Rencanakan, arahkan, atau koordinasikan kegiatan pelatihan dan pengembangan serta staf dalam suatu organisasi.

Contoh jabatan yang dilaporkan: Manajer Pendidikan dan Pengembangan, Direktur L&D (Learning and Development Director), Manajer Pembelajaran, Manajer Pengembangan Organisasi (OD Manager), Direktur Pengembangan Staf, Manajer Pelatihan dan Pengembangan Staf, Koordinator Pelatihan dan Pengembangan (T&D Coordinator), Direktur Pelatihan dan Pengembangan (T&D Director), Direktur Pelatihan, Manajer Pelatihan.

Tasks
Menampilkan 10 dari 12 Tasks
  • Analisis kebutuhan pelatihan untuk mengembangkan program pelatihan baru atau memodifikasi serta meningkatkan program yang sudah ada.
    core 90.0%
  • Evaluasi kinerja instruktur dan efektivitas program pelatihan, serta berikan rekomendasi untuk perbaikan.
    core 84.0%
  • Rencanakan, kembangkan, dan selenggarakan program pelatihan dan pengembangan staf, dengan menggunakan pengetahuan tentang efektivitas metode seperti pelatihan di kelas, demonstrasi, pelatihan di tempat kerja, rapat, konferensi, dan lokakarya.
    core 84.0%
  • Berdiskusi dengan manajemen dan lakukan survei untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan berdasarkan proyeksi proses produksi, perubahan, dan faktor lainnya.
    core 82.0%
  • Laksanakan sesi orientasi dan atur pelatihan di tempat kerja bagi karyawan baru.
    core 80.0%
  • Latih instruktur dan supervisor dalam teknik dan keterampilan untuk melatih serta berinteraksi dengan karyawan.
    core 79.0%
  • Kembangkan dan susun manual pelatihan, alat bantu visual multimedia, dan materi edukasi lainnya.
    core 77.0%
  • Siapkan anggaran pelatihan untuk departemen atau organisasi.
    core 75.0%
  • Kembangkan prosedur pengujian dan evaluasi.
    core 70.0%
  • Laksanakan atau atur kelas pelatihan teknis berkelanjutan dan pengembangan pribadi bagi anggota staf.
    core 66.0%
  • Tinjau dan evaluasi program pelatihan dan magang untuk memastikan kepatuhan terhadap standar pemerintah.
    core 57.0%
  • Koordinasikan kursus yang sudah ada dengan kursus teknis dan profesional yang disediakan oleh sekolah komunitas, serta tetapkan prosedur pelatihan.
    supplemental 45.0%
Work Activities
Menampilkan 10 dari 41 Work Activities
Detailed Work Activities
Menampilkan 10 dari 13 Detailed Work Activities
  • Melakukan survei opini atau asesmen kebutuhan.
  • Menyelenggarakan program pelatihan karyawan.
  • Evaluasi program pelatihan, instruktur, atau materi.
  • Mengevaluasi kinerja karyawan.
  • Mengevaluasi efektivitas program.
  • Mengelola aktivitas sumber daya manusia.
  • Bermusyawarah dengan anggota organisasi untuk menyelesaikan aktivitas kerja.
  • Kembangkan materi pelatihan.
  • Siapkan grafik atau representasi visual informasi lainnya.
  • Menyusun anggaran operasional.
  • Mengembangkan prosedur untuk mengevaluasi kegiatan organisasi.
  • Menentukan kepatuhan operasional terhadap peraturan atau standar.
  • Mengoordinasikan acara atau program khusus.
Skills
Menampilkan 10 dari 35 Skills
  • Strategi Pembelajaran - Memilih dan menggunakan metode serta prosedur pelatihan atau pengajaran yang sesuai dengan situasi ketika mempelajari atau mengajarkan hal baru.
    81.0%
  • Mendengarkan Aktif - Memberikan perhatian penuh pada apa yang dikatakan orang lain, meluangkan waktu untuk memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan yang relevan, serta tidak menyela pada waktu yang tidak tepat.
    75.0%
  • Memberi Instruksi - Mengajarkan kepada orang lain bagaimana melakukan sesuatu.
    75.0%
  • Pemahaman Bacaan - Memahami kalimat dan paragraf tertulis dalam dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan.
    75.0%
  • Berbicara - Berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif.
    75.0%
  • Koordinasi - Menyesuaikan tindakan dengan tindakan orang lain.
    72.0%
  • Pemantauan - Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, atau organisasi untuk melakukan perbaikan atau mengambil tindakan korektif.
    72.0%
  • Kepekaan Sosial - Menyadari reaksi orang lain dan memahami alasan di balik reaksi tersebut.
    72.0%
  • Menulis - Berkomunikasi secara efektif melalui tulisan sesuai dengan kebutuhan audiens.
    72.0%
  • Pembelajaran Aktif - Memahami implikasi dari informasi baru baik untuk pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan saat ini dan di masa depan.
    69.0%
  • Berpikir Kritis - Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari berbagai alternatif solusi, kesimpulan, atau pendekatan terhadap permasalahan.
    69.0%
  • Pemecahan Masalah yang Kompleks - Mengidentifikasi permasalahan yang rumit serta meninjau informasi terkait untuk mengembangkan dan mengevaluasi berbagai opsi, kemudian melaksanakan solusi yang tepat.
    66.0%
  • Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan - Mempertimbangkan biaya dan manfaat relatif dari berbagai tindakan yang mungkin dilakukan untuk memilih yang paling tepat.
    66.0%
  • Pengelolaan Sumber Daya Keuangan - Menentukan bagaimana uang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan serta mempertanggungjawabkan pengeluarannya.
    66.0%
  • Persuasi - Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran atau perilakunya.
    66.0%
  • Orientasi Pelayanan - Secara aktif mencari cara untuk membantu orang lain.
    66.0%
  • Pengelolaan Sumber Daya Manusia - Memotivasi, mengembangkan, dan mengarahkan orang dalam bekerja, serta mengidentifikasi individu terbaik untuk suatu pekerjaan.
    63.0%
  • Manajemen Waktu - Mengelola waktu diri sendiri dan waktu orang lain.
    63.0%
  • Evaluasi Sistem - Mengidentifikasi ukuran atau indikator kinerja sistem serta tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerja sesuai dengan tujuan sistem.
    56.0%
  • Analisis Sistem - Menentukan bagaimana suatu sistem seharusnya berfungsi serta bagaimana perubahan dalam kondisi, operasional, dan lingkungan akan memengaruhi hasilnya.
    53.0%
  • Negosiasi - Mempertemukan pihak-pihak yang berbeda dan berupaya menyelaraskan perbedaan.
    50.0%
  • Analisis Operasional - Menganalisis kebutuhan dan persyaratan produk untuk membuat sebuah desain.
    50.0%
  • Pengelolaan Sumber Daya Material - Memperoleh serta memastikan penggunaan yang tepat atas peralatan, fasilitas, dan material yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu.
    47.0%
  • Matematika - Menggunakan matematika untuk memecahkan masalah.
    47.0%
  • Analisis Pengendalian Kualitas - Melakukan pengujian dan inspeksi terhadap produk, layanan, atau proses untuk menilai mutu atau kinerjanya.
    25.0%
  • Pemantauan Operasi - Mengawasi pengukur, dial, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik.
    19.0%
  • Perancangan Teknologi - Membuat atau menyesuaikan peralatan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
    19.0%
  • Pemrograman - Menulis program komputer untuk berbagai keperluan.
    13.0%
  • Sains - Menggunakan kaidah dan metode ilmiah untuk memecahkan masalah.
    13.0%
  • Pemeliharaan Peralatan - Melakukan perawatan rutin pada peralatan serta menentukan kapan dan jenis perawatan yang diperlukan.
    0.0%
  • Pemilihan Peralatan - Menentukan jenis alat dan peralatan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
    0.0%
  • Instalasi - Memasang peralatan, mesin, jaringan kabel, atau program sesuai dengan spesifikasi.
    0.0%
  • Pengoperasian dan Pengendalian - Mengendalikan operasional peralatan atau sistem.
    0.0%
  • Perbaikan - Memperbaiki mesin atau sistem dengan menggunakan peralatan yang diperlukan.
    0.0%
  • Pemecahan Masalah Teknis - Menentukan penyebab kesalahan operasional dan memutuskan tindakan yang harus dilakukan.
    0.0%
Knowledge
Menampilkan 10 dari 33 Knowledge
  • Pendidikan dan Pelatihan - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk desain kurikulum dan pelatihan, pengajaran dan instruksi untuk individu maupun kelompok, serta pengukuran hasil pelatihan.
    98.0%
  • Bahasa Inggris - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa Inggris termasuk arti dan ejaan kata-kata, serta aturan penulisan dan tata bahasa.
    84.0%
  • Administrasi dan Manajemen - Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen yang terlibat dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, serta koordinasi orang dan sumber daya.
    79.0%
  • Personalia dan Sumber Daya Manusia - Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam rekrutmen tenaga kerja, seleksi, pelatihan, kompensasi dan tunjangan, hubungan dan negosiasi ketenagakerjaan, serta sistem informasi personalia.
    74.0%
  • Layanan Pelanggan dan Pribadi - Pengetahuan tentang prinsip dan proses dalam memberikan layanan pelanggan dan layanan pribadi. Ini mencakup penilaian kebutuhan pelanggan, pemenuhan standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
    72.0%
  • Seni Rupa - Pengetahuan tentang teori dan teknik yang diperlukan untuk menggubah, memproduksi, dan menampilkan karya musik, tari, seni visual, drama, serta patung.
    7.0%
  • Bahasa Asing - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa asing (non-Inggris), termasuk makna dan ejaan kata, kaidah penulisan dan tata bahasa, serta pelafalan.
    7.0%
  • Komunikasi dan Media - Pengetahuan tentang produksi media, teknik serta metode komunikasi dan penyebaran informasi. Hal ini mencakup berbagai cara alternatif untuk memberikan informasi dan hiburan melalui media tulis, lisan, maupun visual.
    58.0%
  • Psikologi - Pengetahuan tentang perilaku dan kinerja manusia; perbedaan individu dalam kemampuan, kepribadian, dan minat; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan gangguan perilaku dan emosional.
    57.0%
  • Komputer dan Elektronika - Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, serta perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.
    55.0%
  • Geografi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menggambarkan karakteristik daratan, lautan, dan lapisan udara, termasuk ciri fisik, lokasi, keterkaitan, serta distribusi kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia.
    5.0%
  • Administratif - Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administrasi perkantoran, seperti pengolahan kata, pengelolaan berkas dan catatan, stenografi dan transkripsi, perancangan formulir, serta terminologi tempat kerja.
    49.0%
  • Desain - Pengetahuan tentang teknik, alat, dan prinsip desain yang terlibat dalam pembuatan rencana teknis presisi, cetak biru, gambar, dan model.
    35.0%
  • Penjualan dan Pemasaran - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menampilkan, mempromosikan, serta menjual produk atau layanan. Hal ini mencakup strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, serta sistem pengendalian penjualan.
    33.0%
  • Sosiologi dan Antropologi - Pengetahuan tentang perilaku dan dinamika kelompok, tren serta pengaruh sosial, migrasi manusia, etnisitas, kebudayaan, serta sejarah dan asal-usulnya.
    31.0%
  • Matematika - Pengetahuan tentang aritmetika, aljabar, geometri, kalkulus, statistika, serta penerapannya.
    30.0%
  • Sejarah dan Arkeologi - Pengetahuan tentang peristiwa sejarah beserta penyebab, indikator, dan dampaknya terhadap peradaban dan kebudayaan.
    3.0%
  • Mekanika - Pengetahuan tentang mesin dan alat, termasuk rancangan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaannya.
    3.0%
  • Pengobatan dan Kedokteran gigi - Pengetahuan mengenai informasi dan teknik yang diperlukan untuk mendiagnosis dan menangani cedera, penyakit, serta kelainan pada manusia. Cakupan pengetahuan ini meliputi gejala-gejala, alternatif pengobatan, sifat dan interaksi obat, serta upaya pencegahan dalam perawatan kesehatan.
    3.0%
  • Transportasi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode pemindahan orang atau barang melalui udara, rel, laut, atau darat, termasuk pertimbangan biaya dan manfaatnya.
    3.0%
  • Ekonomi dan Akuntansi - Pengetahuan tentang prinsip dan praktik ekonomi serta akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisis dan pelaporan data keuangan.
    29.0%
  • Produksi dan Pemrosesan - Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, pengendalian kualitas, biaya, serta teknik lainnya untuk memaksimalkan efektivitas produksi dan distribusi barang.
    24.0%
  • Hukum dan Pemerintahan - Pengetahuan tentang undang-undang, kode hukum, prosedur pengadilan, preseden, peraturan pemerintah, keputusan eksekutif, aturan lembaga, serta proses politik demokratis.
    22.0%
  • Terapi dan Konseling - Pengetahuan tentang prinsip, metode, dan prosedur untuk diagnosis, pengobatan, serta rehabilitasi gangguan fisik dan mental, serta untuk konseling dan bimbingan karier.
    22.0%
  • Telekomunikasi - Pengetahuan tentang transmisi, penyiaran, pengalihan, pengendalian, dan pengoperasian sistem telekomunikasi.
    21.0%
  • Konstruksi dan Bangunan - Pengetahuan tentang material, metode, serta alat yang digunakan dalam pembangunan atau perbaikan rumah, gedung, atau struktur lain seperti jalan raya dan jalan.
    2.0%
  • Keamanan dan Keselamatan Publik - Pengetahuan mengenai peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi keamanan tingkat lokal, negara bagian, maupun nasional demi melindungi manusia, data, properti, dan institusi.
    13.0%
  • Rekayasa dan Teknologi - Pengetahuan tentang penerapan praktis ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini mencakup penerapan prinsip, teknik, prosedur, serta peralatan dalam perancangan dan produksi berbagai barang serta layanan.
    11.0%
  • Filsafat dan Teologi - Pengetahuan tentang berbagai sistem filsafat dan agama, termasuk prinsip dasar, nilai, etika, cara berpikir, adat, praktik, serta pengaruhnya terhadap kebudayaan manusia.
    10.0%
  • Fisika - Pengetahuan dan prediksi mengenai prinsip-prinsip fisika, hukum-hukum, keterkaitannya, serta penerapannya untuk memahami dinamika fluida, material, dan atmosfer, serta struktur dan proses mekanis, elektris, atom, dan sub-atom.
    1.0%
  • Biologi - Pengetahuan tentang organisme tumbuhan dan hewan, jaringan, sel, fungsi, saling ketergantungan, dan interaksi mereka satu sama lain serta dengan lingkungan.
    0.0%
  • Kimia - Pengetahuan tentang komposisi kimia, struktur, dan sifat-sifat suatu zat serta proses dan transformasi kimia yang dialaminya. Hal ini mencakup penggunaan bahan kimia dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi, serta metode pembuangan.
    0.0%
  • Produksi Pangan - Pengetahuan tentang teknik dan peralatan untuk menanam, membudidayakan, serta memanen produk pangan (baik nabati maupun hewani) untuk konsumsi, termasuk teknik penyimpanan dan penanganannya.
    0.0%
Abilities
Menampilkan 10 dari 52 Abilities
  • Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara lisan agar dapat dipahami oleh orang lain.
    75.0%
  • Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan aturan umum pada permasalahan khusus guna menghasilkan jawaban yang logis.
    72.0%
  • Kefasihan Ide - Kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan tentang suatu topik (yang dinilai adalah jumlah ide, bukan kualitas, ketepatan, atau kreativitasnya).
    72.0%
  • Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi serta gagasan yang disampaikan melalui kata-kata dan kalimat lisan.
    72.0%
  • Pengenalan Ucapan - Kemampuan untuk mengenali dan memahami ucapan orang lain.
    72.0%
  • Kejelasan Ucapan - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas agar dapat dipahami oleh orang lain.
    72.0%
  • Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi serta gagasan yang disajikan dalam bentuk tulisan.
    72.0%
  • Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara tertulis agar dapat dipahami oleh orang lain.
    72.0%
  • Penalaran Induktif - Kemampuan untuk menggabungkan berbagai potongan informasi guna membentuk aturan atau kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara peristiwa yang tampaknya tidak terkait).
    69.0%
  • Pengurutan Informasi - Kemampuan untuk menyusun benda atau tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan suatu aturan atau seperangkat aturan (misalnya pola angka, huruf, kata, gambar, atau operasi matematika).
    69.0%
  • Penglihatan Dekat - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak dekat (dalam beberapa kaki dari pengamat).
    69.0%
  • Orisinalitas - Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa atau cerdas mengenai suatu topik atau situasi, atau mengembangkan cara kreatif untuk memecahkan masalah.
    69.0%
  • Kepekaan terhadap Masalah - Kemampuan untuk mengenali saat sesuatu tidak beres atau berpotensi menjadi masalah. Hal ini tidak mencakup pemecahan masalah, melainkan hanya kesadaran akan adanya masalah.
    69.0%
  • Fleksibilitas Kategori - Kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan berbagai aturan dalam mengombinasikan atau mengelompokkan sesuatu dengan cara yang berbeda-beda.
    66.0%
  • Presisi Kendali - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali menyesuaikan kendali mesin atau kendaraan ke posisi yang tepat.
    6.0%
  • Penglihatan Jauh - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak jauh.
    47.0%
  • Menghafal - Kemampuan untuk mengingat informasi seperti kata, angka, gambar, dan prosedur.
    47.0%
  • Kecepatan Penutupan - Kemampuan untuk dengan cepat memahami, menggabungkan, dan mengorganisasi informasi menjadi pola yang bermakna.
    47.0%
  • Fleksibilitas Penutupan - Kemampuan untuk mengidentifikasi atau mendeteksi suatu pola yang sudah dikenal (gambar, objek, kata, atau suara) yang tersembunyi di antara materi pengalih perhatian lainnya.
    44.0%
  • Kecepatan Persepsi - Kemampuan untuk dengan cepat dan akurat membandingkan kesamaan serta perbedaan di antara kumpulan huruf, angka, objek, gambar, atau pola. Hal yang dibandingkan dapat ditampilkan secara bersamaan atau bergantian, termasuk membandingkan objek yang terlihat dengan objek yang diingat.
    44.0%
  • Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada suatu tugas dalam jangka waktu tertentu tanpa mudah teralihkan.
    44.0%
  • Penalaran Matematis - Kemampuan untuk memilih metode atau rumus matematika yang tepat guna memecahkan suatu masalah.
    41.0%
  • Berbagi Waktu - Kemampuan untuk berganti-ganti secara cepat antara dua atau lebih aktivitas atau sumber informasi (seperti ucapan, suara, sentuhan, atau sumber lainnya).
    41.0%
  • Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan atau ketika bagian-bagiannya digeser maupun disusun ulang.
    41.0%
  • Kemahiran Angka - Kemampuan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dengan cepat dan tepat.
    38.0%
  • Stamina - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga fisik dalam jangka waktu lama tanpa mudah lelah atau kehabisan napas.
    3.0%
  • Perhatian Auditori - Kemampuan untuk memusatkan fokus pada satu sumber suara meskipun terdapat suara-suara lain yang mengganggu.
    28.0%
  • Diskriminasi Warna Visual - Kemampuan untuk mencocokkan atau mendeteksi perbedaan antara warna, termasuk corak dan tingkat kecerahannya.
    28.0%
  • Kelincahan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan jari yang terkoordinasi dengan tepat, baik dengan satu maupun kedua tangan, untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek yang sangat kecil.
    19.0%
  • Kepekaan Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau membedakan perbedaan antara suara yang bervariasi dalam nada dan keras-lembutnya.
    19.0%
  • Kekuatan Batang Tubuh - Kemampuan untuk menggunakan otot perut dan punggung bawah guna menopang bagian tubuh secara berulang atau terus-menerus tanpa melemah atau mudah lelah.
    19.0%
  • Kelincahan Manual - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan tangan, tangan bersama lengan, atau kedua tangan untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek.
    16.0%
  • Kestabilan Lengan-Tangan - Kemampuan untuk menjaga kestabilan tangan dan lengan saat menggerakkannya atau ketika menahannya dalam satu posisi.
    13.0%
  • Persepsi Kedalaman - Kemampuan untuk menilai objek mana yang lebih dekat atau lebih jauh dari diri Anda, atau memperkirakan jarak antara diri Anda dengan suatu objek.
    13.0%
  • Kecepatan Pergelangan dan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan cepat, sederhana, dan berulang dengan jari, tangan, serta pergelangan tangan.
    13.0%
  • Kekuatan Dinamis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot secara berulang atau terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Hal ini mencakup daya tahan otot dan ketahanan terhadap kelelahan otot.
    10.0%
  • Fleksibilitas Dinamis - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
    0.0%
  • Kekuatan Ledakan - Kemampuan untuk menggunakan tenaga otot secara singkat dan kuat untuk mendorong tubuh (seperti saat melompat atau berlari cepat), atau untuk melempar suatu objek.
    0.0%
  • Fleksibilitas Rentang - Kemampuan untuk membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
    0.0%
  • Kepekaan terhadap Silau - Kemampuan untuk melihat objek dalam kondisi adanya cahaya silau atau pencahayaan yang sangat terang.
    0.0%
  • Koordinasi Tubuh Kasar - Kemampuan untuk mengoordinasikan gerakan lengan, kaki, dan batang tubuh secara bersamaan ketika seluruh tubuh sedang bergerak.
    0.0%
  • Keseimbangan Tubuh Kasar - Kemampuan untuk menjaga atau mengembalikan keseimbangan tubuh serta tetap tegak saat berada dalam posisi yang tidak stabil.
    0.0%
  • Koordinasi Multianggota Tubuh - Kemampuan untuk mengoordinasikan dua atau lebih anggota tubuh (misalnya, kedua lengan, kedua kaki, atau satu kaki dan satu lengan) saat duduk, berdiri, atau berbaring. Kemampuan ini tidak melibatkan aktivitas ketika seluruh tubuh bergerak.
    0.0%
  • Penglihatan Malam - Kemampuan untuk melihat dalam kondisi cahaya redup atau minim pencahayaan.
    0.0%
  • Penglihatan Perifer - Kemampuan untuk melihat objek atau pergerakan objek di sisi samping saat mata sedang melihat ke depan.
    0.0%
  • Pengendalian Laju - Kemampuan untuk mengatur waktu gerakan diri sendiri atau peralatan dengan mengantisipasi perubahan kecepatan dan/atau arah dari suatu objek atau adegan yang bergerak.
    0.0%
  • Waktu Reaksi - Kemampuan untuk merespons dengan cepat (menggunakan tangan, jari, atau kaki) terhadap suatu sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyal tersebut muncul.
    0.0%
  • Orientasi Respons - Kemampuan untuk dengan cepat memilih antara dua atau lebih gerakan sebagai tanggapan terhadap dua atau lebih sinyal berbeda (cahaya, suara, gambar). Hal ini mencakup kecepatan dalam memulai respons yang tepat menggunakan tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya.
    0.0%
  • Lokalisasi Suara - Kemampuan untuk menentukan arah dari mana suatu suara berasal.
    0.0%
  • Orientasi Spasial - Kemampuan untuk mengetahui posisi diri sendiri terhadap lingkungan atau mengetahui letak objek lain terhadap diri Anda.
    0.0%
  • Kecepatan Gerak Anggota Tubuh - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan lengan dan kaki.
    0.0%
  • Kekuatan Statis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot maksimal guna mengangkat, mendorong, menarik, atau membawa objek.
    0.0%
Interests
Menampilkan 3 dari 6 Interests
  • Enterprising - Pekerjaan yang melibatkan pengelolaan, negosiasi, pemasaran, atau penjualan, umumnya dalam lingkungan bisnis, atau memimpin serta memberi nasihat kepada orang lain dalam situasi politik dan hukum. Pekerjaan dengan tipe Enterprising sering dikaitkan dengan inisiatif bisnis, penjualan, pemasaran/periklanan, keuangan, manajemen/administrasi, konsultasi profesional, berbicara di depan umum, politik, atau hukum.
    89.0%
  • Sosial - Pekerjaan yang melibatkan membantu, mengajar, memberi saran, mendampingi, atau memberikan layanan kepada orang lain. Pekerjaan dengan tipe Social sering dikaitkan dengan bidang sosial, pelayanan kesehatan, jasa personal, pendidikan, atau kegiatan keagamaan.
    76.0%
  • Conventional - Pekerjaan yang melibatkan kepatuhan terhadap prosedur dan peraturan untuk mengatur informasi atau data, umumnya dalam lingkungan bisnis. Pekerjaan dengan tipe Conventional sering dikaitkan dengan pekerjaan kantor, akuntansi, matematika/statistika, teknologi informasi, keuangan, atau sumber daya manusia.
    49.0%
  • Investigatif - Pekerjaan yang melibatkan studi dan penelitian terhadap objek tak hidup, organisme hidup, penyakit atau bentuk gangguan lain, maupun perilaku manusia. Pekerjaan dengan tipe Investigative sering terkait dengan ilmu fisika, biologi, kedokteran, atau ilmu sosial, dan juga dapat ditemukan di bidang humaniora, matematika/statistika, teknologi informasi, atau layanan kesehatan.
    38.0%
  • Artistik - Pekerjaan yang melibatkan penciptaan karya visual, pertunjukan, tulisan, makanan, atau musik yang orisinal untuk berbagai media, atau penerapan prinsip artistik dalam desain berbagai objek dan material. Pekerjaan tipe Artistic sering terkait dengan seni visual, seni terapan dan desain, seni pertunjukan, musik, penulisan kreatif, media, atau seni kuliner.
    27.0%
  • Realistis - Pekerjaan yang melibatkan perancangan, pembangunan, atau perbaikan peralatan, material, atau struktur, melakukan aktivitas fisik, atau bekerja di luar ruangan. Pekerjaan tipe Realistic sering terkait dengan bidang teknik, mekanik dan elektronik, konstruksi, pertukangan, transportasi, pengoperasian mesin, pertanian, pelayanan hewan, pekerjaan fisik atau manual, atletik, atau layanan perlindungan.
    16.0%
Work Values
Menampilkan 3 dari 6 Work Values
  • Hubungan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini memungkinkan karyawan memberikan pelayanan kepada orang lain dan bekerja sama dengan rekan kerja dalam lingkungan yang ramah dan tidak kompetitif. Kebutuhan yang terkait meliputi Rekan Kerja, Nilai Moral, dan Pelayanan Sosial.
    83.0%
  • Kondisi Kerja - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan keamanan kerja dan kondisi kerja yang baik. Kebutuhan yang terkait meliputi Aktivitas, Kompensasi, Kemandirian, Keamanan, Keragaman, dan Kondisi Kerja.
    78.0%
  • Prestasi - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini berorientasi pada hasil dan memungkinkan karyawan menggunakan kemampuan terbaik mereka, memberikan rasa pencapaian. Kebutuhan yang terkait meliputi Pemanfaatan Kemampuan dan Prestasi.
    72.0%
  • Independensi - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini memungkinkan karyawan untuk bekerja secara mandiri dan membuat keputusan sendiri. Kebutuhan yang terkait meliputi Kreativitas, Tanggung Jawab, dan Otonomi.
    72.0%
  • Pengakuan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan peluang kemajuan, potensi kepemimpinan, dan sering dianggap prestisius. Kebutuhan yang terkait meliputi Kemajuan, Wewenang, Pengakuan, dan Status Sosial.
    67.0%
  • Dukungan - Pekerjaan yang memenuhi nilai kerja ini menawarkan manajemen yang mendukung dan selalu berada di belakang karyawan. Kebutuhan yang terkait meliputi Kebijakan Perusahaan, Pengawasan: Hubungan Manusia, dan Pengawasan: Teknis.
    50.0%
Work Styles
Menampilkan 3 dari 16 Work Styles
  • Kemampuan Beradaptasi/Fleksibilitas - Pekerjaan ini menuntut kesiapan untuk menerima perubahan (positif maupun negatif) dan menghadapi berbagai variasi dalam lingkungan kerja.
    89.0%
  • Kepemimpinan - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk memimpin, mengambil kendali, serta memberikan pendapat dan arahan.
    89.0%
  • Keandalan - Pekerjaan ini menuntut bersikap dapat diandalkan, bertanggung jawab, dan memenuhi kewajiban.
    88.0%
  • Inisiatif - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk mengambil tanggung jawab dan menghadapi tantangan.
    87.0%
  • Kerjasama - Pekerjaan ini menuntut bersikap ramah terhadap rekan kerja dan menunjukkan sikap kooperatif yang baik.
    85.0%
  • Perhatian terhadap Detail - Pekerjaan ini menuntut ketelitian dan kesungguhan dalam menyelesaikan setiap tugas kerja.
    82.0%
  • Perhatian terhadap Orang Lain - Pekerjaan ini menuntut kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain serta sikap pengertian dan membantu di tempat kerja.
    80.0%
  • Integritas - Pekerjaan ini menuntut bersikap jujur dan etis.
    80.0%
  • Berpikir Analitis - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menganalisis informasi dan menggunakan logika untuk menangani masalah serta isu terkait pekerjaan.
    78.0%
  • Ketekunan - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap gigih menghadapi berbagai hambatan.
    77.0%
  • Prestasi/Usaha - Pekerjaan ini menuntut menetapkan dan mempertahankan tujuan prestasi yang menantang secara pribadi serta mengerahkan usaha untuk menguasai tugas.
    76.0%
  • Inovasi - Pekerjaan ini menuntut kreativitas dan pemikiran alternatif untuk mengembangkan ide-ide baru serta menemukan solusi atas masalah yang terkait dengan pekerjaan.
    75.0%
  • Orientasi Sosial - Pekerjaan ini menuntut preferensi untuk bekerja dengan orang lain daripada sendirian, serta membangun hubungan pribadi dengan rekan kerja.
    74.0%
  • Pengendalian Diri - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap tenang, mengendalikan emosi, menahan amarah, dan menghindari perilaku agresif, bahkan dalam situasi yang sangat sulit.
    73.0%
  • Toleransi terhadap Stres - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menerima kritik serta menghadapi situasi penuh tekanan dengan tenang dan efektif.
    72.0%
  • Kemandirian - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk mengembangkan cara kerja sendiri, mengarahkan diri dengan sedikit atau tanpa pengawasan, serta mengandalkan diri sendiri untuk menyelesaikan tugas.
    67.0%