Ilmu Komputer</li> Ilmu Teknik Teknik Elektro dan Informatika
Ilmu Komputer
No. Prodi A1269
Tingkat Prodi Ilmu Komputer (S2)
Strata S2
Gelar Magister Komputer
Singkatan Gelar M.Kom
Rumpun Ilmu Teknik
Sub rumpun Teknik Elektro dan Informatika

Program studi Ilmu Komputer tingkat Master (S2) adalah program akademik yang dirancang untuk mendalami pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu komputer. Program ini mencakup berbagai topik yang relevan dengan pengembangan perangkat lunak, analisis data, keamanan komputer, dan teknologi informasi. Berikut adalah gambaran umum tentang topik-topik yang mungkin dipelajari dalam program studi Ilmu Komputer S2:

  1. Algoritma dan Struktur Data: Memahami desain dan analisis algoritma serta implementasi struktur data yang efisien untuk pemrosesan informasi.
  2. Pemrograman Komputer: Memperdalam pemahaman tentang berbagai bahasa pemrograman seperti Java, C++, Python, dan sebagainya, serta praktik pengembangan perangkat lunak.
  3. Sistem Operasi: Memahami prinsip-prinsip dasar sistem operasi, manajemen sumber daya, dan administrasi sistem.
  4. Jaringan Komputer: Mempelajari dasar-dasar jaringan komputer, protokol, keamanan jaringan, dan desain serta administrasi jaringan.
  5. Basis Data: Studi tentang desain basis data, implementasi sistem manajemen basis data (DBMS), bahasa kueri, dan pemodelan data.
  6. Pengembangan Perangkat Lunak: Memahami siklus hidup pengembangan perangkat lunak, praktik pengujian perangkat lunak, manajemen proyek perangkat lunak, dan metode pengembangan perangkat lunak seperti Scrum atau Agile.
  7. Analisis Data: Mempelajari teknik analisis data, pemrosesan data besar (big data), dan penggunaan alat analisis data seperti Python, R, atau SQL.
  8. Keamanan Komputer: Memahami ancaman keamanan komputer, kriptografi, pengamanan jaringan, dan praktik pengelolaan risiko keamanan.
  9. Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin (ML): Mempelajari konsep-konsep AI dan ML, algoritma pembelajaran mesin, dan penggunaan model kecerdasan buatan untuk memecahkan masalah.
  10. Pengembangan Aplikasi Web dan Mobile: Mempelajari pengembangan aplikasi web menggunakan teknologi seperti HTML, CSS, JavaScript, serta pengembangan aplikasi mobile untuk platform Android dan iOS.
  11. Pemrosesan Citra dan Grafika Komputer: Memahami teknik pengolahan citra digital, grafika komputer, dan aplikasi dalam dunia nyata seperti pengolahan citra medis atau grafika permainan.
  12. Etika dan Hukum dalam Ilmu Komputer: Memahami isu-isu etika yang terkait dengan teknologi informasi, serta hukum dan regulasi yang berlaku dalam penggunaan dan pengembangan teknologi komputer.

 

Selain mata pelajaran inti ini, program S2 dalam Ilmu Komputer juga sering melibatkan proyek-proyek penelitian atau pengembangan perangkat lunak yang mendalam, tesis, atau magang di industri, memberikan siswa pengalaman praktis dalam bidang ilmu komputer. Program S2 ini dirancang untuk mempersiapkan siswa untuk karir di berbagai industri, termasuk perusahaan teknologi, pemerintah, akademisi, dan berbagai organisasi yang bergantung pada teknologi informasi untuk operasional mereka.

Lulusan program S2 dalam Ilmu Komputer memiliki peluang karir yang sangat luas di berbagai sektor industri, mengingat pentingnya teknologi informasi dalam dunia modern saat ini. Berikut adalah beberapa proyeksi karir yang mungkin diikuti oleh lulusan program S2 dalam Ilmu Komputer:

  1. Pengembang Perangkat Lunak (Software Developer/Engineer): Lulusan Ilmu Komputer dapat bekerja sebagai pengembang perangkat lunak, merancang, mengembangkan, dan menguji aplikasi perangkat lunak untuk berbagai platform dan tujuan.
  2. Arsitek Perangkat Lunak (Software Architect): Mereka dapat merancang arsitektur perangkat lunak untuk proyek-proyek besar, memimpin tim pengembang, dan memastikan bahwa sistem perangkat lunak dirancang dan dikelola dengan baik.
  3. Ilmuwan Data (Data Scientist): Menggunakan keahlian komputasi dan analisis statistik untuk mengeksplorasi dan menganalisis data besar (big data), memberikan wawasan bisnis, dan mendukung pengambilan keputusan berbasis data.
  4. Insinyur Pembelajaran Mesin (Machine Learning Engineer): Mengembangkan algoritma pembelajaran mesin untuk melatih model prediktif dan sistem cerdas untuk aplikasi seperti pengenalan wajah, prediksi perilaku konsumen, dan otomatisasi proses.
  5. Pengembang Web dan Aplikasi Mobile: Merancang dan mengembangkan situs web, aplikasi seluler, dan aplikasi web responsif untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern.
  6. Pengembang Game (Game Developer): Membangun permainan komputer dan konsol, bekerja pada grafika, fisika, dan kecerdasan buatan untuk menciptakan pengalaman permainan yang menarik.
  7. Pengembang Situs Web dan Pengoptimalan SEO (Web Developer and SEO Specialist): Merancang dan mengelola situs web, serta mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari agar meningkatkan visibilitas online.
  8. Ahli Keamanan Siber (Cybersecurity Expert): Melindungi organisasi dari serangan siber, mengidentifikasi celah keamanan, dan mengembangkan strategi keamanan untuk melindungi data dan sistem.
  9. Konsultan IT: Memberikan nasihat ahli kepada organisasi tentang penggunaan teknologi informasi untuk mencapai tujuan bisnis, termasuk pemilihan perangkat keras, perangkat lunak, dan strategi pengembangan.
  10. Manajer Proyek TI: Mengelola proyek pengembangan perangkat lunak, memastikan proyek-proyek selesai tepat waktu dan sesuai dengan anggaran, dan mengkoordinasikan tim pengembang.
  11. Pengajar dan Peneliti: Mengajar di perguruan tinggi atau melakukan penelitian ilmiah di lembaga penelitian, berkontribusi pada perkembangan ilmu komputer melalui penelitian dan publikasi.
  12. Pengusaha Teknologi: Mendirikan perusahaan teknologi informasi atau startup, mengembangkan produk atau layanan inovatif, dan mendapatkan pembiayaan untuk pertumbuhan bisnis.
Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Sleman) A Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya