Prodi ~ Keuangan Daerah

  • Keuangan Daerah

Tingkat Pendidikan: D-III
Terbuka di 1 kampus di seluruh indonesia
  • Akreditasi (Lihat detailnya pada tabel di bawah)
  • Proyeksi karir (Lihat detailnya pada tabel di bawah)
  • Gelar: Ahli Madya Ekonomi (A.Md.E)
  • Gambaran Prodi
  • Kampus
  • Karir
  • Review

Program studi D-III Keuangan Daerah memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar keuangan, manajemen keuangan di tingkat daerah, dan prosedur-prosedur administratif terkait keuangan publik. Berikut adalah gambaran umum tentang apa yang dipelajari dalam program D-III Keuangan Daerah:

  1. Akuntansi Keuangan: Memahami dasar-dasar akuntansi, penyusunan laporan keuangan, serta prinsip-prinsip pengelolaan anggaran pada tingkat daerah.

  2. Manajemen Keuangan Daerah: Mempelajari teknik-teknik pengelolaan keuangan pada tingkat pemerintah daerah, termasuk perencanaan anggaran, pengawasan belanja, dan pelaporan keuangan.

  3. Pajak dan Retribusi Daerah: Memahami peraturan perpajakan dan retribusi daerah, serta teknik-teknik pengumpulan dan pengelolaannya.

  4. Hukum Keuangan Daerah: Mempelajari regulasi hukum terkait keuangan daerah, termasuk perundang-undangan terkait pengelolaan keuangan publik.

  5. Pengelolaan Aset Daerah: Memahami prinsip-prinsip pengelolaan aset daerah, termasuk inventarisasi, pemeliharaan, dan manajemen risiko terkait aset.

  6. Perencanaan Pembangunan Daerah: Mempelajari prinsip-prinsip perencanaan pembangunan ekonomi dan sosial pada tingkat daerah, serta penganggaran yang mendukung rencana pembangunan tersebut.

  7. Audit Keuangan: Memahami teknik-teknik audit keuangan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan keuangan daerah.

  8. Etika dan Integritas dalam Keuangan Publik: Mempelajari prinsip-prinsip etika dan integritas dalam pengelolaan keuangan publik, serta pentingnya transparansi dan akuntabilitas.

  9. Sistem Informasi Keuangan Daerah: Mempelajari penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan keuangan daerah, termasuk sistem informasi akuntansi dan pelaporan keuangan.

  10. Kebijakan Fiskal dan Perekonomian Daerah: Memahami kebijakan fiskal dan ekonomi yang berlaku pada tingkat daerah, serta dampaknya terhadap keuangan daerah.

Lulusan program D-III Keuangan Daerah dapat bekerja di berbagai instansi pemerintah daerah, kantor pajak, badan keuangan daerah, dan lembaga-lembaga terkait keuangan publik. Mereka dapat menempati posisi seperti staf keuangan daerah, asisten akuntan, staf pajak, atau pengelola aset daerah.

Kampus Tempat Akreditasi
Universitas Diponegoro

Semarang - Jawa Tengah

Baik Sekali

Review Keuangan Daerah

0

Based on 5 review

5 Stars

4 Stars

3 Stars

2 Stars

1 Stars

Client Care

Kirim email

Konselor.id

office@konselor.id