Merancang atau menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan terkait pekerjaan untuk meningkatkan keterampilan individu atau kinerja organisasi. Dapat menganalisis kebutuhan pelatihan organisasi atau mengevaluasi efektivitas pelatihan.

Contoh jabatan yang dilaporkan: Spesialis Pelatihan Komputer (Computer Training Specialist), Pelatih Korporat (Corporate Trainer), Spesialis Pelatihan Kerja (Job Training Specialist), Spesialis Pengembangan Kepemimpinan (Leadership Development Specialist), Konsultan Pembelajaran dan Pengembangan (Learning and Development Consultant), Spesialis Pembelajaran dan Pengembangan (Learning and Development Specialist/L&D Specialist), Spesialis Pengembangan Manajemen (Management Development Specialist), Pelatih (Trainer), Konsultan Pelatihan dan Pengembangan (Training and Development Consultant), Spesialis Pelatihan (Training Specialist).

Tasks
Menampilkan 10 dari 20 Tasks
  • Menyajikan informasi dengan berbagai teknik atau format pembelajaran, seperti bermain peran, simulasi, latihan tim, diskusi kelompok, video, atau ceramah.
    core 91.0%
  • Memperoleh, mengorganisasi, atau mengembangkan buku pedoman prosedur pelatihan, panduan, atau materi kursus, seperti handout atau materi visual.
    core 91.0%
  • Mengevaluasi moda penyampaian pelatihan, seperti tatap muka atau virtual, untuk mengoptimalkan efektivitas pelatihan, biaya pelatihan, atau dampak lingkungan.
    core 86.0%
  • Menawarkan program pelatihan khusus untuk membantu pekerja mempertahankan atau meningkatkan keterampilan kerja.
    core 86.0%
  • Menilai kebutuhan pelatihan melalui survei, wawancara dengan karyawan, diskusi kelompok terarah (FGD), atau konsultasi dengan manajer, instruktur, atau perwakilan pelanggan.
    core 86.0%
  • Memantau, mengevaluasi, atau mencatat kegiatan pelatihan atau efektivitas program.
    core 85.0%
  • Merancang, merencanakan, mengorganisasi, atau mengarahkan program orientasi dan pelatihan bagi karyawan atau pelanggan.
    core 83.0%
  • Mengembangkan metode pelatihan alternatif jika perbaikan yang diharapkan belum terlihat.
    core 78.0%
  • Mengevaluasi materi pelatihan yang disiapkan instruktur, seperti garis besar (outline), teks, atau handout.
    core 75.0%
  • Memantau biaya pelatihan dan menyiapkan laporan anggaran untuk membenarkan pengeluaran.
    core 71.0%
  • Merancang program untuk mengembangkan potensi eksekutif di antara karyawan pada posisi tingkat lebih rendah.
    core 70.0%
  • Mengikuti perkembangan di bidang keahlian dengan membaca jurnal, buku, atau artikel majalah terkini.
    core 68.0%
  • Menghadiri rapat atau seminar untuk memperoleh informasi bagi program pelatihan atau untuk memberi tahu manajemen mengenai status program pelatihan.
    core 67.0%
  • Mengoordinasikan rekrutmen dan penempatan peserta program pelatihan.
    core 64.0%
  • Memilih dan menugaskan instruktur untuk menyelenggarakan pelatihan.
    core 63.0%
  • Merundingkan kontrak dengan klien terkait luaran pelatihan yang diinginkan, biaya, atau pengeluaran.
    core 62.0%
  • Mengawasi, mengevaluasi, atau merujuk instruktur ke kelas pengembangan keterampilan.
    core 61.0%
  • Menjadwalkan kelas berdasarkan ketersediaan ruang kelas, peralatan, atau instruktur.
    core 57.0%
  • Merujuk peserta pelatihan kepada perwakilan hubungan kerja pemberi kerja, ke lokasi yang menyediakan bantuan penempatan kerja, atau ke lembaga layanan sosial yang sesuai, jika diperlukan.
    supplemental 47.0%
  • Mengembangkan atau menerapkan program pelatihan terkait efisiensi, daur ulang, atau isu lain yang berdampak pada lingkungan.
    supplemental 40.0%
Work Activities
Menampilkan 10 dari 41 Work Activities
Detailed Work Activities
Menampilkan 10 dari 15 Detailed Work Activities
  • Mengoordinasikan kegiatan pelatihan.
  • Kembangkan materi pelatihan.
  • Melatih personnel untuk meningkatkan keterampilan kerja.
  • Melakukan survei di organisasi.
  • Evaluasi program pelatihan, instruktur, atau materi.
  • Mengevaluasi efektivitas kebijakan atau praktik kepegawaian.
  • Memantau indikator keuangan.
  • Menyusun dokumen keuangan, laporan, atau anggaran.
  • Melatih personel mengenai topik-topik manajerial.
  • Perbarui pengetahuan profesional.
  • Mengkoordinasikan kegiatan rekrutmen personel.
  • Negosiasikan kontrak dengan klien atau penyedia layanan.
  • Mengawasi karyawan.
  • Memberi saran kepada orang lain mengenai topik-topik sumber daya manusia.
  • Melatih personel dalam prosedur organisasi atau kepatuhan.
Skills
Menampilkan 10 dari 35 Skills
  • Memberi Instruksi - Mengajarkan kepada orang lain bagaimana melakukan sesuatu.
    85.0%
  • Berbicara - Berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif.
    85.0%
  • Strategi Pembelajaran - Memilih dan menggunakan metode serta prosedur pelatihan atau pengajaran yang sesuai dengan situasi ketika mempelajari atau mengajarkan hal baru.
    78.0%
  • Mendengarkan Aktif - Memberikan perhatian penuh pada apa yang dikatakan orang lain, meluangkan waktu untuk memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan yang relevan, serta tidak menyela pada waktu yang tidak tepat.
    75.0%
  • Kepekaan Sosial - Menyadari reaksi orang lain dan memahami alasan di balik reaksi tersebut.
    75.0%
  • Pembelajaran Aktif - Memahami implikasi dari informasi baru baik untuk pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan saat ini dan di masa depan.
    72.0%
  • Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan - Mempertimbangkan biaya dan manfaat relatif dari berbagai tindakan yang mungkin dilakukan untuk memilih yang paling tepat.
    72.0%
  • Berpikir Kritis - Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari berbagai alternatif solusi, kesimpulan, atau pendekatan terhadap permasalahan.
    72.0%
  • Pemantauan - Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, atau organisasi untuk melakukan perbaikan atau mengambil tindakan korektif.
    72.0%
  • Pemahaman Bacaan - Memahami kalimat dan paragraf tertulis dalam dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan.
    72.0%
  • Menulis - Berkomunikasi secara efektif melalui tulisan sesuai dengan kebutuhan audiens.
    72.0%
  • Koordinasi - Menyesuaikan tindakan dengan tindakan orang lain.
    69.0%
  • Orientasi Pelayanan - Secara aktif mencari cara untuk membantu orang lain.
    66.0%
  • Manajemen Waktu - Mengelola waktu diri sendiri dan waktu orang lain.
    66.0%
  • Evaluasi Sistem - Mengidentifikasi ukuran atau indikator kinerja sistem serta tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerja sesuai dengan tujuan sistem.
    60.0%
  • Pemecahan Masalah yang Kompleks - Mengidentifikasi permasalahan yang rumit serta meninjau informasi terkait untuk mengembangkan dan mengevaluasi berbagai opsi, kemudian melaksanakan solusi yang tepat.
    56.0%
  • Pengelolaan Sumber Daya Manusia - Memotivasi, mengembangkan, dan mengarahkan orang dalam bekerja, serta mengidentifikasi individu terbaik untuk suatu pekerjaan.
    53.0%
  • Negosiasi - Mempertemukan pihak-pihak yang berbeda dan berupaya menyelaraskan perbedaan.
    53.0%
  • Analisis Operasional - Menganalisis kebutuhan dan persyaratan produk untuk membuat sebuah desain.
    53.0%
  • Persuasi - Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran atau perilakunya.
    53.0%
  • Analisis Sistem - Menentukan bagaimana suatu sistem seharusnya berfungsi serta bagaimana perubahan dalam kondisi, operasional, dan lingkungan akan memengaruhi hasilnya.
    53.0%
  • Matematika - Menggunakan matematika untuk memecahkan masalah.
    35.0%
  • Pengelolaan Sumber Daya Material - Memperoleh serta memastikan penggunaan yang tepat atas peralatan, fasilitas, dan material yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu.
    31.0%
  • Pengelolaan Sumber Daya Keuangan - Menentukan bagaimana uang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan serta mempertanggungjawabkan pengeluarannya.
    31.0%
  • Pemilihan Peralatan - Menentukan jenis alat dan peralatan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
    3.0%
  • Pengoperasian dan Pengendalian - Mengendalikan operasional peralatan atau sistem.
    3.0%
  • Pemantauan Operasi - Mengawasi pengukur, dial, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik.
    25.0%
  • Analisis Pengendalian Kualitas - Melakukan pengujian dan inspeksi terhadap produk, layanan, atau proses untuk menilai mutu atau kinerjanya.
    22.0%
  • Perancangan Teknologi - Membuat atau menyesuaikan peralatan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
    22.0%
  • Sains - Menggunakan kaidah dan metode ilmiah untuk memecahkan masalah.
    16.0%
  • Pemrograman - Menulis program komputer untuk berbagai keperluan.
    13.0%
  • Pemeliharaan Peralatan - Melakukan perawatan rutin pada peralatan serta menentukan kapan dan jenis perawatan yang diperlukan.
    0.0%
  • Instalasi - Memasang peralatan, mesin, jaringan kabel, atau program sesuai dengan spesifikasi.
    0.0%
  • Perbaikan - Memperbaiki mesin atau sistem dengan menggunakan peralatan yang diperlukan.
    0.0%
  • Pemecahan Masalah Teknis - Menentukan penyebab kesalahan operasional dan memutuskan tindakan yang harus dilakukan.
    0.0%
Knowledge
Menampilkan 10 dari 33 Knowledge
  • Pendidikan dan Pelatihan - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk desain kurikulum dan pelatihan, pengajaran dan instruksi untuk individu maupun kelompok, serta pengukuran hasil pelatihan.
    93.0%
  • Kimia - Pengetahuan tentang komposisi kimia, struktur, dan sifat-sifat suatu zat serta proses dan transformasi kimia yang dialaminya. Hal ini mencakup penggunaan bahan kimia dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi, serta metode pembuangan.
    9.0%
  • Biologi - Pengetahuan tentang organisme tumbuhan dan hewan, jaringan, sel, fungsi, saling ketergantungan, dan interaksi mereka satu sama lain serta dengan lingkungan.
    8.0%
  • Konstruksi dan Bangunan - Pengetahuan tentang material, metode, serta alat yang digunakan dalam pembangunan atau perbaikan rumah, gedung, atau struktur lain seperti jalan raya dan jalan.
    8.0%
  • Layanan Pelanggan dan Pribadi - Pengetahuan tentang prinsip dan proses dalam memberikan layanan pelanggan dan layanan pribadi. Ini mencakup penilaian kebutuhan pelanggan, pemenuhan standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
    74.0%
  • Bahasa Inggris - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa Inggris termasuk arti dan ejaan kata-kata, serta aturan penulisan dan tata bahasa.
    71.0%
  • Fisika - Pengetahuan dan prediksi mengenai prinsip-prinsip fisika, hukum-hukum, keterkaitannya, serta penerapannya untuk memahami dinamika fluida, material, dan atmosfer, serta struktur dan proses mekanis, elektris, atom, dan sub-atom.
    7.0%
  • Personalia dan Sumber Daya Manusia - Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam rekrutmen tenaga kerja, seleksi, pelatihan, kompensasi dan tunjangan, hubungan dan negosiasi ketenagakerjaan, serta sistem informasi personalia.
    64.0%
  • Administrasi dan Manajemen - Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen yang terlibat dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, serta koordinasi orang dan sumber daya.
    61.0%
  • Produksi Pangan - Pengetahuan tentang teknik dan peralatan untuk menanam, membudidayakan, serta memanen produk pangan (baik nabati maupun hewani) untuk konsumsi, termasuk teknik penyimpanan dan penanganannya.
    6.0%
  • Psikologi - Pengetahuan tentang perilaku dan kinerja manusia; perbedaan individu dalam kemampuan, kepribadian, dan minat; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan gangguan perilaku dan emosional.
    59.0%
  • Komunikasi dan Media - Pengetahuan tentang produksi media, teknik serta metode komunikasi dan penyebaran informasi. Hal ini mencakup berbagai cara alternatif untuk memberikan informasi dan hiburan melalui media tulis, lisan, maupun visual.
    57.0%
  • Komputer dan Elektronika - Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, serta perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.
    49.0%
  • Administratif - Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administrasi perkantoran, seperti pengolahan kata, pengelolaan berkas dan catatan, stenografi dan transkripsi, perancangan formulir, serta terminologi tempat kerja.
    47.0%
  • Sosiologi dan Antropologi - Pengetahuan tentang perilaku dan dinamika kelompok, tren serta pengaruh sosial, migrasi manusia, etnisitas, kebudayaan, serta sejarah dan asal-usulnya.
    47.0%
  • Penjualan dan Pemasaran - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menampilkan, mempromosikan, serta menjual produk atau layanan. Hal ini mencakup strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, serta sistem pengendalian penjualan.
    40.0%
  • Matematika - Pengetahuan tentang aritmetika, aljabar, geometri, kalkulus, statistika, serta penerapannya.
    33.0%
  • Keamanan dan Keselamatan Publik - Pengetahuan mengenai peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi keamanan tingkat lokal, negara bagian, maupun nasional demi melindungi manusia, data, properti, dan institusi.
    33.0%
  • Desain - Pengetahuan tentang teknik, alat, dan prinsip desain yang terlibat dalam pembuatan rencana teknis presisi, cetak biru, gambar, dan model.
    32.0%
  • Filsafat dan Teologi - Pengetahuan tentang berbagai sistem filsafat dan agama, termasuk prinsip dasar, nilai, etika, cara berpikir, adat, praktik, serta pengaruhnya terhadap kebudayaan manusia.
    32.0%
  • Hukum dan Pemerintahan - Pengetahuan tentang undang-undang, kode hukum, prosedur pengadilan, preseden, peraturan pemerintah, keputusan eksekutif, aturan lembaga, serta proses politik demokratis.
    29.0%
  • Produksi dan Pemrosesan - Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, pengendalian kualitas, biaya, serta teknik lainnya untuk memaksimalkan efektivitas produksi dan distribusi barang.
    28.0%
  • Ekonomi dan Akuntansi - Pengetahuan tentang prinsip dan praktik ekonomi serta akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisis dan pelaporan data keuangan.
    26.0%
  • Telekomunikasi - Pengetahuan tentang transmisi, penyiaran, pengalihan, pengendalian, dan pengoperasian sistem telekomunikasi.
    22.0%
  • Rekayasa dan Teknologi - Pengetahuan tentang penerapan praktis ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini mencakup penerapan prinsip, teknik, prosedur, serta peralatan dalam perancangan dan produksi berbagai barang serta layanan.
    21.0%
  • Terapi dan Konseling - Pengetahuan tentang prinsip, metode, dan prosedur untuk diagnosis, pengobatan, serta rehabilitasi gangguan fisik dan mental, serta untuk konseling dan bimbingan karier.
    21.0%
  • Sejarah dan Arkeologi - Pengetahuan tentang peristiwa sejarah beserta penyebab, indikator, dan dampaknya terhadap peradaban dan kebudayaan.
    19.0%
  • Geografi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menggambarkan karakteristik daratan, lautan, dan lapisan udara, termasuk ciri fisik, lokasi, keterkaitan, serta distribusi kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia.
    16.0%
  • Bahasa Asing - Pengetahuan tentang struktur dan isi bahasa asing (non-Inggris), termasuk makna dan ejaan kata, kaidah penulisan dan tata bahasa, serta pelafalan.
    15.0%
  • Seni Rupa - Pengetahuan tentang teori dan teknik yang diperlukan untuk menggubah, memproduksi, dan menampilkan karya musik, tari, seni visual, drama, serta patung.
    13.0%
  • Mekanika - Pengetahuan tentang mesin dan alat, termasuk rancangan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaannya.
    12.0%
  • Pengobatan dan Kedokteran gigi - Pengetahuan mengenai informasi dan teknik yang diperlukan untuk mendiagnosis dan menangani cedera, penyakit, serta kelainan pada manusia. Cakupan pengetahuan ini meliputi gejala-gejala, alternatif pengobatan, sifat dan interaksi obat, serta upaya pencegahan dalam perawatan kesehatan.
    11.0%
  • Transportasi - Pengetahuan tentang prinsip dan metode pemindahan orang atau barang melalui udara, rel, laut, atau darat, termasuk pertimbangan biaya dan manfaatnya.
    11.0%
Abilities
Menampilkan 10 dari 52 Abilities
  • Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara lisan agar dapat dipahami oleh orang lain.
    78.0%
  • Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi serta gagasan yang disampaikan melalui kata-kata dan kalimat lisan.
    75.0%
  • Pengenalan Ucapan - Kemampuan untuk mengenali dan memahami ucapan orang lain.
    75.0%
  • Kejelasan Ucapan - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas agar dapat dipahami oleh orang lain.
    75.0%
  • Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara tertulis agar dapat dipahami oleh orang lain.
    75.0%
  • Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi serta gagasan yang disajikan dalam bentuk tulisan.
    75.0%
  • Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan aturan umum pada permasalahan khusus guna menghasilkan jawaban yang logis.
    69.0%
  • Kefasihan Ide - Kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan tentang suatu topik (yang dinilai adalah jumlah ide, bukan kualitas, ketepatan, atau kreativitasnya).
    69.0%
  • Penglihatan Dekat - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak dekat (dalam beberapa kaki dari pengamat).
    69.0%
  • Kepekaan terhadap Masalah - Kemampuan untuk mengenali saat sesuatu tidak beres atau berpotensi menjadi masalah. Hal ini tidak mencakup pemecahan masalah, melainkan hanya kesadaran akan adanya masalah.
    69.0%
  • Penalaran Induktif - Kemampuan untuk menggabungkan berbagai potongan informasi guna membentuk aturan atau kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara peristiwa yang tampaknya tidak terkait).
    66.0%
  • Orisinalitas - Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa atau cerdas mengenai suatu topik atau situasi, atau mengembangkan cara kreatif untuk memecahkan masalah.
    66.0%
  • Fleksibilitas Kategori - Kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan berbagai aturan dalam mengombinasikan atau mengelompokkan sesuatu dengan cara yang berbeda-beda.
    56.0%
  • Pengurutan Informasi - Kemampuan untuk menyusun benda atau tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan suatu aturan atau seperangkat aturan (misalnya pola angka, huruf, kata, gambar, atau operasi matematika).
    56.0%
  • Penglihatan Jauh - Kemampuan untuk melihat detail pada jarak jauh.
    53.0%
  • Menghafal - Kemampuan untuk mengingat informasi seperti kata, angka, gambar, dan prosedur.
    50.0%
  • Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada suatu tugas dalam jangka waktu tertentu tanpa mudah teralihkan.
    50.0%
  • Berbagi Waktu - Kemampuan untuk berganti-ganti secara cepat antara dua atau lebih aktivitas atau sumber informasi (seperti ucapan, suara, sentuhan, atau sumber lainnya).
    44.0%
  • Fleksibilitas Penutupan - Kemampuan untuk mengidentifikasi atau mendeteksi suatu pola yang sudah dikenal (gambar, objek, kata, atau suara) yang tersembunyi di antara materi pengalih perhatian lainnya.
    41.0%
  • Kecepatan Persepsi - Kemampuan untuk dengan cepat dan akurat membandingkan kesamaan serta perbedaan di antara kumpulan huruf, angka, objek, gambar, atau pola. Hal yang dibandingkan dapat ditampilkan secara bersamaan atau bergantian, termasuk membandingkan objek yang terlihat dengan objek yang diingat.
    41.0%
  • Kecepatan Penutupan - Kemampuan untuk dengan cepat memahami, menggabungkan, dan mengorganisasi informasi menjadi pola yang bermakna.
    41.0%
  • Penalaran Matematis - Kemampuan untuk memilih metode atau rumus matematika yang tepat guna memecahkan suatu masalah.
    38.0%
  • Kemahiran Angka - Kemampuan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dengan cepat dan tepat.
    38.0%
  • Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan atau ketika bagian-bagiannya digeser maupun disusun ulang.
    35.0%
  • Orientasi Spasial - Kemampuan untuk mengetahui posisi diri sendiri terhadap lingkungan atau mengetahui letak objek lain terhadap diri Anda.
    3.0%
  • Perhatian Auditori - Kemampuan untuk memusatkan fokus pada satu sumber suara meskipun terdapat suara-suara lain yang mengganggu.
    28.0%
  • Kekuatan Batang Tubuh - Kemampuan untuk menggunakan otot perut dan punggung bawah guna menopang bagian tubuh secara berulang atau terus-menerus tanpa melemah atau mudah lelah.
    28.0%
  • Kepekaan Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau membedakan perbedaan antara suara yang bervariasi dalam nada dan keras-lembutnya.
    25.0%
  • Diskriminasi Warna Visual - Kemampuan untuk mencocokkan atau mendeteksi perbedaan antara warna, termasuk corak dan tingkat kecerahannya.
    25.0%
  • Persepsi Kedalaman - Kemampuan untuk menilai objek mana yang lebih dekat atau lebih jauh dari diri Anda, atau memperkirakan jarak antara diri Anda dengan suatu objek.
    19.0%
  • Kelincahan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan jari yang terkoordinasi dengan tepat, baik dengan satu maupun kedua tangan, untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek yang sangat kecil.
    16.0%
  • Kecepatan Pergelangan dan Jari - Kemampuan untuk melakukan gerakan cepat, sederhana, dan berulang dengan jari, tangan, serta pergelangan tangan.
    10.0%
  • Kestabilan Lengan-Tangan - Kemampuan untuk menjaga kestabilan tangan dan lengan saat menggerakkannya atau ketika menahannya dalam satu posisi.
    0.0%
  • Kekuatan Dinamis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot secara berulang atau terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Hal ini mencakup daya tahan otot dan ketahanan terhadap kelelahan otot.
    0.0%
  • Presisi Kendali - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali menyesuaikan kendali mesin atau kendaraan ke posisi yang tepat.
    0.0%
  • Fleksibilitas Dinamis - Kemampuan untuk dengan cepat dan berulang kali membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
    0.0%
  • Kekuatan Ledakan - Kemampuan untuk menggunakan tenaga otot secara singkat dan kuat untuk mendorong tubuh (seperti saat melompat atau berlari cepat), atau untuk melempar suatu objek.
    0.0%
  • Fleksibilitas Rentang - Kemampuan untuk membungkuk, meregang, memutar, atau meraih dengan tubuh, lengan, dan/atau kaki.
    0.0%
  • Kepekaan terhadap Silau - Kemampuan untuk melihat objek dalam kondisi adanya cahaya silau atau pencahayaan yang sangat terang.
    0.0%
  • Keseimbangan Tubuh Kasar - Kemampuan untuk menjaga atau mengembalikan keseimbangan tubuh serta tetap tegak saat berada dalam posisi yang tidak stabil.
    0.0%
  • Koordinasi Tubuh Kasar - Kemampuan untuk mengoordinasikan gerakan lengan, kaki, dan batang tubuh secara bersamaan ketika seluruh tubuh sedang bergerak.
    0.0%
  • Kelincahan Manual - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan tangan, tangan bersama lengan, atau kedua tangan untuk memegang, memanipulasi, atau merakit objek.
    0.0%
  • Koordinasi Multianggota Tubuh - Kemampuan untuk mengoordinasikan dua atau lebih anggota tubuh (misalnya, kedua lengan, kedua kaki, atau satu kaki dan satu lengan) saat duduk, berdiri, atau berbaring. Kemampuan ini tidak melibatkan aktivitas ketika seluruh tubuh bergerak.
    0.0%
  • Penglihatan Malam - Kemampuan untuk melihat dalam kondisi cahaya redup atau minim pencahayaan.
    0.0%
  • Penglihatan Perifer - Kemampuan untuk melihat objek atau pergerakan objek di sisi samping saat mata sedang melihat ke depan.
    0.0%
  • Pengendalian Laju - Kemampuan untuk mengatur waktu gerakan diri sendiri atau peralatan dengan mengantisipasi perubahan kecepatan dan/atau arah dari suatu objek atau adegan yang bergerak.
    0.0%
  • Waktu Reaksi - Kemampuan untuk merespons dengan cepat (menggunakan tangan, jari, atau kaki) terhadap suatu sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyal tersebut muncul.
    0.0%
  • Orientasi Respons - Kemampuan untuk dengan cepat memilih antara dua atau lebih gerakan sebagai tanggapan terhadap dua atau lebih sinyal berbeda (cahaya, suara, gambar). Hal ini mencakup kecepatan dalam memulai respons yang tepat menggunakan tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya.
    0.0%
  • Lokalisasi Suara - Kemampuan untuk menentukan arah dari mana suatu suara berasal.
    0.0%
  • Kecepatan Gerak Anggota Tubuh - Kemampuan untuk dengan cepat menggerakkan lengan dan kaki.
    0.0%
  • Kekuatan Statis - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga otot maksimal guna mengangkat, mendorong, menarik, atau membawa objek.
    0.0%
  • Stamina - Kemampuan untuk mengerahkan tenaga fisik dalam jangka waktu lama tanpa mudah lelah atau kehabisan napas.
    0.0%
Interests
Menampilkan 3 dari 6 Interests
  • Sosial - Pekerjaan yang melibatkan membantu, mengajar, memberi saran, mendampingi, atau memberikan layanan kepada orang lain. Pekerjaan dengan tipe Social sering dikaitkan dengan bidang sosial, pelayanan kesehatan, jasa personal, pendidikan, atau kegiatan keagamaan.
    78.0%
  • Conventional - Pekerjaan yang melibatkan kepatuhan terhadap prosedur dan peraturan untuk mengatur informasi atau data, umumnya dalam lingkungan bisnis. Pekerjaan dengan tipe Conventional sering dikaitkan dengan pekerjaan kantor, akuntansi, matematika/statistika, teknologi informasi, keuangan, atau sumber daya manusia.
    49.0%
  • Investigatif - Pekerjaan yang melibatkan studi dan penelitian terhadap objek tak hidup, organisme hidup, penyakit atau bentuk gangguan lain, maupun perilaku manusia. Pekerjaan dengan tipe Investigative sering terkait dengan ilmu fisika, biologi, kedokteran, atau ilmu sosial, dan juga dapat ditemukan di bidang humaniora, matematika/statistika, teknologi informasi, atau layanan kesehatan.
    49.0%
  • Enterprising - Pekerjaan yang melibatkan pengelolaan, negosiasi, pemasaran, atau penjualan, umumnya dalam lingkungan bisnis, atau memimpin serta memberi nasihat kepada orang lain dalam situasi politik dan hukum. Pekerjaan dengan tipe Enterprising sering dikaitkan dengan inisiatif bisnis, penjualan, pemasaran/periklanan, keuangan, manajemen/administrasi, konsultasi profesional, berbicara di depan umum, politik, atau hukum.
    46.0%
  • Artistik - Pekerjaan yang melibatkan penciptaan karya visual, pertunjukan, tulisan, makanan, atau musik yang orisinal untuk berbagai media, atau penerapan prinsip artistik dalam desain berbagai objek dan material. Pekerjaan tipe Artistic sering terkait dengan seni visual, seni terapan dan desain, seni pertunjukan, musik, penulisan kreatif, media, atau seni kuliner.
    35.0%
  • Realistis - Pekerjaan yang melibatkan perancangan, pembangunan, atau perbaikan peralatan, material, atau struktur, melakukan aktivitas fisik, atau bekerja di luar ruangan. Pekerjaan tipe Realistic sering terkait dengan bidang teknik, mekanik dan elektronik, konstruksi, pertukangan, transportasi, pengoperasian mesin, pertanian, pelayanan hewan, pekerjaan fisik atau manual, atletik, atau layanan perlindungan.
    16.0%
Work Styles
Menampilkan 3 dari 16 Work Styles
  • Keandalan - Pekerjaan ini menuntut bersikap dapat diandalkan, bertanggung jawab, dan memenuhi kewajiban.
    86.0%
  • Kerjasama - Pekerjaan ini menuntut bersikap ramah terhadap rekan kerja dan menunjukkan sikap kooperatif yang baik.
    86.0%
  • Integritas - Pekerjaan ini menuntut bersikap jujur dan etis.
    85.0%
  • Kemampuan Beradaptasi/Fleksibilitas - Pekerjaan ini menuntut kesiapan untuk menerima perubahan (positif maupun negatif) dan menghadapi berbagai variasi dalam lingkungan kerja.
    85.0%
  • Pengendalian Diri - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap tenang, mengendalikan emosi, menahan amarah, dan menghindari perilaku agresif, bahkan dalam situasi yang sangat sulit.
    83.0%
  • Inisiatif - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk mengambil tanggung jawab dan menghadapi tantangan.
    78.0%
  • Kepemimpinan - Pekerjaan ini menuntut kesediaan untuk memimpin, mengambil kendali, serta memberikan pendapat dan arahan.
    78.0%
  • Perhatian terhadap Orang Lain - Pekerjaan ini menuntut kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain serta sikap pengertian dan membantu di tempat kerja.
    77.0%
  • Berpikir Analitis - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menganalisis informasi dan menggunakan logika untuk menangani masalah serta isu terkait pekerjaan.
    76.0%
  • Perhatian terhadap Detail - Pekerjaan ini menuntut ketelitian dan kesungguhan dalam menyelesaikan setiap tugas kerja.
    76.0%
  • Toleransi terhadap Stres - Pekerjaan ini menuntut kemampuan menerima kritik serta menghadapi situasi penuh tekanan dengan tenang dan efektif.
    76.0%
  • Prestasi/Usaha - Pekerjaan ini menuntut menetapkan dan mempertahankan tujuan prestasi yang menantang secara pribadi serta mengerahkan usaha untuk menguasai tugas.
    75.0%
  • Ketekunan - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk tetap gigih menghadapi berbagai hambatan.
    73.0%
  • Orientasi Sosial - Pekerjaan ini menuntut preferensi untuk bekerja dengan orang lain daripada sendirian, serta membangun hubungan pribadi dengan rekan kerja.
    72.0%
  • Kemandirian - Pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk mengembangkan cara kerja sendiri, mengarahkan diri dengan sedikit atau tanpa pengawasan, serta mengandalkan diri sendiri untuk menyelesaikan tugas.
    71.0%
  • Inovasi - Pekerjaan ini menuntut kreativitas dan pemikiran alternatif untuk mengembangkan ide-ide baru serta menemukan solusi atas masalah yang terkait dengan pekerjaan.
    69.0%