Pendidikan Guru Vokasi
No. Prodi A1409
Tingkat Prodi Pendidikan Guru Vokasi (S2)
Strata S2
Gelar Magister Pendidikan
Singkatan Gelar M.Pd
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun

Program studi Pendidikan Guru Vokasi pada tingkat S2 dirancang untuk mendalami pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman konseptual dalam pendidikan vokasional. Mahasiswa dalam program ini akan mendapatkan wawasan mendalam tentang metode pengajaran, kurikulum, dan manajemen pendidikan vokasional. Berikut adalah gambaran umum topik yang biasanya dipelajari dalam program Pendidikan Guru Vokasi S2:

  1. Kurikulum dan Desain Pembelajaran: Mempelajari perencanaan kurikulum dan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan industri dan pasar kerja. Ini mencakup pengembangan modul pembelajaran, penggunaan teknologi dalam pengajaran, dan desain program pelatihan yang berorientasi pada keahlian praktis.
  2. Metode Pengajaran Vokasional: Memahami berbagai metode pengajaran yang efektif dalam konteks pendidikan vokasional, termasuk pengajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis kasus, dan pembelajaran praktis di tempat kerja.
  3. Pemahaman Industri dan Pasar Kerja: Memahami dinamika industri dan pasar kerja terkait dengan bidang vokasi yang dipilih, termasuk perkembangan terkini, tren, dan kebutuhan keterampilan.
  4. Evaluasi Pembelajaran: Mempelajari teknik-teknik evaluasi pembelajaran untuk mengukur pencapaian siswa dan efektivitas program pembelajaran.
  5. Manajemen Kelas dan Sekolah: Mempelajari teknik manajemen kelas yang efektif dan prinsip-prinsip manajemen sekolah yang berfokus pada pendidikan vokasional.
  6. Pendidikan Karakter dan Etika: Memahami pentingnya pendidikan karakter dalam konteks pendidikan vokasional, serta etika dan tanggung jawab guru vokasi.
  7. Pendidikan Inklusif: Memahami pendekatan inklusif dalam pendidikan vokasional, yang mencakup integrasi siswa dengan kebutuhan khusus ke dalam program pendidikan.
  8. Penelitian dan Pengembangan: Mempelajari metode penelitian terkait dengan pendidikan vokasional, serta pengembangan model-model pembelajaran inovatif.
  9. Kepemimpinan Pendidikan: Mempelajari keterampilan kepemimpinan dalam konteks lembaga pendidikan vokasional, termasuk pengelolaan sumber daya manusia, pengambilan keputusan, dan pengembangan kebijakan pendidikan.
  10. Pendidikan Keusahawanan: Memahami konsep dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran keusahawanan di pendidikan vokasional, termasuk pengembangan wirausaha di kalangan siswa.

Program Studi Pendidikan Guru Vokasi pada tingkat S2 bertujuan untuk melatih para profesional pendidikan yang dapat memberikan kontribusi nyata pada perkembangan siswa di bidang vokasional. Lulusan dari program ini dapat mengejar karir sebagai guru vokasi, administrator sekolah kejuruan, atau ahli pendidikan kejuruan dan pelatihan.

Proyeksi karir untuk lulusan Pendidikan Guru Vokasi S2 meliputi:

  1. Pengembangan ilmu dan teknologi di bidang pendidikan vokasi: Lulusan S2 Pendidikan Guru Vokasi dapat melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang pendidikan vokasi, yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran.
  2. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran vokasi: Lulusan S2 Pendidikan Guru Vokasi memiliki kemampuan dalam inovasi pembelajaran vokasi. Mereka dapat terlibat dalam pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
  3. Bimbingan karir vokasional: Lulusan S2 Pendidikan Guru Vokasi juga dapat bekerja sebagai ahli bimbingan karir vokasional, membantu siswa atau peserta didik dalam memilih jalur karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi mereka.
  4. Manajemen dan kepemimpinan: Dalam dunia pendidikan vokasi, lulusan S2 Pendidikan Guru Vokasi dapat mengisi posisi manajerial atau kepemimpinan di sekolah, lembaga pelatihan, atau institusi pendidikan lainnya. Mereka memiliki kemampuan dalam mengelola program pendidikan vokasi dan memimpin tim pengajar.
  5. Peneliti: Lulusan S2 Pendidikan Guru Vokasi juga dapat bekerja sebagai peneliti di bidang pendidikan vokasi, melakukan studi dan penelitian untuk mengembangkan pemahaman tentang pendidikan vokasi dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan vokasi.
  6. Instruktur dan pengajar: Lulusan S2 Pendidikan Guru Vokasi dapat menjadi instruktur atau pengajar di berbagai lembaga pendidikan vokasi, seperti SMK, Balai Latihan Kerja (BLK), Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK), atau lembaga diklat kejuruan industri lainnya
Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Sebelas Maret Jawa Tengah (Surakarta) A Detail
Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (Yogyakarta) A Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya