Manajer Pelatihan dan Pengembangan
Rencanakan, arahkan, atau koordinasikan kegiatan pelatihan dan pengembangan serta staf dalam suatu organisasi.
Contoh jabatan yang dilaporkan: Manajer Pendidikan dan Pengembangan, Direktur L&D (Learning and Development Director), Manajer Pembelajaran, Manajer Pengembangan Organisasi (OD Manager), Direktur Pengembangan Staf, Manajer Pelatihan dan Pengembangan Staf, Koordinator Pelatihan dan Pengembangan (T&D Coordinator), Direktur Pelatihan dan Pengembangan (T&D Director), Direktur Pelatihan, Manajer Pelatihan.
-
Analisis kebutuhan pelatihan untuk mengembangkan program pelatihan baru atau memodifikasi serta meningkatkan program yang sudah ada.
core 90.0%
-
Evaluasi kinerja instruktur dan efektivitas program pelatihan, serta berikan rekomendasi untuk perbaikan.
core 84.0%
-
Rencanakan, kembangkan, dan selenggarakan program pelatihan dan pengembangan staf, dengan menggunakan pengetahuan tentang efektivitas metode seperti pelatihan di kelas, demonstrasi, pelatihan di tempat kerja, rapat, konferensi, dan lokakarya.
core 84.0%
-
Berdiskusi dengan manajemen dan lakukan survei untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan berdasarkan proyeksi proses produksi, perubahan, dan faktor lainnya.
core 82.0%
-
Laksanakan sesi orientasi dan atur pelatihan di tempat kerja bagi karyawan baru.
core 80.0%
-
Latih instruktur dan supervisor dalam teknik dan keterampilan untuk melatih serta berinteraksi dengan karyawan.
core 79.0%
-
Kembangkan dan susun manual pelatihan, alat bantu visual multimedia, dan materi edukasi lainnya.
core 77.0%
-
Siapkan anggaran pelatihan untuk departemen atau organisasi.
core 75.0%
-
Kembangkan prosedur pengujian dan evaluasi.
core 70.0%
-
Laksanakan atau atur kelas pelatihan teknis berkelanjutan dan pengembangan pribadi bagi anggota staf.
core 66.0%
-
Tinjau dan evaluasi program pelatihan dan magang untuk memastikan kepatuhan terhadap standar pemerintah.
core 57.0%
-
Koordinasikan kursus yang sudah ada dengan kursus teknis dan profesional yang disediakan oleh sekolah komunitas, serta tetapkan prosedur pelatihan.
supplemental 45.0%
-
Melatih dan Mengajar Orang Lain - Mengidentifikasi kebutuhan pendidikan orang lain, menyusun program atau kelas pelatihan formal, serta memberikan pengajaran atau instruksi.
98.0%
-
Berkomunikasi dengan Atasan, Rekan, atau Bawahan - Menyampaikan informasi kepada atasan, rekan kerja, dan bawahan melalui telepon, tulisan, e-mail, atau secara langsung.
95.0%
-
Mengumpulkan Informasi - Mengamati, menerima, dan memperoleh informasi dari semua sumber yang relevan.
93.0%
-
Bekerja dengan Komputer - Menggunakan komputer dan sistem komputer (termasuk perangkat keras dan perangkat lunak) untuk melakukan pemrograman, menulis perangkat lunak, mengatur fungsi, memasukkan data, atau mengolah informasi.
93.0%
-
Melatih dan Mengembangkan Orang Lain - Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan orang lain serta memberikan pelatihan, pendampingan, atau bantuan untuk meningkatkan pengetahuan maupun keterampilannya.
92.0%
-
Membangun dan Memelihara Hubungan Interpersonal - Mengembangkan hubungan kerja yang konstruktif dan kooperatif dengan orang lain, serta menjaganya secara berkelanjutan.
90.0%
-
Membuat Keputusan dan Memecahkan Masalah - Menganalisis informasi serta mengevaluasi hasil untuk memilih solusi terbaik dan menyelesaikan permasalahan.
87.0%
-
Mengembangkan dan Membangun Tim - Mendorong serta menumbuhkan rasa saling percaya, menghargai, dan bekerja sama di antara anggota tim.
87.0%
-
Mengorganisasi, Merencanakan, dan Memprioritaskan Pekerjaan - Menyusun tujuan dan rencana yang spesifik untuk memprioritaskan, mengatur, serta menyelesaikan pekerjaan.
83.0%
-
Memperbarui dan Menggunakan Pengetahuan yang Relevan - Selalu mengikuti perkembangan terbaru secara teknis dan menerapkan pengetahuan baru dalam pekerjaan.
83.0%
-
Membimbing, Mengarahkan, dan Memotivasi Bawahan - Memberikan arahan dan tuntunan kepada bawahan, termasuk menetapkan standar kinerja serta memantau pencapaiannya.
82.0%
-
Mengembangkan Tujuan dan Strategi - Menetapkan tujuan jangka panjang serta merumuskan strategi dan langkah-langkah untuk mencapainya.
81.0%
-
Berpikir Kreatif - Mengembangkan, merancang, atau menciptakan aplikasi, ide, hubungan, sistem, atau produk baru, termasuk kontribusi dalam bidang seni.
80.0%
-
Mengendalikan Mesin dan Proses - Menggunakan mekanisme kontrol atau aktivitas fisik langsung untuk mengoperasikan mesin atau proses (tidak termasuk komputer atau kendaraan).
8.0%
-
Menafsirkan Makna Informasi bagi Orang Lain - Menerjemahkan atau menjelaskan arti suatu informasi serta bagaimana informasi tersebut dapat digunakan.
79.0%
-
Memberikan Konsultasi dan Nasihat kepada Orang Lain - Menyampaikan arahan dan saran ahli kepada manajemen atau kelompok lain mengenai topik yang berkaitan dengan teknis, sistem, atau proses.
78.0%
-
Mengkoordinasikan Pekerjaan dan Aktivitas Orang Lain - Mengarahkan anggota kelompok untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
77.0%
-
Mendokumentasikan/Mencatat Informasi - Memasukkan, menyalin, merekam, menyimpan, atau memelihara informasi dalam bentuk tertulis maupun elektronik/magnetik.
76.0%
-
Mengolah Informasi - Mengompilasi, mengodekan, mengategorikan, menghitung, menabulasikan, mengaudit, atau memverifikasi informasi maupun data.
75.0%
-
Menjadwalkan Pekerjaan dan Aktivitas - Menyusun jadwal acara, program, dan kegiatan, serta mengatur jadwal pekerjaan orang lain.
74.0%
-
Menganalisis Data atau Informasi - Mengidentifikasi prinsip, alasan, atau fakta yang mendasarinya dengan memecah informasi atau data ke dalam bagian-bagian terpisah.
72.0%
-
Mengidentifikasi Objek, Tindakan, dan Peristiwa - Menentukan informasi dengan cara mengategorikan, memperkirakan, mengenali perbedaan atau kesamaan, serta mendeteksi perubahan dalam situasi atau peristiwa.
67.0%
-
Mengevaluasi Informasi untuk Menentukan Kepatuhan terhadap Standar - Menggunakan informasi yang relevan serta pertimbangan pribadi untuk menilai apakah suatu peristiwa atau proses telah sesuai dengan hukum, peraturan, atau standar yang berlaku.
66.0%
-
Menilai Kualitas Objek, Layanan, atau Orang - Mengevaluasi nilai, pentingnya, atau mutu dari suatu hal maupun individu.
64.0%
-
Memantau Proses, Material, atau Lingkungan - Mengawasi dan meninjau informasi dari material, peristiwa, atau lingkungan untuk mendeteksi atau menilai adanya masalah.
64.0%
-
Menyelesaikan Konflik dan Bernegosiasi dengan Orang Lain - Menangani keluhan, menyelesaikan perselisihan, dan meredakan perbedaan atau konflik, serta melakukan negosiasi dengan pihak lain.
64.0%
-
Menjual atau Mempengaruhi Orang Lain - Meyakinkan orang lain untuk membeli barang atau produk, atau mengubah pandangan maupun tindakannya.
63.0%
-
Mengestimasi Karakteristik Kuantitatif Produk, Peristiwa, atau Informasi - Memperkirakan ukuran, jarak, dan jumlah; atau menentukan waktu, biaya, sumber daya, maupun material yang diperlukan untuk melaksanakan suatu kegiatan kerja.
60.0%
-
Berkomunikasi dengan Pihak di Luar Organisasi - Melakukan komunikasi dengan pihak luar organisasi serta mewakili organisasi kepada pelanggan, masyarakat, pemerintah, dan sumber eksternal lainnya. Informasi ini dapat disampaikan secara langsung, tertulis, melalui telepon, atau e-mail.
56.0%
-
Memantau dan Mengendalikan Sumber Daya - Mengawasi serta mengendalikan penggunaan sumber daya dan pengeluaran dana.
55.0%
-
Melaksanakan Kegiatan Administratif - Menjalankan tugas administratif sehari-hari seperti mengelola arsip informasi dan memproses dokumen.
54.0%
-
Mengelola Personalia dalam Unit Organisasi - Merekrut, mewawancarai, menyeleksi, mempekerjakan, serta mempromosikan karyawan dalam suatu organisasi.
54.0%
-
Mengoperasikan Kendaraan, Perangkat Mekanis, atau Peralatan - Menjalankan, mengendalikan, menavigasi, atau mengemudikan kendaraan maupun peralatan mekanis, seperti forklift, kendaraan penumpang, pesawat terbang, atau kapal.
5.0%
-
Memperbaiki dan Memelihara Peralatan Elektronik - Melakukan servis, perbaikan, kalibrasi, pengaturan, penyetelan, atau pengujian terhadap mesin, perangkat, dan peralatan yang terutama beroperasi berdasarkan prinsip listrik atau elektronik (bukan mekanis).
5.0%
-
Membantu dan Merawat Orang Lain - Memberikan bantuan pribadi, perhatian medis, dukungan emosional, atau perawatan personal lainnya kepada orang lain seperti rekan kerja, pelanggan, atau pasien.
42.0%
-
Memeriksa Peralatan, Struktur, atau Material - Melakukan inspeksi terhadap peralatan, struktur, atau material untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan, masalah, atau cacat.
23.0%
-
Melakukan Aktivitas Fisik Umum - Melaksanakan berbagai aktivitas fisik yang memerlukan penggunaan intensif tangan dan kaki serta pergerakan seluruh tubuh, seperti memanjat, mengangkat, menjaga keseimbangan, berjalan, membungkuk, dan menangani material.
21.0%
-
Memperbaiki dan Memelihara Peralatan Mekanis - Melakukan servis, perbaikan, penyesuaian, dan pengujian terhadap mesin, perangkat, bagian yang bergerak, serta peralatan yang terutama beroperasi berdasarkan prinsip mekanis (bukan elektronik).
2.0%
-
Menyusun, Merancang, dan Menentukan Perangkat, Bagian, serta Peralatan Teknis - Menyediakan dokumentasi, instruksi terperinci, gambar, atau spesifikasi untuk menjelaskan kepada orang lain bagaimana perangkat, bagian, peralatan, atau struktur harus dibuat, dibangun, dirakit, dimodifikasi, dipelihara, atau digunakan.
17.0%
-
Menangani dan Memindahkan Objek - Menggunakan tangan dan lengan untuk menangani, memasang, menempatkan, serta memindahkan material, dan memanipulasi benda.
15.0%
-
Tampil di Hadapan atau Bekerja Langsung dengan Publik - Melakukan pertunjukan bagi masyarakat atau berinteraksi langsung dengan publik, termasuk melayani pelanggan di restoran dan toko, serta menerima klien atau tamu.
13.0%
- Melakukan survei opini atau asesmen kebutuhan.
- Menyelenggarakan program pelatihan karyawan.
- Evaluasi program pelatihan, instruktur, atau materi.
- Mengevaluasi kinerja karyawan.
- Mengevaluasi efektivitas program.
- Mengelola aktivitas sumber daya manusia.
- Bermusyawarah dengan anggota organisasi untuk menyelesaikan aktivitas kerja.
- Kembangkan materi pelatihan.
- Siapkan grafik atau representasi visual informasi lainnya.
- Menyusun anggaran operasional.
- Mengembangkan prosedur untuk mengevaluasi kegiatan organisasi.
- Menentukan kepatuhan operasional terhadap peraturan atau standar.
- Mengoordinasikan acara atau program khusus.
-
Strategi Pembelajaran - Memilih dan menggunakan metode serta prosedur pelatihan atau pengajaran yang sesuai dengan situasi ketika mempelajari atau mengajarkan hal baru.
81.0%
-
Mendengarkan Aktif - Memberikan perhatian penuh pada apa yang dikatakan orang lain, meluangkan waktu untuk memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan yang relevan, serta tidak menyela pada waktu yang tidak tepat.
75.0%
-
Memberi Instruksi - Mengajarkan kepada orang lain bagaimana melakukan sesuatu.
75.0%
-
Pemahaman Bacaan - Memahami kalimat dan paragraf tertulis dalam dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan.
75.0%
-
Berbicara - Berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif.
75.0%
-
Koordinasi - Menyesuaikan tindakan dengan tindakan orang lain.
72.0%
-
Pemantauan - Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, atau organisasi untuk melakukan perbaikan atau mengambil tindakan korektif.
72.0%
-
Kepekaan Sosial - Menyadari reaksi orang lain dan memahami alasan di balik reaksi tersebut.
72.0%
-
Menulis - Berkomunikasi secara efektif melalui tulisan sesuai dengan kebutuhan audiens.
72.0%
-
Pembelajaran Aktif - Memahami implikasi dari informasi baru baik untuk pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan saat ini dan di masa depan.
69.0%
-
Berpikir Kritis - Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari berbagai alternatif solusi, kesimpulan, atau pendekatan terhadap permasalahan.
69.0%
-
Pemecahan Masalah yang Kompleks - Mengidentifikasi permasalahan yang rumit serta meninjau informasi terkait untuk mengembangkan dan mengevaluasi berbagai opsi, kemudian melaksanakan solusi yang tepat.
66.0%
-
Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan - Mempertimbangkan biaya dan manfaat relatif dari berbagai tindakan yang mungkin dilakukan untuk memilih yang paling tepat.
66.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Keuangan - Menentukan bagaimana uang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan serta mempertanggungjawabkan pengeluarannya.
66.0%
-
Persuasi - Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran atau perilakunya.
66.0%
-
Orientasi Pelayanan - Secara aktif mencari cara untuk membantu orang lain.
66.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Manusia - Memotivasi, mengembangkan, dan mengarahkan orang dalam bekerja, serta mengidentifikasi individu terbaik untuk suatu pekerjaan.
63.0%
-
Manajemen Waktu - Mengelola waktu diri sendiri dan waktu orang lain.
63.0%
-
Evaluasi Sistem - Mengidentifikasi ukuran atau indikator kinerja sistem serta tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerja sesuai dengan tujuan sistem.
56.0%
-
Analisis Sistem - Menentukan bagaimana suatu sistem seharusnya berfungsi serta bagaimana perubahan dalam kondisi, operasional, dan lingkungan akan memengaruhi hasilnya.
53.0%
-
Negosiasi - Mempertemukan pihak-pihak yang berbeda dan berupaya menyelaraskan perbedaan.
50.0%
-
Analisis Operasional - Menganalisis kebutuhan dan persyaratan produk untuk membuat sebuah desain.
50.0%
-
Pengelolaan Sumber Daya Material - Memperoleh serta memastikan penggunaan yang tepat atas peralatan, fasilitas, dan material yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu.
47.0%
-
Matematika - Menggunakan matematika untuk memecahkan masalah.
47.0%
-
Analisis Pengendalian Kualitas - Melakukan pengujian dan inspeksi terhadap produk, layanan, atau proses untuk menilai mutu atau kinerjanya.
25.0%
-
Pemantauan Operasi - Mengawasi pengukur, dial, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik.
19.0%
-
Perancangan Teknologi - Membuat atau menyesuaikan peralatan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
19.0%
-
Pemrograman - Menulis program komputer untuk berbagai keperluan.
13.0%
-
Sains - Menggunakan kaidah dan metode ilmiah untuk memecahkan masalah.
13.0%
-
Pemeliharaan Peralatan - Melakukan perawatan rutin pada peralatan serta menentukan kapan dan jenis perawatan yang diperlukan.
0.0%
-
Pemilihan Peralatan - Menentukan jenis alat dan peralatan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
0.0%
-
Instalasi - Memasang peralatan, mesin, jaringan kabel, atau program sesuai dengan spesifikasi.
0.0%
-
Pengoperasian dan Pengendalian - Mengendalikan operasional peralatan atau sistem.
0.0%
-
Perbaikan - Memperbaiki mesin atau sistem dengan menggunakan peralatan yang diperlukan.
0.0%
-
Pemecahan Masalah Teknis - Menentukan penyebab kesalahan operasional dan memutuskan tindakan yang harus dilakukan.
0.0%
-
Pendidikan dan Pelatihan - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk desain kurikulum dan pelatihan, pengajaran dan instruksi untuk individu maupun kelompok, serta pengukuran hasil pelatihan.
98.0%
-
Bahasa Inggris - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa Inggris termasuk arti dan ejaan kata-kata, serta aturan penulisan dan tata bahasa.
84.0%
-
Administrasi dan Manajemen - Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen yang terlibat dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, serta koordinasi orang dan sumber daya.
79.0%
-
Personalia dan Sumber Daya Manusia - Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam rekrutmen tenaga kerja, seleksi, pelatihan, kompensasi dan tunjangan, hubungan dan negosiasi ketenagakerjaan, serta sistem informasi personalia.
74.0%
-
Layanan Pelanggan dan Pribadi - Pengetahuan tentang prinsip dan proses dalam memberikan layanan pelanggan dan layanan pribadi. Ini mencakup penilaian kebutuhan pelanggan, pemenuhan standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
72.0%
-
Seni Rupa - Pengetahuan tentang teori dan teknik yang diperlukan untuk menggubah, memproduksi, dan menampilkan karya musik, tari, seni visual, drama, serta patung.
7.0%
-
Bahasa Asing - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa asing (non-Inggris), termasuk makna dan ejaan kata, kaidah penulisan dan tata bahasa, serta pelafalan.
7.0%
-
Komunikasi dan Media - Pengetahuan tentang produksi media, teknik serta metode komunikasi dan penyebaran informasi. Hal ini mencakup berbagai cara alternatif untuk memberikan informasi dan hiburan melalui media tulis, lisan, maupun visual.
58.0%
-
Psikologi - Pengetahuan tentang perilaku dan kinerja manusia; perbedaan individu dalam kemampuan, kepribadian, dan minat; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan gangguan perilaku dan emosional.
57.0%
-
Komputer dan Elektronika - Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, serta perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.
55.0%
-
Geografi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menggambarkan karakteristik daratan, lautan, dan lapisan udara, termasuk ciri fisik, lokasi, keterkaitan, serta distribusi kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia.
5.0%
-
Administratif - Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administrasi perkantoran, seperti pengolahan kata, pengelolaan berkas dan catatan, stenografi dan transkripsi, perancangan formulir, serta terminologi tempat kerja.
49.0%
-
Desain - Pengetahuan tentang teknik, alat, dan prinsip desain yang terlibat dalam pembuatan rencana teknis presisi, cetak biru, gambar, dan model.
35.0%
-
Penjualan dan Pemasaran - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menampilkan, mempromosikan, serta menjual produk atau layanan. Hal ini mencakup strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, serta sistem pengendalian penjualan.
33.0%
-
Sosiologi dan Antropologi - Pengetahuan tentang perilaku dan dinamika kelompok, tren serta pengaruh sosial, migrasi manusia, etnisitas, kebudayaan, serta sejarah dan asal-usulnya.
31.0%
-
Matematika - Pengetahuan tentang aritmetika, aljabar, geometri, kalkulus, statistika, serta penerapannya.
30.0%
-
Sejarah dan Arkeologi - Pengetahuan tentang peristiwa sejarah beserta penyebab, indikator, dan dampaknya terhadap peradaban dan kebudayaan.
3.0%
-
Mekanika - Pengetahuan tentang mesin dan alat, termasuk rancangan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaannya.
3.0%
-
Pengobatan dan Kedokteran gigi - Pengetahuan mengenai informasi dan teknik yang diperlukan untuk mendiagnosis dan menangani cedera, penyakit, serta kelainan pada manusia. Cakupan pengetahuan ini meliputi gejala-gejala, alternatif pengobatan, sifat dan interaksi obat, serta upaya pencegahan dalam perawatan kesehatan.
3.0%
-
Transportasi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode pemindahan orang atau barang melalui udara, rel, laut, atau darat, termasuk pertimbangan biaya dan manfaatnya.
3.0%
-
Ekonomi dan Akuntansi - Pengetahuan tentang prinsip dan praktik ekonomi serta akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisis dan pelaporan data keuangan.
29.0%
-
Produksi dan Pemrosesan - Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, pengendalian kualitas, biaya, serta teknik lainnya untuk memaksimalkan efektivitas produksi dan distribusi barang.
24.0%
-
Hukum dan Pemerintahan - Pengetahuan tentang undang-undang, kode hukum, prosedur pengadilan, preseden, peraturan pemerintah, keputusan eksekutif, aturan lembaga, serta proses politik demokratis.
22.0%
-
Terapi dan Konseling - Pengetahuan tentang prinsip, metode, dan prosedur untuk diagnosis, pengobatan, serta rehabilitasi gangguan fisik dan mental, serta untuk konseling dan bimbingan karier.
22.0%
-
Telekomunikasi - Pengetahuan tentang transmisi, penyiaran, pengalihan, pengendalian, dan pengoperasian sistem telekomunikasi.
21.0%
-
Konstruksi dan Bangunan - Pengetahuan tentang material, metode, serta alat yang digunakan dalam pembangunan atau perbaikan rumah, gedung, atau struktur lain seperti jalan raya dan jalan.
2.0%
-
Keamanan dan Keselamatan Publik - Pengetahuan mengenai peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi keamanan tingkat lokal, negara bagian, maupun nasional demi melindungi manusia, data, properti, dan institusi.
13.0%
-
Rekayasa dan Teknologi - Pengetahuan tentang penerapan praktis ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini mencakup penerapan prinsip, teknik, prosedur, serta peralatan dalam perancangan dan produksi berbagai barang serta layanan.
11.0%
-
Filsafat dan Teologi - Pengetahuan tentang berbagai sistem filsafat dan agama, termasuk prinsip dasar, nilai, etika, cara berpikir, adat, praktik, serta pengaruhnya terhadap kebudayaan manusia.
10.0%
-
Fisika - Pengetahuan dan prediksi mengenai prinsip-prinsip fisika, hukum-hukum, keterkaitannya, serta penerapannya untuk memahami dinamika fluida, material, dan atmosfer, serta struktur dan proses mekanis, elektris, atom, dan sub-atom.
1.0%
-
Biologi - Pengetahuan tentang organisme tumbuhan dan hewan, jaringan, sel, fungsi, saling ketergantungan, dan interaksi mereka satu sama lain serta dengan lingkungan.
0.0%
-
Kimia - Pengetahuan tentang komposisi kimia, struktur, dan sifat-sifat suatu zat serta proses dan transformasi kimia yang dialaminya. Hal ini mencakup penggunaan bahan kimia dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi, serta metode pembuangan.
0.0%
-
Produksi Pangan - Pengetahuan tentang teknik dan peralatan untuk menanam, membudidayakan, serta memanen produk pangan (baik nabati maupun hewani) untuk konsumsi, termasuk teknik penyimpanan dan penanganannya.
0.0%
-
Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara lisan agar dapat dipahami oleh orang lain.
75.0%
-
Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan aturan umum pada permasalahan khusus guna menghasilkan jawaban yang logis.
72.0%
-
Kefasihan Ide - Kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan tentang suatu topik (yang dinilai adalah jumlah ide, bukan kualitas, ketepatan, atau kreativitasnya).
72.0%
-
Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi serta gagasan yang disampaikan melalui kata-kata dan kalimat lisan.
72.0%
-
Pengenalan Ucapan - Kemampuan untuk mengenali dan memahami ucapan orang lain.
72.0%
-
Kejelasan Ucapan - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas agar dapat dipahami oleh orang lain.
72.0%
-
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi serta gagasan yang disajikan dalam bentuk tulisan.
72.0%
-
Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara tertulis agar dapat dipahami oleh orang lain.
72.0%
-
Penalaran Induktif - Kemampuan untuk menggabungkan berbagai potongan informasi guna membentuk aturan atau kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara peristiwa yang tampaknya tidak terkait).
69.0%
-
Pengurutan Informasi - Kemampuan untuk menyusun benda atau tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan suatu aturan atau seperangkat aturan (misalnya pola angka, huruf, kata, gambar, atau operasi matematika).
69.0%
-
Penglihatan Dekat - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak dekat (dalam beberapa kaki dari pengamat).
69.0%
-
Orisinalitas - Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa atau cerdas mengenai suatu topik atau situasi, atau mengembangkan cara kreatif untuk memecahkan masalah.
69.0%
-
Kepekaan terhadap Masalah - Kemampuan untuk mengenali saat sesuatu tidak beres atau berpotensi menjadi masalah. Hal ini tidak mencakup pemecahan masalah, melainkan hanya kesadaran akan adanya masalah.
69.0%
-
Fleksibilitas Kategori - Kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan berbagai aturan dalam mengombinasikan atau mengelompokkan sesuatu dengan cara yang berbeda-beda.
66.0%
-
Presisi Kendali - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali menyesuaikan kendali mesin atau kendaraan ke posisi yang tepat.
6.0%
-
Penglihatan Jauh - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak jauh.
47.0%
-
Menghafal - Kemampuan untuk mengingat informasi seperti kata, angka, gambar, dan prosedur.
47.0%
-
Kecepatan Penutupan - Kemampuan untuk dengan cepat memahami, menggabungkan, dan mengorganisasi informasi menjadi pola yang bermakna.
47.0%
-
Fleksibilitas Penutupan - Kemampuan untuk mengidentifikasi atau mendeteksi suatu pola yang sudah dikenal (gambar, objek, kata, atau suara) yang tersembunyi di antara materi pengalih perhatian lainnya.
44.0%
-
Kecepatan Persepsi - Kemampuan untuk dengan cepat dan akurat membandingkan kesamaan serta perbedaan di antara kumpulan huruf, angka, objek, gambar, atau pola. Hal yang dibandingkan dapat ditampilkan secara bersamaan atau bergantian, termasuk membandingkan objek yang terlihat dengan objek yang diingat.
44.0%
-
Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada suatu tugas dalam jangka waktu tertentu tanpa mudah teralihkan.
44.0%
-
Penalaran Matematis - Kemampuan untuk memilih metode atau rumus matematika yang tepat guna memecahkan suatu masalah.
41.0%
-
Berbagi Waktu - Kemampuan untuk berganti-ganti secara cepat antara dua atau lebih aktivitas atau sumber informasi (seperti ucapan, suara, sentuhan, atau sumber lainnya).
41.0%
-
Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan atau ketika bagian-bagiannya digeser maupun disusun ulang.
41.0%
-
Kemahiran Angka - Kemampuan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dengan cepat dan tepat.
38.0%
-
Stamina - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga fisik dalam jangka waktu lama tanpa mudah lelah atau kehabisan napas.
3.0%
-
Perhatian Auditori - Kemampuan untuk memusatkan fokus pada satu sumber suara meskipun terdapat suara-suara lain yang mengganggu.
28.0%
-
Diskriminasi Warna Visual - Kemampuan untuk mencocokkan atau mendeteksi perbedaan antara warna, termasuk corak dan tingkat kecerahannya.
28.0%
-
Kelincahan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan jari yang terkoordinasi dengan tepat, baik dengan satu maupun kedua tangan, untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek yang sangat kecil.
19.0%
-
Kepekaan Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau membedakan perbedaan antara suara yang bervariasi dalam nada dan keras-lembutnya.
19.0%
-
Kekuatan Batang Tubuh - Kemampuan untuk menggunakan otot perut dan punggung bawah guna menopang bagian tubuh secara berulang atau terus-menerus tanpa melemah atau mudah lelah.
19.0%
-
Kelincahan Manual - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan tangan, tangan bersama lengan, atau kedua tangan untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek.
16.0%
-
Kestabilan Lengan-Tangan - Kemampuan untuk menjaga kestabilan tangan dan lengan saat menggerakkannya atau ketika menahannya dalam satu posisi.
13.0%
-
Persepsi Kedalaman - Kemampuan untuk menilai objek mana yang lebih dekat atau lebih jauh dari diri Anda, atau memperkirakan jarak antara diri Anda dengan suatu objek.
13.0%
-
Kecepatan Pergelangan dan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan cepat, sederhana, dan berulang dengan jari, tangan, serta pergelangan tangan.
13.0%
-
Kekuatan Dinamis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot secara berulang atau terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Hal ini mencakup daya tahan otot dan ketahanan terhadap kelelahan otot.
10.0%
-
Fleksibilitas Dinamis - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
0.0%
-
Kekuatan Ledakan - Kemampuan untuk menggunakan tenaga otot secara singkat dan kuat untuk mendorong tubuh (seperti saat melompat atau berlari cepat), atau untuk melempar suatu objek.
0.0%
-
Fleksibilitas Rentang - Kemampuan untuk membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
0.0%
-
Kepekaan terhadap Silau - Kemampuan untuk melihat objek dalam kondisi adanya cahaya silau atau pencahayaan yang sangat terang.
0.0%
-
Koordinasi Tubuh Kasar - Kemampuan untuk mengoordinasikan gerakan lengan, kaki, dan batang tubuh secara bersamaan ketika seluruh tubuh sedang bergerak.
0.0%
-
Keseimbangan Tubuh Kasar - Kemampuan untuk menjaga atau mengembalikan keseimbangan tubuh serta tetap tegak saat berada dalam posisi yang tidak stabil.
0.0%
-
Koordinasi Multianggota Tubuh - Kemampuan untuk mengoordinasikan dua atau lebih anggota tubuh (misalnya, kedua lengan, kedua kaki, atau satu kaki dan satu lengan) saat duduk, berdiri, atau berbaring. Kemampuan ini tidak melibatkan aktivitas ketika seluruh tubuh bergerak.
0.0%
-
Penglihatan Malam - Kemampuan untuk melihat dalam kondisi cahaya redup atau minim pencahayaan.
0.0%
-
Penglihatan Perifer - Kemampuan untuk melihat objek atau pergerakan objek di sisi samping saat mata sedang melihat ke depan.
0.0%
-
Pengendalian Laju - Kemampuan untuk mengatur waktu gerakan diri sendiri atau peralatan dengan mengantisipasi perubahan kecepatan dan/atau arah dari suatu objek atau adegan yang bergerak.
0.0%
-
Waktu Reaksi - Kemampuan untuk merespons dengan cepat (menggunakan tangan, jari, atau kaki) terhadap suatu sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyal tersebut muncul.
0.0%
-
Orientasi Respons - Kemampuan untuk dengan cepat memilih antara dua atau lebih gerakan sebagai tanggapan terhadap dua atau lebih sinyal berbeda (cahaya, suara, gambar). Hal ini mencakup kecepatan dalam memulai respons yang tepat menggunakan tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya.
0.0%
-
Lokalisasi Suara - Kemampuan untuk menentukan arah dari mana suatu suara berasal.
0.0%
-
Orientasi Spasial - Kemampuan untuk mengetahui posisi diri sendiri terhadap lingkungan atau mengetahui letak objek lain terhadap diri Anda.
0.0%
-
Kecepatan Gerak Anggota Tubuh - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan lengan dan kaki.
0.0%
-
Kekuatan Statis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot maksimal guna mengangkat, mendorong, menarik, atau membawa objek.
0.0%
-
Enterprising - Pekerjaan yang melibatkan pengelolaan, negosiasi, pemasaran, atau penjualan, umumnya dalam lingkungan bisnis, atau memimpin serta memberi nasihat kepada orang lain dalam situasi politik dan hukum. Pekerjaan dengan tipe Enterprising sering dikaitkan dengan inisiatif bisnis, penjualan, pemasaran/periklanan, keuangan, manajemen/administrasi, konsultasi profesional, berbicara di depan umum, politik, atau hukum.
89.0%
-
Sosial - Pekerjaan yang melibatkan membantu, mengajar, memberi saran, mendampingi, atau memberikan layanan kepada orang lain. Pekerjaan dengan tipe Social sering dikaitkan dengan bidang sosial, pelayanan kesehatan, jasa personal, pendidikan, atau kegiatan keagamaan.
76.0%
-
Conventional - Pekerjaan yang melibatkan kepatuhan terhadap prosedur dan peraturan untuk mengatur informasi atau data, umumnya dalam lingkungan bisnis. Pekerjaan dengan tipe Conventional sering dikaitkan dengan pekerjaan kantor, akuntansi, matematika/statistika, teknologi informasi, keuangan, atau sumber daya manusia.
49.0%
-
Investigatif - Pekerjaan yang melibatkan studi dan penelitian terhadap objek tak hidup, organisme hidup, penyakit atau bentuk gangguan lain, maupun perilaku manusia. Pekerjaan dengan tipe Investigative sering terkait dengan ilmu fisika, biologi, kedokteran, atau ilmu sosial, dan juga dapat ditemukan di bidang humaniora, matematika/statistika, teknologi informasi, atau layanan kesehatan.
38.0%
-
Artistik - Pekerjaan yang melibatkan penciptaan karya visual, pertunjukan, tulisan, makanan, atau musik yang orisinal untuk berbagai media, atau penerapan prinsip artistik dalam desain berbagai objek dan material. Pekerjaan tipe Artistic sering terkait dengan seni visual, seni terapan dan desain, seni pertunjukan, musik, penulisan kreatif, media, atau seni kuliner.
27.0%
-
Realistis - Pekerjaan yang melibatkan perancangan, pembangunan, atau perbaikan peralatan, material, atau struktur, melakukan aktivitas fisik, atau bekerja di luar ruangan. Pekerjaan tipe Realistic sering terkait dengan bidang teknik, mekanik dan elektronik, konstruksi, pertukangan, transportasi, pengoperasian mesin, pertanian, pelayanan hewan, pekerjaan fisik atau manual, atletik, atau layanan perlindungan.
16.0%
-
Hubungan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini memungkinkan karyawan memberikan pelayanan kepada orang lain dan bekerja sama dengan rekan kerja dalam lingkungan yang ramah dan tidak kompetitif. Kebutuhan yang terkait meliputi Rekan Kerja, Nilai Moral, dan Pelayanan Sosial.
83.0%
-
Kondisi Kerja - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan keamanan kerja dan kondisi kerja yang baik. Kebutuhan yang terkait meliputi Aktivitas, Kompensasi, Kemandirian, Keamanan, Keragaman, dan Kondisi Kerja.
78.0%
-
Prestasi - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini berorientasi pada hasil dan memungkinkan karyawan menggunakan kemampuan terbaik mereka, memberikan rasa pencapaian. Kebutuhan yang terkait meliputi Pemanfaatan Kemampuan dan Prestasi.
72.0%
-
Independensi - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini memungkinkan karyawan untuk bekerja secara mandiri dan membuat keputusan sendiri. Kebutuhan yang terkait meliputi Kreativitas, Tanggung Jawab, dan Otonomi.
72.0%
-
Pengakuan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan peluang kemajuan, potensi kepemimpinan, dan sering dianggap prestisius. Kebutuhan yang terkait meliputi Kemajuan, Wewenang, Pengakuan, dan Status Sosial.
67.0%
-
Dukungan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan manajemen yang mendukung dan selalu berada di belakang karyawan. Kebutuhan yang terkait meliputi Kebijakan Perusahaan, Pengawasan: Hubungan Manusia, dan Pengawasan: Teknis.
50.0%
-
Kemampuan Beradaptasi/Fleksibilitas - Pekerjaan ini menuntut kesiapan untuk menerima perubahan (positif maupun negatif) dan menghadapi berbagai variasi dalam lingkungan kerja.
89.0%
-
Kepemimpinan - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk memimpin, mengambil kendali, serta memberikan pendapat dan arahan.
89.0%
-
Keandalan - Pekerjaan ini menuntut bersikap dapat diandalkan, bertanggung jawab, dan memenuhi kewajiban.
88.0%
-
Inisiatif - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk mengambil tanggung jawab dan menghadapi tantangan.
87.0%
-
Kerjasama - Pekerjaan ini menuntut bersikap ramah terhadap rekan kerja dan menunjukkan sikap kooperatif yang baik.
85.0%
-
Perhatian terhadap Detail - Pekerjaan ini menuntut ketelitian dan kesungguhan dalam menyelesaikan setiap tugas kerja.
82.0%
-
Perhatian terhadap Orang Lain - Pekerjaan ini menuntut kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain serta sikap pengertian dan membantu di tempat kerja.
80.0%
-
Integritas - Pekerjaan ini menuntut bersikap jujur dan etis.
80.0%
-
Berpikir Analitis - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menganalisis informasi dan menggunakan logika untuk menangani masalah serta isu terkait pekerjaan.
78.0%
-
Ketekunan - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap gigih menghadapi berbagai hambatan.
77.0%
-
Prestasi/Usaha - Pekerjaan ini menuntut menetapkan dan mempertahankan tujuan prestasi yang menantang secara pribadi serta mengerahkan usaha untuk menguasai tugas.
76.0%
-
Inovasi - Pekerjaan ini menuntut kreativitas dan pemikiran alternatif untuk mengembangkan ide-ide baru serta menemukan solusi atas masalah yang terkait dengan pekerjaan.
75.0%
-
Orientasi Sosial - Pekerjaan ini menuntut preferensi untuk bekerja dengan orang lain daripada sendirian, serta membangun hubungan pribadi dengan rekan kerja.
74.0%
-
Pengendalian Diri - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap tenang, mengendalikan emosi, menahan amarah, dan menghindari perilaku agresif, bahkan dalam situasi yang sangat sulit.
73.0%
-
Toleransi terhadap Stres - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menerima kritik serta menghadapi situasi penuh tekanan dengan tenang dan efektif.
72.0%
-
Kemandirian - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk mengembangkan cara kerja sendiri, mengarahkan diri dengan sedikit atau tanpa pengawasan, serta mengandalkan diri sendiri untuk menyelesaikan tugas.
67.0%