Pengembangan Kurikulum</li> Ilmu Pendidikan Ilmu Kependidikan
Pengembangan Kurikulum
No. Prodi A1394
Tingkat Prodi Pengembangan Kurikulum (S3)
Strata S3
Gelar Doktor
Singkatan Gelar Dr
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun Ilmu Kependidikan

Pada tingkat S3 (Doktor/Ph.D.), program studi Pengembangan Kurikulum dirancang untuk mempersiapkan para ahli pendidikan yang memiliki pemahaman mendalam tentang pengembangan kurikulum, penelitian pendidikan, dan kepemimpinan pendidikan. Para mahasiswa dalam program ini biasanya melakukan penelitian tingkat lanjut dan memperdalam pemahaman mereka tentang aspek-aspek kritis dalam pengembangan kurikulum. Berikut adalah gambaran umum topik yang biasanya dipelajari dalam program Pengembangan Kurikulum S3:

  1. Teori Pengembangan Kurikulum: Memahami teori-teori yang mendasari pengembangan kurikulum, termasuk pendekatan tradisional, humanistik, konstruktivis, dan pemikiran kritis. Memahami perkembangan kurikulum sepanjang sejarah pendidikan.
  2. Desain Kurikulum: Mendalami teknik-teknik desain kurikulum, termasuk pemilihan dan urutan konten pembelajaran, pengembangan bahan ajar, dan pengintegrasian teknologi dalam kurikulum.
  3. Evaluasi Kurikulum: Mempelajari metode evaluasi kurikulum, baik formatif (selama proses pengembangan) maupun sumatif (setelah implementasi). Memahami metode pengumpulan data, analisis data, dan pengambilan keputusan berdasarkan hasil evaluasi.
  4. Inovasi Kurikulum: Mempelajari konsep inovasi dalam kurikulum, termasuk pengintegrasian teknologi pendidikan, pembelajaran berbasis proyek, dan pengembangan program pembelajaran berkelanjutan.
  5. Pengembangan Materi Pembelajaran: Memahami strategi pengembangan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, serta merancang bahan ajar yang menginspirasi dan memfasilitasi pembelajaran efektif.
  6. Pendidikan Multikultural: Memahami pendekatan multikultural dalam pengembangan kurikulum, yang mencakup penyesuaian kurikulum untuk siswa dari berbagai latar belakang budaya, etnis, agama, dan bahasa.
  7. Kepemimpinan Pendidikan: Memahami konsep-konsep kepemimpinan pendidikan yang efektif, termasuk pengembangan kebijakan pendidikan, manajemen sumber daya, dan pengelolaan perubahan dalam institusi pendidikan.
  8. Metodologi Penelitian: Mempelajari metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang relevan dengan pengembangan kurikulum, termasuk perancangan penelitian, analisis data, dan interpretasi hasil.
  9. Etika dalam Pengembangan Kurikulum: Memahami isu-isu etika yang terkait dengan pengembangan kurikulum, termasuk keadilan pendidikan, keberagaman, dan hak-hak siswa.
  10. Pengajaran dan Pembimbingan: Sebagai calon para akademisi, siswa S3 juga dapat mengembangkan keterampilan pengajaran dan pembimbingan mahasiswa dan melakukan penelitian dalam konteks pengajaran mereka.

Program ini biasanya mengharapkan mahasiswa untuk melakukan penelitian independen yang signifikan, yang dapat mencakup kontribusi orisinal terhadap teori dan praktik pengembangan kurikulum. Lulusan program ini diharapkan untuk memiliki pemahaman mendalam tentang teori dan metode pengembangan kurikulum, serta memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat dalam konteks pendidikan.

Proyeksi karir untuk lulusan program studi Pengembangan Kurikulum S3 meliputi:

  1. Pengembang Kurikulum: Lulusan dapat bekerja sebagai pengembang kurikulum di lembaga pendidikan atau industri, merancang dan mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan siswa dan dunia kerja.
  2. Konsultan Pendidikan: Lulusan dapat bekerja sebagai konsultan pendidikan, memberikan saran dan bimbingan kepada lembaga pendidikan dalam pengembangan program dan kurikulum pendidikan.
  3. Peneliti: Lulusan dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian, industri, atau lembaga pendidikan, mengembangkan pengetahuan dan inovasi dalam pengembangan kurikulum.
  4. Dosen: Lulusan dapat menjadi dosen di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya, mengajar dan melakukan penelitian dalam bidang pengembangan kurikulum.
  5. Pengawas Pendidikan: Lulusan dapat bekerja sebagai pengawas pendidikan, memastikan implementasi yang baik dari kurikulum di lembaga pendidikan.
Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Pendidikan Indonesia Jawa Barat (Bandung) A Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya