Komputer Grafis</li> Ilmu Teknik Teknik Elektro dan Informatika
Komputer Grafis
No. Prodi A1266
Tingkat Prodi Komputer Grafis (D-III)
Strata D-III
Gelar Ahli Madya
Singkatan Gelar A.Md
Rumpun Ilmu Teknik
Sub rumpun Teknik Elektro dan Informatika

Program studi D-III dalam Komputer Grafis adalah program pendidikan tingkat diploma yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang komputer grafis. Program ini mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di industri desain grafis, animasi, multimedia, dan industri kreatif lainnya. Berikut adalah gambaran umum tentang topik-topik yang mungkin dipelajari dalam program studi Komputer Grafis tingkat diploma (D-III):

  1. Dasar-dasar Desain Grafis: Memahami prinsip-prinsip desain grafis, teori warna, tipografi, dan komposisi visual. Mahasiswa mempelajari cara membuat desain yang efektif dan estetis.
  2. Penggunaan Perangkat Lunak Grafis: Memahami penggunaan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, CorelDRAW, dan perangkat lunak sejenis lainnya. Mahasiswa belajar teknik-teknik pengolahan gambar dan pembuatan vektor.
  3. Animasi Komputer: Memahami dasar-dasar animasi komputer, termasuk prinsip-prinsip animasi, teknik animasi 2D dan 3D, serta penggunaan perangkat lunak animasi seperti Adobe After Effects, Autodesk Maya, atau Blender.
  4. Desain Interaktif: Memahami prinsip-prinsip desain antarmuka pengguna (UI/UX), pembuatan desain website, aplikasi mobile, dan pengalaman pengguna yang baik.
  5. Modeling 3D: Belajar teknik-teknik pembuatan model tiga dimensi menggunakan perangkat lunak modeling 3D seperti Blender, 3ds Max, atau Cinema 4D.
  6. Teknik Pengolahan Gambar Digital: Memahami teknik-teknik pengolahan gambar digital, retouching, manipulasi gambar, dan penyuntingan foto untuk menciptakan hasil visual yang menarik.
  7. Desain Karakter: Memahami prinsip-prinsip desain karakter, termasuk pembuatan karakter untuk animasi, video game, atau proyek-proyek kreatif lainnya.
  8. Video Editing: Belajar teknik-teknik pengeditan video, termasuk pemotongan, penyusunan urutan, pengaturan warna, efek visual, dan penggunaan perangkat lunak pengeditan video seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, atau DaVinci Resolve.
  9. Pengenalan kepada Grafika 2D dan 3D: Memahami prinsip-prinsip dasar grafika komputer 2D dan 3D, termasuk konsep-konsep seperti koordinat, rendering, dan shading.
  10. Proyek Desain Grafis: Siswa sering diminta untuk mengerjakan proyek-proyek nyata dalam program ini, memungkinkan mereka mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari dalam situasi dunia nyata.

Program studi D-III Komputer Grafis bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam berbagai aspek komputer grafis, mulai dari pengembangan keterampilan desain hingga pemahaman teknis dalam pembuatan grafika digital. Mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan karya-karya yang kreatif dan memiliki keterampilan teknis yang dapat diaplikasikan dalam industri kreatif dan teknologi informasi.

Lulusan program studi D-III dalam Komputer Grafis memiliki banyak peluang karir di industri kreatif, teknologi informasi, media, periklanan, dan sektor-sektor lainnya. Berikut adalah beberapa proyeksi karir yang mungkin diikuti oleh lulusan Komputer Grafis tingkat diploma (D-III):

  1. Desainer Grafis: Desainer grafis membuat desain visual untuk berbagai media, termasuk cetakan, media digital, iklan, dan situs web. Mereka menggunakan perangkat lunak grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau CorelDRAW.
  2. Animator 2D/3D: Animator menghasilkan animasi 2D atau 3D untuk film, iklan, permainan video, dan proyek-proyek multimedia lainnya. Mereka menggunakan perangkat lunak animasi seperti Adobe After Effects, Autodesk Maya, Blender, atau Cinema 4D.
  3. Editor Video: Editor video mengedit dan merangkai rekaman video untuk film, iklan, video musik, dan konten digital lainnya. Mereka menggunakan perangkat lunak pengeditan video seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, atau DaVinci Resolve.
  4. Desainer Antarmuka Pengguna (UI/UX): Desainer UI/UX bertanggung jawab untuk menciptakan antarmuka yang intuitif dan menarik untuk pengguna dalam aplikasi mobile, situs web, dan perangkat lunak.
  5. Spesialis Grafis untuk Permainan Video: Mereka bekerja dalam industri permainan video untuk menciptakan grafis, animasi, dan efek visual untuk permainan komputer dan konsol.
  6. Spesialis Efek Visual (VFX): Mereka bekerja di industri film dan televisi untuk menciptakan efek visual yang menakjubkan, termasuk efek-efek khusus, animasi, dan penggabungan adegan.
  7. Desainer Karakter: Desainer karakter menciptakan karakter-karakter untuk permainan video, film animasi, atau kampanye periklanan. Mereka mengembangkan penampilan, kepribadian, dan karakteristik visual karakter tersebut.
  8. Desainer Grafis Kemasan: Mereka merancang kemasan produk yang menarik dan informatif, membantu produk bersaing di pasar dan menarik perhatian konsumen.
  9. Pengembang Web dan Desainer Front-End: Mereka bekerja dalam pengembangan situs web, merancang antarmuka pengguna dan mengimplementasikannya menggunakan teknologi web seperti HTML, CSS, dan JavaScript.
  10. Pelatih atau Instruktur: Lulusan D-III dalam Komputer Grafis dapat memilih jalur pendidikan, mengajar di sekolah-sekolah teknik atau institusi pelatihan, membimbing siswa dalam keterampilan desain grafis dan animasi.
  11. Pengusaha: Sebagai lulusan D-III, Anda juga memiliki potensi untuk memulai bisnis Anda sendiri, seperti studio desain grafis atau agensi produksi multimedia.
Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Sains Dan Teknologi Komputer Jawa Tengah (Semarang) Baik Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya