Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan</li> Ilmu Pendidikan Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
No. Prodi A1395
Tingkat Prodi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (S2)
Strata S2
Gelar Magister Pendidikan
Singkatan Gelar M.Pd
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan pada tingkat S2 (Magister/Master's degree) dirancang untuk mempersiapkan para profesional pendidikan yang memiliki pemahaman mendalam tentang konsep, metode, dan strategi pengajaran dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. Para mahasiswa dalam program ini biasanya belajar tentang berbagai aspek pendidikan teknologi dan kejuruan, termasuk pengembangan kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, integrasi teknologi dalam pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Berikut adalah gambaran umum topik yang biasanya dipelajari dalam program Pendidikan Teknologi dan Kejuruan S2:

  1. Pengembangan Kurikulum: Merancang dan mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri, mengintegrasikan standar-standar kejuruan dan teknologi, serta memperhatikan perkembangan terkini dalam bidang teknologi.
  2. Pendidikan Kejuruan: Memahami teori-teori dan praktik-praktik dalam pendidikan kejuruan, termasuk proses pembelajaran, penilaian, dan evaluasi kinerja siswa dalam konteks pelatihan kejuruan.
  3. Pembelajaran Berbasis Proyek: Menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek di mana siswa terlibat dalam proyek-proyek nyata yang relevan dengan bidang teknologi dan kejuruan, memungkinkan mereka mengembangkan keterampilan praktis.
  4. Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Memahami cara efektif mengintegrasikan teknologi, seperti simulasi, perangkat lunak desain, dan sistem otomasi, dalam pembelajaran kejuruan untuk meningkatkan pengalaman siswa.
  5. Manajemen Kelas dan Pembimbingan: Memahami strategi manajemen kelas yang efektif, pembimbingan siswa, dan penanganan berbagai tantangan yang mungkin muncul dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan.
  6. Penelitian dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Belajar tentang metodologi penelitian yang relevan dan melakukan penelitian dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan untuk mengidentifikasi tren, mengukur efektivitas pembelajaran, atau mengevaluasi program.
  7. Pengembangan Keterampilan Berbasis Industri: Memberikan pemahaman mendalam tentang keterampilan praktis dan pengetahuan industri yang relevan dengan bidang teknologi, memungkinkan para siswa untuk memberikan pelatihan dan bimbingan yang akurat kepada siswa mereka.
  8. Evaluasi Program Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Memahami metode evaluasi program pendidikan, termasuk pengukuran keberhasilan siswa, efektivitas pengajaran, dan keberlanjutan program.
  9. Etika dan Tanggung Jawab Profesional: Memahami etika profesi, tanggung jawab guru terhadap siswa dan masyarakat, serta isu-isu etika yang mungkin muncul dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan.

Program ini dirancang untuk memberikan landasan yang kokoh dalam pendidikan kejuruan dan teknologi, mempersiapkan lulusan untuk peran pengajaran, pengelolaan program, dan pengembangan kurikulum di berbagai lembaga pendidikan dan industri.

Proyeksi karir untuk lulusan program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan S2 meliputi:

  1. Pendidik Profesional: Lulusan dapat menjadi pendidik profesional di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya, mengajar dan melakukan penelitian dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan.
  2. Peneliti Pendidikan Kejuruan: Lulusan dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian, industri, atau lembaga pendidikan, mengembangkan pengetahuan dan inovasi dalam pendidikan teknologi dan kejuruan.
  3. Technopreneur: Lulusan dapat menjadi pengusaha di bidang teknologi, mengembangkan dan mengelola usaha yang berhubungan dengan pendidikan teknologi dan kejuruan.
  4. Konsultan Pendidikan: Lulusan dapat bekerja sebagai konsultan pendidikan, memberikan saran dan bimbingan kepada lembaga pendidikan dalam pengembangan program dan kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan.
  5. Manajer Pendidikan: Lulusan dapat bekerja sebagai manajer pendidikan di lembaga pendidikan atau industri, bertanggung jawab untuk merencanakan, mengorganisir, dan mengawasi program pendidikan teknologi dan kejuruan.
  6. Pengembang Kurikulum: Lulusan dapat bekerja sebagai pengembang kurikulum, merancang dan mengembangkan kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan yang relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.
  7. Pengembang Materi Pembelajaran: Lulusan dapat bekerja sebagai pengembang materi pembelajaran, merancang dan mengembangkan materi pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.
  8. Pengawas Pendidikan: Lulusan dapat bekerja sebagai pengawas pendidikan, memastikan implementasi yang baik dari program pendidikan teknologi dan kejuruan di lembaga pendidikan
Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Negeri Yogyakarta Yogyakarta (Sleman) A Detail
Universitas Negeri Surabaya Jawa Timur (Surabaya) A Detail
Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah (Semarang) A Detail
Universitas Negeri Padang Sumatera Barat (Padang) A Detail
Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan (Makassar) A Detail
Universitas Negeri Malang Jawa Timur (Malang) Unggul Detail
Universitas Negeri Jakarta Jakarta (Jakarta Timur) Unggul Detail
Universitas Pendidikan Indonesia Jawa Barat (Bandung) A Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya