Pendidikan Umum Dan Karakter</li> Ilmu Pendidikan Ilmu Kependidikan
Pendidikan Umum Dan Karakter
No. Prodi A1414
Tingkat Prodi Pendidikan Umum Dan Karakter (S3)
Strata S3
Gelar Doktor Pendidikan
Singkatan Gelar Dr.Pd
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun Ilmu Kependidikan

Pendidikan Umum dan Karakter pada tingkat S3 (Doktor) adalah program studi yang dirancang untuk mendalami pemahaman teoritis dan praktis dalam bidang pendidikan umum, dengan penekanan khusus pada pengembangan karakter dan nilai-nilai moral dalam pendidikan. Program ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan mendalam tentang pendidikan umum, teori pengajaran, evaluasi pendidikan, dan pengembangan karakter siswa. Berikut adalah gambaran umum apa yang biasanya dipelajari di program Pendidikan Umum dan Karakter S3:

  1. Teori Pendidikan: Memahami teori-teori pendidikan modern, filosofi pendidikan, dan perkembangan sistem pendidikan global. Studi ini mencakup pemahaman mendalam tentang pendidikan inklusif, keberagaman, dan perspektif global dalam pendidikan.
  2. Pendidikan Karakter: Menyelidiki konsep karakter, etika, moralitas, dan nilai-nilai dalam pendidikan. Studi ini mencakup pengembangan program-program pendidikan karakter, metode pengajaran karakter, serta evaluasi dampak pendidikan karakter pada perkembangan siswa.
  3. Pengajaran dan Pembelajaran: Memahami strategi pengajaran yang efektif, pembelajaran aktif, pengembangan kurikulum, serta penerapan teknologi dalam pembelajaran. Fokus pada cara mendesain pengalaman pembelajaran yang mendukung pengembangan karakter siswa.
  4. Evaluasi Pendidikan: Mempelajari berbagai metode evaluasi pendidikan, termasuk pengukuran hasil belajar siswa, penilaian kinerja guru, dan evaluasi efektivitas program pendidikan karakter.
  5. Psikologi Pendidikan: Memahami aspek-aspek psikologis dalam pendidikan, termasuk motivasi siswa, pembelajaran sosial, dan teori perkembangan moral. Studi ini membantu memahami faktor-faktor psikologis yang memengaruhi pembentukan karakter.
  6. Penelitian dan Metode Penelitian: Mempelajari metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian pendidikan. Mahasiswa diajarkan untuk merancang dan melaksanakan penelitian empiris dalam bidang pendidikan umum dan karakter.
  7. Kepemimpinan Pendidikan: Studi tentang kepemimpinan dalam konteks pendidikan, termasuk manajemen sekolah, pengembangan staf, dan pembinaan kepemimpinan beretika.
  8. Pendidikan Inklusif: Memahami pendidikan inklusif, yaitu bagaimana merancang pengalaman pembelajaran yang memenuhi kebutuhan siswa dengan keberagaman khusus, seperti siswa berkebutuhan khusus atau latar belakang budaya yang berbeda.

Perlu dicatat bahwa struktur dan fokus program dapat berbeda antar institusi, dan program S3 khusus ini mungkin memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan visi dan misi institusi tertentu. Jika Anda tertarik pada program ini, disarankan untuk menghubungi institusi pendidikan yang menawarkannya untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang kurikulum dan persyaratan program studi.

Proyeksi karir dalam bidang Pendidikan Umum dan Karakter pada tingkat S3 dapat melibatkan pengembangan kurikulum, penelitian, dan pengajaran yang berfokus pada penguatan karakter dalam pendidikan umum, khusus, dan vokasi. Beberapa kemungkinan proyeksi karir dalam bidang ini antara lain:

  1. Pengembangan Kurikulum: Terlibat dalam proses pengembangan kurikulum secara berkelanjutan pada pendidikan umum, khusus, dan vokasi. Hal ini dapat meliputi perancangan dan implementasi kurikulum yang memperkuat karakter peserta didik.
  2. Penelitian: Melakukan penelitian dalam bidang pendidikan umum dan karakter untuk mengembangkan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini dapat dilakukan dalam konteks pendidikan Islam atau pendidikan umum secara luas.
  3. Pengajaran: Mengajar di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi lainnya, terutama dalam program S1, S2, dan S3. Fokus pengajaran dapat meliputi teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan mengajar, dan pengembangan kurikulum.
  4. Konsultan Pendidikan: Bekerja sebagai konsultan pendidikan untuk membantu lembaga pendidikan dalam mengembangkan program pendidikan yang memperkuat karakter peserta didik. Hal ini dapat meliputi penyusunan kebijakan, pelatihan guru, dan evaluasi program pendidikan.
  5. Pengembangan Materi Pembelajaran: Terlibat dalam pengembangan modul pembelajaran, buku teks, atau materi pembelajaran lainnya yang berfokus pada penguatan karakter peserta didik. Materi ini dapat digunakan oleh guru, calon guru, atau peserta didik dalam proses pembelajaran.
  6. Pengembangan Kebijakan Pendidikan: Terlibat dalam proses pengembangan kebijakan pendidikan yang berfokus pada penguatan karakter peserta didik. Hal ini dapat dilakukan di tingkat pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau lembaga pendidikan tinggi
Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Pendidikan Indonesia Jawa Barat (Bandung) A Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya