Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal</li> Ilmu Pendidikan Ilmu Kependidikan
Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal
No. Prodi A0431
Tingkat Prodi Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal (S1)
Strata S1
Gelar Sarjana
Singkatan Gelar S.
Rumpun Ilmu Pendidikan
Sub rumpun Ilmu Kependidikan

Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) pada tingkat S1 adalah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan calon guru yang akan mengajar di Raudhatul Athfal (RA), atau yang dikenal juga sebagai Taman Kanak-Kanak (TK) Islam. Program ini memberikan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja dengan anak-anak usia dini dalam konteks pendidikan Islam. Berikut adalah gambaran umum tentang apa yang dapat dipelajari dalam Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1):

  1. Pendidikan Islam: Memahami ajaran Islam, nilai-nilai, etika, dan praktik yang relevan untuk mengajar di lingkungan pendidikan Islam.
  2. Pendidikan Anak Usia Dini: Studi tentang perkembangan anak usia dini, termasuk aspek fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Memahami metode pengajaran dan pembelajaran yang sesuai dengan usia anak.
  3. Kurikulum Pendidikan Islam: Pengembangan dan penerapan kurikulum pendidikan Islam yang mencakup pembelajaran Al-Qur'an, Hadis, sejarah Islam, serta ajaran dan nilai-nilai Islam.
  4. Metode Pengajaran: Belajar tentang berbagai metode pengajaran yang efektif untuk mengajar anak-anak usia dini, termasuk bermain, cerita, aktivitas seni, dan teknik pembelajaran lain yang sesuai dengan usia anak.
  5. Evaluasi dan Penilaian: Pelatihan dalam teknik evaluasi dan penilaian yang relevan untuk mengukur perkembangan dan pencapaian anak-anak dalam konteks pendidikan Islam.
  6. Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Memahami cara menggunakan teknologi dalam proses pengajaran dan pembelajaran, termasuk perangkat lunak pendidikan dan sumber daya digital yang relevan.
  7. Manajemen Kelas: Studi tentang manajemen kelas yang mencakup manajemen waktu, penanganan disiplin, dan pembentukan lingkungan pembelajaran yang positif.
  8. Pendidikan Inklusif: Memahami pendidikan inklusif dan cara mengintegrasikan anak-anak dengan kebutuhan khusus ke dalam kelas reguler.
  9. Pendidikan Karakter: Menekankan pentingnya pendidikan karakter dan pengembangan nilai-nilai Islam dalam pendidikan anak-anak usia dini.
  10. Kecerdasan Emosional: Memahami konsep kecerdasan emosional dan bagaimana mengembangkannya dalam pendidikan anak-anak usia dini.
  11. Pengelolaan Raudhatul Athfal: Studi tentang manajemen sekolah Raudhatul Athfal, termasuk administrasi sekolah, perencanaan kurikulum, dan hubungan dengan orang tua dan komunitas.
  12. Pengembangan Materi Ajar: Merancang materi ajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak usia dini dalam konteks pendidikan Islam.
  13. Praktek Pengajaran: Pengalaman langsung dalam mengajar di lingkungan Raudhatul Athfal atau TK Islam sebagai bagian dari program pendidikan.
  14. Etika Pendidikan: Memahami etika dan tanggung jawab guru dalam pendidikan anak-anak dan hubungan profesional dengan orang tua dan siswa.

Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1) bertujuan untuk menghasilkan guru yang berkualitas dan terampil dalam mengajar anak-anak usia dini dalam lingkungan pendidikan Islam. Lulusan program ini sering mengejar karir sebagai guru RA/TK Islam, koordinator program RA/TK, pengajar agama, atau administrator sekolah RA/TK. Mereka juga dapat berperan dalam pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas pendidikan, dan kontribusi positif pada perkembangan anak-anak di usia dini.

Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1) memiliki beragam peluang karir dalam bidang pendidikan Islam, khususnya dalam pengajaran dan pengelolaan Raudhatul Athfal (RA) atau Taman Kanak-Kanak (TK) Islam. Berikut adalah beberapa proyeksi karir yang dapat diikuti oleh lulusan program ini:

  1. Guru RA/TK Islam: Sebagian besar lulusan program ini akan memulai karir mereka sebagai guru di RA/TK Islam. Mereka akan mengajar pelajaran Islam, membimbing anak-anak dalam pembelajaran dasar seperti membaca, menulis, dan matematika, serta mendukung perkembangan karakter anak-anak.
  2. Koordinator Program RA/TK: Lulusan dapat memegang peran koordinator program di RA/TK, yang bertanggung jawab atas perencanaan, implementasi, dan evaluasi program pendidikan Islam di sekolah mereka.
  3. Pengajar Agama Anak-Anak: Mengajar agama Islam kepada anak-anak dalam lingkungan agama atau di sekolah minggu.
  4. Pengembang Materi Ajar: Membuat materi ajar dan sumber daya pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak dalam lingkungan RA/TK.
  5. Administrator Sekolah RA/TK: Memegang peran administratif dalam lembaga pendidikan, termasuk manajemen operasional, hubungan dengan orang tua, dan perencanaan kurikulum.
  6. Guru Agama Anak-Anak: Bekerja di lembaga agama atau sekolah minggu untuk mengajar agama dan moral Islam kepada anak-anak.
  7. Pengembang Program Pendidikan: Terlibat dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengelola program pendidikan Islam untuk anak-anak usia dini di sekolah RA/TK.
  8. Penulis atau Pembicara Publik: Menulis buku, artikel, atau blog tentang pendidikan anak-anak usia dini atau menjadi pembicara publik dalam konferensi pendidikan.
  9. Kepala RA/TK: Memimpin RA/TK sebagai kepala sekolah atau administrator utama, bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan lembaga pendidikan.
  10. Penasihat Kebijakan Pendidikan: Terlibat dalam pengembangan kebijakan pendidikan di tingkat lokal, regional, atau nasional yang berhubungan dengan pendidikan Islam anak-anak usia dini.
  11. Manajer Pusat Pengembangan Anak: Bertanggung jawab atas pengelolaan pusat pengembangan anak dan pendidikan Islam bagi anak-anak usia dini.

 

Kampus Tempat Akreditasi Selengkapnya
Universitas Al Washliyah Sumatera Utara (Medan) Baik Detail
Institut Agama Islam Al-Azhaar Lubuklinggau Sumatera Selatan (Lubuk Linggau) C Detail
Institut Agama Islam Ngawi Jawa Timur (Ngawi) C Detail
Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Banten (Serang) B Detail
Universitas Islam Darul 'Ulum Jawa Timur (Lamongan) C Detail
Universitas Islam Malang Jawa Timur (Malang) B Detail
Universitas Muhammadiyah Parepare Sulawesi Selatan (Parepare) B Detail
Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Gazali Bone Sulawesi Selatan (Bone) C Detail
Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hamidiyah Jakarta Jawa Barat (Depok) Baik Detail

Dapatkan layanan psikologi terpercaya

IDENTIFIKASI MINAT BAKAT

UNTUK KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

Pastikan memilih karir yang tepat lebih dini, untuk kehidupan anda selanjutnya

Hasil survey membuktikan, 65% mahasiswa mengaku kurang cocok dengan jurusan perkuliahan yang sedang mereka jalani saat ini (kesalahan memilih jurusan).

  • Program Studi di Perguruan Tinggi
  • Perencanaan Karir
  • Pemilihan Jurusan di SMA/SMK
Selengkapnya