Pengembangan Kurikulum</li> Ilmu Pendidikan Ilmu Kependidikan
Pengembangan Kurikulum
No. Prodi A1393
Tingkat Prodi Pengembangan Kurikulum (S2)
Strata S2
Gelar Magister Pendidikan
Singkatan Gelar M.Pd
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun Ilmu Kependidikan

Program studi Pengembangan Kurikulum pada tingkat S2 (Magister/Master's degree) dirancang untuk mempersiapkan para profesional pendidikan yang memiliki pemahaman mendalam tentang teori, desain, dan implementasi kurikulum. Para mahasiswa dalam program ini biasanya belajar tentang berbagai aspek pengembangan kurikulum, termasuk analisis kebutuhan pendidikan, perencanaan kurikulum, strategi pengajaran, evaluasi kurikulum, dan penelitian pendidikan. Berikut adalah gambaran umum topik yang biasanya dipelajari dalam program Pengembangan Kurikulum S2:

  1. Analisis Kebutuhan Pendidikan: Memahami metode analisis kebutuhan pendidikan untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran, kebutuhan siswa, dan kebutuhan masyarakat dalam pengembangan kurikulum yang relevan.
  2. Perencanaan Kurikulum: Belajar merancang kurikulum yang mencakup struktur pembelajaran, pemilihan konten, pengintegrasian teknologi, dan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pendidikan.
  3. Desain Instruksional: Memahami teori-teori pembelajaran dan strategi desain instruksional untuk merencanakan pengajaran yang efektif, termasuk penggunaan metode pembelajaran aktif dan berbasis proyek.
  4. Evaluasi Kurikulum: Memahami teknik evaluasi kurikulum, termasuk pengumpulan dan analisis data, penilaian hasil belajar siswa, dan penyesuaian kurikulum berdasarkan hasil evaluasi.
  5. Integrasi Teknologi dalam Kurikulum: Belajar mengintegrasikan teknologi pendidikan, seperti perangkat lunak pembelajaran dan platform daring, dalam kurikulum untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.
  6. Pendidikan Inklusif: Memahami pendekatan inklusif dalam pengembangan kurikulum, termasuk merancang kurikulum yang memenuhi kebutuhan siswa dengan berbagai kebutuhan pendidikan khusus.
  7. Penelitian dalam Pengembangan Kurikulum: Belajar tentang metodologi penelitian yang relevan dan melakukan penelitian dalam bidang pengembangan kurikulum untuk mengidentifikasi tren, mengukur efektivitas pembelajaran, atau mengevaluasi program pendidikan.
  8. Kurikulum Berbasis Karakter: Memahami dan merancang kurikulum yang menggali nilai-nilai karakter, etika, dan kebijakan dalam pendidikan.
  9. Kurikulum Berbasis Proyek: Menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek di mana siswa terlibat dalam proyek-proyek nyata yang relevan dengan kurikulum, memungkinkan mereka mengembangkan keterampilan praktis.
  10. Kepemimpinan dalam Pengembangan Kurikulum: Memahami peran kepemimpinan dalam pengembangan, implementasi, dan evaluasi kurikulum, serta keterampilan kepemimpinan yang diperlukan dalam konteks pendidikan.

Program studi ini bertujuan untuk melatih para profesional pendidikan yang dapat merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum yang efektif dan relevan. Mahasiswa diharapkan untuk mengembangkan keterampilan praktis dan analitis yang dibutuhkan untuk mengelola perubahan dan meningkatkan mutu pendidikan di berbagai tingkat.

Proyeksi karir untuk lulusan program studi Pengembangan Kurikulum S2 meliputi:

  1. Pengembang Kurikulum: Lulusan dapat bekerja sebagai pengembang kurikulum di lembaga pendidikan atau industri, merancang dan mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan siswa dan dunia kerja.
  2. Konsultan Pendidikan: Lulusan dapat bekerja sebagai konsultan pendidikan, memberikan saran dan bimbingan kepada lembaga pendidikan dalam pengembangan program dan kurikulum pendidikan.
  3. Peneliti: Lulusan dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian, industri, atau lembaga pendidikan, mengembangkan pengetahuan dan inovasi dalam pengembangan kurikulum.
  4. Dosen: Lulusan dapat menjadi dosen di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya, mengajar dan melakukan penelitian dalam bidang pengembangan kurikulum.
  5. Pengawas Pendidikan: Lulusan dapat bekerja sebagai pengawas pendidikan, memastikan implementasi yang baik dari kurikulum di lembaga pendidikan.
Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah (Semarang) A Detail
Universitas Pendidikan Indonesia Jawa Barat (Bandung) A Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya