Prodi ~ Manajemen Pemasyarakatan

  • Manajemen Pemasyarakatan

Tingkat Pendidikan: D-IV
Terbuka di 2 kampus di seluruh indonesia
  • Akreditasi (Lihat detailnya pada tabel di bawah)
  • Proyeksi karir (Lihat detailnya pada tabel di bawah)
  • Gelar: Sarjana Terapan Pemasyarakatan (S.Tr.Pras.)
  • Gambaran Prodi
  • Kampus
  • Karir
  • Review

Program Diploma IV (D-IV) dalam Manajemen Pemasyarakatan adalah program pendidikan tinggi yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola dan mengawasi fasilitas-fasilitas pemasyarakatan, serta membimbing narapidana agar dapat kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif dan bertanggung jawab. Berikut adalah gambaran umum dari beberapa mata pelajaran yang mungkin diajarkan dalam program D-IV Manajemen Pemasyarakatan:

  1. Hukum Pidana dan Hukum Penitensier: Memahami prinsip-prinsip hukum pidana dan hukum penitensier, termasuk undang-undang yang mengatur sistem pemasyarakatan dan hak-hak narapidana.

  2. Manajemen Fasilitas Pemasyarakatan: Memahami konsep-konsep manajemen fasilitas pemasyarakatan, termasuk perencanaan, pengelolaan keuangan, keamanan, dan aspek-aspek lainnya yang terkait dengan pengoperasian penjara atau lembaga pemasyarakatan.

  3. Konseling dan Pembimbingan Narapidana: Belajar teknik-teknik konseling dan pembimbingan yang digunakan untuk membantu narapidana mengatasi masalah-masalah pribadi dan sosial, serta mempersiapkan mereka untuk reintegrasi ke dalam masyarakat.

  4. Psikologi Kriminal: Memahami aspek-aspek psikologis dari perilaku kriminal, termasuk faktor-faktor yang mendorong tindakan kriminal dan strategi-strategi untuk rehabilitasi.

  5. Kriminologi: Mempelajari teori-teori kriminologi dan faktor-faktor yang menyebabkan kejahatan, serta strategi-strategi pencegahan kejahatan.

  6. Hak Asasi Manusia dalam Konteks Pemasyarakatan: Memahami hak-hak asasi manusia narapidana dan prinsip-prinsip perlakuan manusiawi dalam sistem pemasyarakatan.

  7. Manajemen Konflik: Belajar keterampilan untuk mengatasi konflik dalam lingkungan pemasyarakatan, termasuk teknik negosiasi dan mediasi.

  8. Keamanan dan Pengendalian Pemasyarakatan: Memahami taktik dan teknik keamanan yang digunakan untuk mengelola risiko keamanan dalam fasilitas pemasyarakatan.

  9. Sosiologi Kriminal: Mempelajari tentang struktur sosial dan faktor-faktor sosial yang berkontribusi terhadap kejahatan dan pemasyarakatan.

  10. Pemberdayaan Narapidana: Memahami konsep pemberdayaan narapidana melalui pendidikan, pelatihan, dan program-program rehabilitasi lainnya.

  11. Penelitian dan Evaluasi Program Pemasyarakatan: Belajar metode penelitian dan evaluasi yang digunakan untuk mengukur efektivitas program-program pemasyarakatan.

  12. Etika Profesional dalam Manajemen Pemasyarakatan: Mempelajari standar etika dan perilaku profesional yang berlaku dalam bidang manajemen pemasyarakatan.

Program D-IV dalam Manajemen Pemasyarakatan biasanya menggabungkan teori dengan praktek, memberikan mahasiswa pengalaman lapangan untuk memahami secara langsung tantangan-tantangan yang dihadapi oleh para profesional dalam bidang ini. Hal ini membantu mempersiapkan lulusan untuk bekerja dalam sistem pemasyarakatan dan memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan masyarakat dengan membimbing narapidana menuju rehabilitasi dan reintegrasi sosial.

Kampus Tempat Akreditasi
Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Depok - Jawa Barat

Baik

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Depok - Jawa Barat

Baik

Review Teknik Pemasyarakatan

0

Based on 5 review

5 Stars

4 Stars

3 Stars

2 Stars

1 Stars

Client Care

Kirim email

Konselor.id

office@konselor.id