Pendidikan Umum Dan Karakter</li> Ilmu Pendidikan Ilmu Kependidikan
Pendidikan Umum Dan Karakter
No. Prodi A1413
Tingkat Prodi Pendidikan Umum Dan Karakter (S2)
Strata S2
Gelar Magister Pendidikan
Singkatan Gelar M.Pd
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun Ilmu Kependidikan

Program studi Pendidikan Umum dan Karakter pada tingkat S2 (Magister) dirancang untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan umum, dengan fokus pada pengembangan karakter dan nilai-nilai moral dalam pendidikan. Berikut adalah gambaran umum apa yang biasanya dipelajari di program Pendidikan Umum dan Karakter S2:

  1. Teori Pendidikan: Studi tentang teori-teori pendidikan modern, filosofi pendidikan, dan perkembangan sistem pendidikan global. Ini mencakup pemahaman mendalam tentang pendidikan inklusif, keberagaman, dan perspektif global dalam pendidikan.
  2. Pendidikan Karakter: Penelitian tentang konsep karakter, etika, moralitas, dan nilai-nilai dalam pendidikan. Fokus pada pengembangan program-program pendidikan karakter, metode pengajaran karakter, serta evaluasi dampak pendidikan karakter pada perkembangan siswa.
  3. Pengajaran dan Pembelajaran: Memahami strategi pengajaran yang efektif, pembelajaran aktif, pengembangan kurikulum, dan penerapan teknologi dalam pembelajaran. Studi ini mencakup desain pengalaman pembelajaran yang mendukung pengembangan karakter siswa.
  4. Evaluasi Pendidikan: Mempelajari berbagai metode evaluasi pendidikan, termasuk pengukuran hasil belajar siswa, penilaian kinerja guru, dan evaluasi efektivitas program pendidikan karakter.
  5. Psikologi Pendidikan: Studi tentang aspek-aspek psikologis dalam pendidikan, termasuk motivasi siswa, pembelajaran sosial, dan teori perkembangan moral. Ini membantu memahami faktor-faktor psikologis yang memengaruhi pembentukan karakter.
  6. Penelitian dan Metode Penelitian: Mempelajari metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian pendidikan. Mahasiswa diajarkan untuk merancang dan melaksanakan penelitian empiris dalam bidang pendidikan umum dan karakter.
  7. Pendidikan Inklusif: Memahami pendidikan inklusif, yaitu cara merancang pengalaman pembelajaran yang memenuhi kebutuhan siswa dengan keberagaman khusus, seperti siswa berkebutuhan khusus atau latar belakang budaya yang berbeda.
  8. Pendidikan Moral dan Etika: Studi tentang etika dan moralitas dalam konteks pendidikan, serta pengembangan program-program moral dan etika dalam sekolah.

Program S2 Pendidikan Umum dan Karakter bertujuan untuk melatih para profesional pendidikan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk membimbing dan mendidik siswa dengan fokus pada pengembangan karakter yang kuat. Pada umumnya, lulusan program ini dapat mencari karir sebagai pemimpin pendidikan, guru, konselor, atau administrator sekolah yang berkomitmen untuk mempromosikan nilai-nilai positif dan pengembangan karakter siswa.

Lulusan S2 Pendidikan Umum dan Karakter memiliki proyeksi karir yang luas dan dapat bekerja di berbagai sektor, seperti pendidikan, pemerintahan, dan swasta. Beberapa profesi yang mungkin diambil oleh lulusan antara lain:

  1. Pengembang Kurikulum: Terlibat dalam proses pengembangan kurikulum secara berkelanjutan pada pendidikan umum, khusus, dan vokasi. Hal ini dapat meliputi perancangan dan implementasi kurikulum yang memperkuat karakter peserta didik.
  2. Peneliti: Melakukan penelitian dalam bidang pendidikan umum dan karakter untuk mengembangkan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini dapat dilakukan dalam konteks pendidikan Islam atau pendidikan umum secara luas.
  3. Pengajar: Mengajar di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi lainnya, terutama dalam program S1 dan S2. Fokus pengajaran dapat meliputi teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan mengajar, dan pengembangan kurikulum.
  4. Konsultan Pendidikan: Bekerja sebagai konsultan pendidikan untuk membantu lembaga pendidikan dalam mengembangkan program pendidikan yang memperkuat karakter peserta didik. Hal ini dapat meliputi penyusunan kebijakan, pelatihan guru, dan evaluasi program pendidikan.
  5. Pengembang Materi Pembelajaran: Terlibat dalam pengembangan modul pembelajaran, buku teks, atau materi pembelajaran lainnya yang berfokus pada penguatan karakter peserta didik. Materi ini dapat digunakan oleh guru, calon guru, atau peserta didik dalam proses pembelajaran.
  6. Pengembang Kebijakan Pendidikan: Terlibat dalam proses pengembangan kebijakan pendidikan yang berfokus pada penguatan karakter peserta didik. Hal ini dapat dilakukan di tingkat pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau lembaga pendidikan tinggi.
  7. Manajer Pendidikan: Mengelola program pendidikan yang berfokus pada penguatan karakter peserta didik dalam lembaga pendidikan atau organisasi. Hal ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan evaluasi program pendidikan.
Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Pendidikan Indonesia Jawa Barat (Bandung) A Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya