Teknologi Pendidikan</li> Ilmu Pendidikan Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Teknologi Pendidikan
No. Prodi A0432
Tingkat Prodi Teknologi Pendidikan (S2)
Strata S2
Gelar Magister Pendidikan
Singkatan Gelar M.Pd
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Program Studi Teknologi Pendidikan pada tingkat S2 adalah program pendidikan tinggi yang berfokus pada integrasi teknologi dalam proses pendidikan. Program ini dirancang untuk mempersiapkan para profesional pendidikan yang memiliki pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran dan pengajaran di berbagai tingkatan pendidikan. Berikut adalah gambaran umum tentang apa yang dapat dipelajari dalam program Studi Teknologi Pendidikan tingkat S2:

  1. Pengembangan dan Evaluasi Media Pendidikan: Memahami prinsip-prinsip pengembangan media pendidikan, termasuk perangkat lunak pembelajaran, perangkat keras, konten digital, dan aplikasi e-learning. Mempelajari teknik evaluasi media pendidikan.
  2. Perancangan Kurikulum dengan Teknologi: Belajar tentang perancangan kurikulum yang efektif dengan integrasi teknologi, serta pengembangan rencana pembelajaran berbasis teknologi.
  3. Pembelajaran Berbasis Teknologi: Studi tentang metode dan strategi pembelajaran berbasis teknologi, termasuk pembelajaran daring, platform e-learning, simulasi, dan game pembelajaran.
  4. Manajemen Teknologi Pendidikan: Memahami manajemen sumber daya teknologi pendidikan, termasuk perencanaan, anggaran, pengadaan perangkat dan perangkat lunak, serta dukungan teknis.
  5. Desain Instruksional: Studi tentang desain instruksional yang efektif, termasuk identifikasi tujuan pembelajaran, pengembangan materi pembelajaran, penilaian, dan desain kurikulum.
  6. Evaluasi Pendidikan Berbasis Teknologi: Memahami bagaimana teknologi digunakan dalam penilaian dan evaluasi pendidikan, termasuk pengujian online, analisis data, dan sistem informasi pendidikan.
  7. Teori Pendidikan dan Riset: Studi tentang teori-teori pendidikan, prinsip-prinsip desain instruksional, serta metodologi penelitian yang relevan untuk teknologi pendidikan.
  8. Analisis Data Pendidikan: Pemahaman tentang cara mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data pendidikan untuk memahami dampak teknologi pada pembelajaran.
  9. Kebijakan Pendidikan Teknologi: Studi tentang kebijakan pendidikan yang berhubungan dengan penggunaan teknologi dalam pendidikan, serta etika dan privasi dalam lingkungan digital.
  10. Inovasi Teknologi Pendidikan: Pemahaman tentang tren terkini dalam teknologi pendidikan dan bagaimana mengintegrasikan inovasi ke dalam praktik pendidikan.
  11. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek: Studi tentang pengembangan proyek pembelajaran berbasis teknologi, yang memungkinkan siswa untuk aktif terlibat dalam pengalaman belajar yang praktis.
  12. Kepemimpinan dalam Teknologi Pendidikan: Pelatihan dalam kemampuan kepemimpinan yang diperlukan untuk memimpin proyek-proyek teknologi pendidikan, baik di lembaga pendidikan atau organisasi lain.
  13. Penelitian Independen dan Disertasi: Program S2 biasanya mencakup penelitian independen yang mengarah pada penulisan disertasi dalam topik yang relevan dengan teknologi pendidikan.

Program Studi Teknologi Pendidikan (S2) bertujuan untuk menghasilkan para pemimpin dalam pengembangan teknologi pendidikan, penelitian, dan praktik. Lulusan program ini sering mengejar karir sebagai profesor di universitas, peneliti di lembaga penelitian pendidikan, pengembang media pendidikan, administrator teknologi pendidikan, konsultan pendidikan, atau pemimpin proyek pendidikan teknologi. Mereka juga dapat memengaruhi kebijakan pendidikan dan membantu mengembangkan solusi inovatif untuk perbaikan pembelajaran.

Lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan pada tingkat S2 memiliki peluang karir yang beragam di berbagai sektor pendidikan, pengembangan teknologi, penelitian, dan manajemen. Berikut adalah beberapa proyeksi karir yang dapat diikuti oleh lulusan program ini:

  1. Dosen atau Profesor: Mengajar di perguruan tinggi atau universitas sebagai dosen atau profesor dalam bidang Teknologi Pendidikan, berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik terkini dalam pendidikan teknologi.
  2. Peneliti Pendidikan Teknologi: Bekerja di lembaga penelitian pendidikan atau lembaga penelitian swasta untuk melakukan penelitian mendalam tentang penerapan teknologi dalam pendidikan, pengembangan perangkat lunak pendidikan, dan evaluasi teknologi pendidikan.
  3. Spesialis Desain Instruksional: Merancang program pembelajaran berbasis teknologi, mengidentifikasi tujuan pembelajaran, merencanakan penilaian, dan memastikan desain instruksional yang efektif.
  4. Administrator Teknologi Pendidikan: Memegang peran kepemimpinan dalam lembaga pendidikan atau organisasi yang mengintegrasikan teknologi dalam praktik pendidikan, termasuk sebagai direktur teknologi pendidikan atau manajer program e-learning.
  5. Pengembang Media Pendidikan: Terlibat dalam pengembangan perangkat lunak pendidikan, konten digital, platform e-learning, atau aplikasi pembelajaran berbasis teknologi.
  6. Konsultan Teknologi Pendidikan: Bekerja sebagai konsultan independen atau untuk perusahaan konsultan untuk memberikan nasihat kepada lembaga-lembaga pendidikan dan organisasi dalam pengembangan solusi teknologi pendidikan yang efektif.
  7. Pengembang Kurikulum Teknologi Pendidikan: Terlibat dalam pengembangan kurikulum yang berfokus pada integrasi teknologi dalam proses pembelajaran.
  8. Pengembang Pembelajaran Berbasis Proyek: Mengembangkan dan mendukung proyek pembelajaran berbasis teknologi yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam pengalaman belajar praktis.
  9. Pengembang Perangkat Lunak Pendidikan: Bekerja sebagai pengembang perangkat lunak pendidikan yang menciptakan aplikasi dan alat untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran.
  10. Kepemimpinan dalam Proyek Pendidikan Teknologi: Memimpin dan mengelola proyek-proyek teknologi pendidikan, baik dalam lembaga pendidikan maupun di sektor bisnis.
  11. Penasihat Kebijakan Pendidikan: Berkontribusi pada pengembangan kebijakan pendidikan yang berhubungan dengan teknologi pendidikan di tingkat pemerintah, lembaga pendidikan, atau organisasi nirlaba.
  12. Pembicara Publik atau Penulis: Berbicara di konferensi pendidikan, menulis buku, artikel, atau blog tentang isu-isu teknologi pendidikan, tren, dan praktik terbaik.
  13. Kepala Proyek Pembelajaran Online: Memimpin pengembangan dan pengelolaan program pembelajaran online, baik di lembaga pendidikan atau organisasi yang menyediakan pelatihan online.
  14. Konsultan Keamanan dan Privasi Data Pendidikan: Memastikan keamanan data dan privasi dalam konteks teknologi pendidikan, membantu lembaga pendidikan mematuhi peraturan terkait privasi data.

 

Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Islam As-Syafi'iyah Jawa Barat (Bekasi) B Detail
Universitas Lampung Lampung (Bandar Lampung) A Detail
Universitas Negeri Surabaya Jawa Timur (Surabaya) A Detail
Universitas Negeri Padang Sumatera Barat (Padang) A Detail
Universitas Negeri Medan Sumatera Utara (Medan) A Detail
Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan (Makassar) A Detail
Universitas Negeri Jakarta Jakarta (Jakarta Timur) Unggul Detail
Institut Pendidikan Indonesia Garut Jawa Barat (Garut) baiksekali Detail
Universitas Sriwijaya Sumatera Selatan (Palembang) A Detail
Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat (Pontianak) A Detail
Universitas Sebelas Maret Jawa Tengah (Surakarta) A Detail
Universitas Bengkulu Bengkulu (Bengkulu) B Detail
Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo (Gorontalo) A Detail
Universitas Dr Soetomo Jawa Timur (Surabaya) B Detail
Universitas Ibn Khaldun Jawa Barat (Bogor) B Detail
Universitas Jambi Jambi (Muaro Jambi) B Detail
Universitas Muhammadiyah Jakarta Banten (Tangerang Selatan) B Detail
Universitas Pelita Harapan Banten (Tangerang) B Detail
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Jawa Timur (Surabaya) B Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya