sistem telekomunikasi.
42.0%
-
Psikologi - Pengetahuan tentang perilaku dan kinerja manusia; perbedaan individu dalam kemampuan, kepribadian, dan minat; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan gangguan perilaku dan emosional.
40.0%
-
Rekayasa dan Teknologi - Pengetahuan tentang penerapan praktis ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini mencakup penerapan prinsip, teknik, prosedur, serta peralatan dalam perancangan dan produksi berbagai barang serta layanan.
38.0%
-
Ekonomi dan Akuntansi - Pengetahuan tentang prinsip dan praktik ekonomi serta akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisis dan pelaporan data keuangan.
37.0%
-
Kimia - Pengetahuan tentang komposisi kimia, struktur, dan sifat-sifat suatu zat serta proses dan transformasi kimia yang dialaminya. Hal ini mencakup penggunaan bahan kimia dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi, serta metode pembuangan.
35.0%
-
Desain - Pengetahuan tentang teknik, alat, dan prinsip desain yang terlibat dalam pembuatan rencana teknis presisi, cetak biru, gambar, dan model.
34.0%
-
Konstruksi dan Bangunan - Pengetahuan tentang material, metode, serta alat yang digunakan dalam pembangunan atau perbaikan rumah, gedung, atau struktur lain seperti jalan raya dan jalan.
33.0%
-
Sosiologi dan Antropologi - Pengetahuan tentang perilaku dan dinamika kelompok, tren serta pengaruh sosial, migrasi manusia, etnisitas, kebudayaan, serta sejarah dan asal-usulnya.
33.0%
-
Sejarah dan Arkeologi - Pengetahuan tentang peristiwa sejarah beserta penyebab, indikator, dan dampaknya terhadap peradaban dan kebudayaan.
32.0%
-
Produksi dan Pemrosesan - Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, pengendalian kualitas, biaya, serta teknik lainnya untuk memaksimalkan efektivitas produksi dan distribusi barang.
31.0%
-
Terapi dan Konseling - Pengetahuan tentang prinsip, metode, dan prosedur untuk diagnosis, pengobatan, serta rehabilitasi gangguan fisik dan mental, serta untuk konseling dan bimbingan karier.
31.0%
-
Pengobatan dan Kedokteran gigi - Pengetahuan mengenai informasi dan teknik yang diperlukan untuk mendiagnosis dan menangani cedera, penyakit, serta kelainan pada manusia. Cakupan pengetahuan ini meliputi gejala-gejala, alternatif pengobatan, sifat dan interaksi obat, serta upaya pencegahan dalam perawatan kesehatan.
27.0%
-
Penjualan dan Pemasaran - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menampilkan, mempromosikan, serta menjual produk atau layanan. Hal ini mencakup strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, serta sistem pengendalian penjualan.
21.0%
-
Seni Rupa - Pengetahuan tentang teori dan teknik yang diperlukan untuk menggubah, memproduksi, dan menampilkan karya musik, tari, seni visual, drama, serta patung.
2.0%
-
Bahasa Asing - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa asing (non-Inggris), termasuk makna dan ejaan kata, kaidah penulisan dan tata bahasa, serta pelafalan.
17.0%
-
Filsafat dan Teologi - Pengetahuan tentang berbagai sistem filsafat dan agama, termasuk prinsip dasar, nilai, etika, cara berpikir, adat, praktik, serta pengaruhnya terhadap kebudayaan manusia.
12.0%
-
Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara lisan agar dapat dipahami oleh orang lain.
75.0%
-
Kepekaan terhadap Masalah - Kemampuan untuk mengenali saat sesuatu tidak beres atau berpotensi menjadi masalah. Hal ini tidak mencakup pemecahan masalah, melainkan hanya kesadaran akan adanya masalah.
75.0%
-
Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi serta gagasan yang disampaikan melalui kata-kata dan kalimat lisan.
72.0%
-
Penglihatan Dekat - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak dekat (dalam beberapa kaki dari pengamat).
66.0%
-
Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan aturan umum pada permasalahan khusus guna menghasilkan jawaban yang logis.
66.0%
-
Penalaran Induktif - Kemampuan untuk menggabungkan berbagai potongan informasi guna membentuk aturan atau kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara peristiwa yang tampaknya tidak terkait).
63.0%
-
Penglihatan Jauh - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak jauh.
63.0%
-
Fleksibilitas Penutupan - Kemampuan untuk mengidentifikasi atau mendeteksi suatu pola yang sudah dikenal (gambar, objek, kata, atau suara) yang tersembunyi di antara materi pengalih perhatian lainnya.
63.0%
-
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi serta gagasan yang disajikan dalam bentuk tulisan.
63.0%
-
Kejelasan Ucapan - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas agar dapat dipahami oleh orang lain.
60.0%
-
Kecepatan Persepsi - Kemampuan untuk dengan cepat dan akurat membandingkan kesamaan serta perbedaan di antara kumpulan huruf, angka, objek, gambar, atau pola. Hal yang dibandingkan dapat ditampilkan secara bersamaan atau bergantian, termasuk membandingkan objek yang terlihat dengan objek yang diingat.
56.0%
-
Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara tertulis agar dapat dipahami oleh orang lain.
56.0%
-
Pengurutan Informasi - Kemampuan untuk menyusun benda atau tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan suatu aturan atau seperangkat aturan (misalnya pola angka, huruf, kata, gambar, atau operasi matematika).
53.0%
-
Pengenalan Ucapan - Kemampuan untuk mengenali dan memahami ucapan orang lain.
53.0%
-
Kecepatan Penutupan - Kemampuan untuk dengan cepat memahami, menggabungkan, dan mengorganisasi informasi menjadi pola yang bermakna.
53.0%
-
Fleksibilitas Kategori - Kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan berbagai aturan dalam mengombinasikan atau mengelompokkan sesuatu dengan cara yang berbeda-beda.
50.0%
-
Persepsi Kedalaman - Kemampuan untuk menilai objek mana yang lebih dekat atau lebih jauh dari diri Anda, atau memperkirakan jarak antara diri Anda dengan suatu objek.
50.0%
-
Koordinasi Multianggota Tubuh - Kemampuan untuk mengoordinasikan dua atau lebih anggota tubuh (misalnya, kedua lengan, kedua kaki, atau satu kaki dan satu lengan) saat duduk, berdiri, atau berbaring. Kemampuan ini tidak melibatkan aktivitas ketika seluruh tubuh bergerak.
50.0%
-
Orisinalitas - Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa atau cerdas mengenai suatu topik atau situasi, atau mengembangkan cara kreatif untuk memecahkan masalah.
50.0%
-
Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada suatu tugas dalam jangka waktu tertentu tanpa mudah teralihkan.
50.0%
-
Kefasihan Ide - Kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan tentang suatu topik (yang dinilai adalah jumlah ide, bukan kualitas, ketepatan, atau kreativitasnya).
47.0%
-
Kestabilan Lengan-Tangan - Kemampuan untuk menjaga kestabilan tangan dan lengan saat menggerakkannya atau ketika menahannya dalam satu posisi.
44.0%
-
Presisi Kendali - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali menyesuaikan kendali mesin atau kendaraan ke posisi yang tepat.
44.0%
-
Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan atau ketika bagian-bagiannya digeser maupun disusun ulang.
44.0%
-
Kemahiran Angka - Kemampuan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dengan cepat dan tepat.
41.0%
-
Berbagi Waktu - Kemampuan untuk berganti-ganti secara cepat antara dua atau lebih aktivitas atau sumber informasi (seperti ucapan, suara, sentuhan, atau sumber lainnya).
41.0%
-
Kekuatan Batang Tubuh - Kemampuan untuk menggunakan otot perut dan punggung bawah guna menopang bagian tubuh secara berulang atau terus-menerus tanpa melemah atau mudah lelah.
41.0%
-
Diskriminasi Warna Visual - Kemampuan untuk mencocokkan atau mendeteksi perbedaan antara warna, termasuk corak dan tingkat kecerahannya.
41.0%
-
Kelincahan Manual - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan tangan, tangan bersama lengan, atau kedua tangan untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek.
38.0%
-
Kelincahan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan jari yang terkoordinasi dengan tepat, baik dengan satu maupun kedua tangan, untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek yang sangat kecil.
38.0%
-
Fleksibilitas Rentang - Kemampuan untuk membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
35.0%
-
Penalaran Matematis - Kemampuan untuk memilih metode atau rumus matematika yang tepat guna memecahkan suatu masalah.
35.0%
-
Orientasi Spasial - Kemampuan untuk mengetahui posisi diri sendiri terhadap lingkungan atau mengetahui letak objek lain terhadap diri Anda.
35.0%
-
Stamina - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga fisik dalam jangka waktu lama tanpa mudah lelah atau kehabisan napas.
35.0%
-
Perhatian Auditori - Kemampuan untuk memusatkan fokus pada satu sumber suara meskipun terdapat suara-suara lain yang mengganggu.
31.0%
-
Menghafal - Kemampuan untuk mengingat informasi seperti kata, angka, gambar, dan prosedur.
31.0%
-
Orientasi Respons - Kemampuan untuk dengan cepat memilih antara dua atau lebih gerakan sebagai tanggapan terhadap dua atau lebih sinyal berbeda (cahaya, suara, gambar). Hal ini mencakup kecepatan dalam memulai respons yang tepat menggunakan tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya.
31.0%
-
Kekuatan Statis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot maksimal guna mengangkat, mendorong, menarik, atau membawa objek.
31.0%
-
Kekuatan Dinamis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot secara berulang atau terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Hal ini mencakup daya tahan otot dan ketahanan terhadap kelelahan otot.
28.0%
-
Kepekaan terhadap Silau - Kemampuan untuk melihat objek dalam kondisi adanya cahaya silau atau pencahayaan yang sangat terang.
28.0%
-
Keseimbangan Tubuh Kasar - Kemampuan untuk menjaga atau mengembalikan keseimbangan tubuh serta tetap tegak saat berada dalam posisi yang tidak stabil.
28.0%
-
Kepekaan Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau membedakan perbedaan antara suara yang bervariasi dalam nada dan keras-lembutnya.
28.0%
-
Penglihatan Perifer - Kemampuan untuk melihat objek atau pergerakan objek di sisi samping saat mata sedang melihat ke depan.
28.0%
-
Waktu Reaksi - Kemampuan untuk merespons dengan cepat (menggunakan tangan, jari, atau kaki) terhadap suatu sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyal tersebut muncul.
28.0%
-
Koordinasi Tubuh Kasar - Kemampuan untuk mengoordinasikan gerakan lengan, kaki, dan batang tubuh secara bersamaan ketika seluruh tubuh sedang bergerak.
25.0%
-
Pengendalian Laju - Kemampuan untuk mengatur waktu gerakan diri sendiri atau peralatan dengan mengantisipasi perubahan kecepatan dan/atau arah dari suatu objek atau adegan yang bergerak.
25.0%
-
Penglihatan Malam - Kemampuan untuk melihat dalam kondisi cahaya redup atau minim pencahayaan.
22.0%
-
Lokalisasi Suara - Kemampuan untuk menentukan arah dari mana suatu suara berasal.
22.0%
-
Kecepatan Gerak Anggota Tubuh - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan lengan dan kaki.
22.0%
-
Kecepatan Pergelangan dan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan cepat, sederhana, dan berulang dengan jari, tangan, serta pergelangan tangan.
22.0%
-
Kekuatan Ledakan - Kemampuan untuk menggunakan tenaga otot secara singkat dan kuat untuk mendorong tubuh (seperti saat melompat atau berlari cepat), atau untuk melempar suatu objek.
16.0%
-
Fleksibilitas Dinamis - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
10.0%
-
Realistis - Pekerjaan yang melibatkan perancangan, pembangunan, atau perbaikan peralatan, material, atau struktur, melakukan aktivitas fisik, atau bekerja di luar ruangan. Pekerjaan tipe Realistic sering terkait dengan bidang teknik, mekanik dan elektronik, konstruksi, pertukangan, transportasi, pengoperasian mesin, pertanian, pelayanan hewan, pekerjaan fisik atau manual, atletik, atau layanan perlindungan.
87.0%
-
Conventional - Pekerjaan yang melibatkan kepatuhan terhadap prosedur dan peraturan untuk mengatur informasi atau data, umumnya dalam lingkungan bisnis. Pekerjaan dengan tipe Conventional sering dikaitkan dengan pekerjaan kantor, akuntansi, matematika/statistika, teknologi informasi, keuangan, atau sumber daya manusia.
59.0%
-
Investigatif - Pekerjaan yang melibatkan studi dan penelitian terhadap objek tak hidup, organisme hidup, penyakit atau bentuk gangguan lain, maupun perilaku manusia. Pekerjaan dengan tipe Investigative sering terkait dengan ilmu fisika, biologi, kedokteran, atau ilmu sosial, dan juga dapat ditemukan di bidang humaniora, matematika/statistika, teknologi informasi, atau layanan kesehatan.
45.0%
-
Enterprising - Pekerjaan yang melibatkan pengelolaan, negosiasi, pemasaran, atau penjualan, umumnya dalam lingkungan bisnis, atau memimpin serta memberi nasihat kepada orang lain dalam situasi politik dan hukum. Pekerjaan dengan tipe Enterprising sering dikaitkan dengan inisiatif bisnis, penjualan, pemasaran/periklanan, keuangan, manajemen/administrasi, konsultasi profesional, berbicara di depan umum, politik, atau hukum.
40.0%
-
Sosial - Pekerjaan yang melibatkan membantu, mengajar, memberi saran, mendampingi, atau memberikan layanan kepada orang lain. Pekerjaan dengan tipe Social sering dikaitkan dengan bidang sosial, pelayanan kesehatan, jasa personal, pendidikan, atau kegiatan keagamaan.
39.0%
-
Artistik - Pekerjaan yang melibatkan penciptaan karya visual, pertunjukan, tulisan, makanan, atau musik yang orisinal untuk berbagai media, atau penerapan prinsip artistik dalam desain berbagai objek dan material. Pekerjaan tipe Artistic sering terkait dengan seni visual, seni terapan dan desain, seni pertunjukan, musik, penulisan kreatif, media, atau seni kuliner.
3.0%
-
Prestasi - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini berorientasi pada hasil dan memungkinkan karyawan menggunakan kemampuan terbaik mereka, memberikan rasa pencapaian. Kebutuhan yang terkait meliputi Pemanfaatan Kemampuan dan Prestasi.
72.0%
-
Independensi - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini memungkinkan karyawan untuk bekerja secara mandiri dan membuat keputusan sendiri. Kebutuhan yang terkait meliputi Kreativitas, Tanggung Jawab, dan Otonomi.
67.0%
-
Hubungan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini memungkinkan karyawan memberikan pelayanan kepada orang lain dan bekerja sama dengan rekan kerja dalam lingkungan yang ramah dan tidak kompetitif. Kebutuhan yang terkait meliputi Rekan Kerja, Nilai Moral, dan Pelayanan Sosial.
67.0%
-
Pengakuan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan peluang kemajuan, potensi kepemimpinan, dan sering dianggap prestisius. Kebutuhan yang terkait meliputi Kemajuan, Wewenang, Pengakuan, dan Status Sosial.
56.0%
-
Dukungan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan manajemen yang mendukung dan selalu berada di belakang karyawan. Kebutuhan yang terkait meliputi Kebijakan Perusahaan, Pengawasan: Hubungan Manusia, dan Pengawasan: Teknis.
56.0%
-
Kondisi Kerja - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan keamanan kerja dan kondisi kerja yang baik. Kebutuhan yang terkait meliputi Aktivitas, Kompensasi, Kemandirian, Keamanan, Keragaman, dan Kondisi Kerja.
50.0%
-
Keandalan - Pekerjaan ini menuntut bersikap dapat diandalkan, bertanggung jawab, dan memenuhi kewajiban.
87.0%
-
Toleransi terhadap Stres - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menerima kritik serta menghadapi situasi penuh tekanan dengan tenang dan efektif.
87.0%
-
Kepemimpinan - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk memimpin, mengambil kendali, serta memberikan pendapat dan arahan.
86.0%
-
Integritas - Pekerjaan ini menuntut bersikap jujur dan etis.
85.0%
-
Pengendalian Diri - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap tenang, mengendalikan emosi, menahan amarah, dan menghindari perilaku agresif, bahkan dalam situasi yang sangat sulit.
84.0%
-
Kemandirian - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk mengembangkan cara kerja sendiri, mengarahkan diri dengan sedikit atau tanpa pengawasan, serta mengandalkan diri sendiri untuk menyelesaikan tugas.
83.0%
-
Kerjasama - Pekerjaan ini menuntut bersikap ramah terhadap rekan kerja dan menunjukkan sikap kooperatif yang baik.
81.0%
-
Kemampuan Beradaptasi/Fleksibilitas - Pekerjaan ini menuntut kesiapan untuk menerima perubahan (positif maupun negatif) dan menghadapi berbagai variasi dalam lingkungan kerja.
80.0%
-
Inisiatif - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk mengambil tanggung jawab dan menghadapi tantangan.
80.0%
-
Ketekunan - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap gigih menghadapi berbagai hambatan.
79.0%
-
Perhatian terhadap Detail - Pekerjaan ini menuntut ketelitian dan kesungguhan dalam menyelesaikan setiap tugas kerja.
74.0%
-
Perhatian terhadap Orang Lain - Pekerjaan ini menuntut kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain serta sikap pengertian dan membantu di tempat kerja.
72.0%
-
Prestasi/Usaha - Pekerjaan ini menuntut menetapkan dan mempertahankan tujuan prestasi yang menantang secara pribadi serta mengerahkan usaha untuk menguasai tugas.
69.0%
-
Berpikir Analitis - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menganalisis informasi dan menggunakan logika untuk menangani masalah serta isu terkait pekerjaan.
69.0%
-
Inovasi - Pekerjaan ini menuntut kreativitas dan pemikiran alternatif untuk mengembangkan ide-ide baru serta menemukan solusi atas masalah yang terkait dengan pekerjaan.
67.0%
-
Orientasi Sosial - Pekerjaan ini menuntut preferensi untuk bekerja dengan orang lain daripada sendirian, serta membangun hubungan pribadi dengan rekan kerja.
64.0%